Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sarana Edukasi Anak (Studi pada Taman Baca Mojokerto Membaca)

Prihandini, Fantasia Dwi (2017) Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat Sebagai Sarana Edukasi Anak (Studi pada Taman Baca Mojokerto Membaca). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Taman Bacaan Masyarakat pada umumnya memiliki berbagai macam koleksi maupun kegiatan-kegiatan bermanfaat yang dapat memberikan edukasi anak untuk mengisi waktu luang mereka dengan hal yang bermanfaat serta untuk menambah pengetahuan dan keterampilan anak. Melalui hal tersebut Taman Bacaan Masyarakat memiliki manfaat dalam memberikan edukasi untuk anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendiskripsikan dan menganalisis pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat sebagai sarana edukasi anak di Taman Baca Mojokerto Membaca, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat sebagai sarana edukasi anak di Taman Baca Mojokerto Membaca. Penilitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif Milles and Huberman dan Saldana, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat sebagai sarana edukasi anak di Taman Baca Mojokerto Membaca dapat diperoleh melalui fungsi Taman Bacaan Masyarakat pada umumnya yaitu sebagai sumber belajar, sebagai sumber informasi dan sebagai tempat rekreasi. Berdasarkan fungsi-fungsi tersebut pengelola Taman Baca Mojokerto Membaca selalu berupaya memberikan kegiatan-kegiatan dan penyediaan koleksi yang bermanfaat untuk memberikan edukasi kepada anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat sebagai sarana edukasi anak melalui sumber belajar dan sumber informasi kurang berjalan secara optimal, sedangkan untuk pemberian edukasi kepada anak melalui sumber rekreasi sudah berjalan secara lebih optimal. Faktor pendukung pada pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat sebagai sarana edukasi anak yaitu dukungan dari pengunjung, kerjasama dengan komunitas lain dan bantuan dari pihak lain. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pengelola belum mengetahui tentang dasar-dasar pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat, sistem layanan yang belum SOP, ketersedian koleksi yang kurang lengap dan kurang update, serta tempat berada di outdoor dan belum memiliki basecamp.

English Abstract

Community Library in general has variance of collections or useful activities that can give education for children to exploit their spare time to increase knowledge and skills of children. Therefore, Community Library has importance in giving education for children. The purpose of the study is to find out, to describe, and to analyse the utilization of Community Library as education facility for children in Community Library also the motivating and the obstructing factors in utilizing Community Library as education facility for children in Taman Baca Mojokerto Membaca. This study used descriptive study with qualitative approach. Data analysis used in this study is Milles and Huberman and Saldana interactive data analysis. It is data collection, data condensation, data presentation and deduction. Utilization of Community Library as children education facilities in Taman Baca Mojokerto Membaca can be obtained through the function of Community Library in general. It is as learning source, information source, and recreation. Based on those functions, the manager of Taman Baca Mojokerto Membaca is always try to give facilities and supply of useful collection for children education. Result of this study shows that in utilizing Community Library as children education through learning source and information source is less optimum, while to give education for children through recreation had been optimum. The motivating factor in utilizing Community Library as children education is support from visitors, cooperation with other communities and assistance from other parties. Meanwhile, the obstructing factor is that the manager is less knowledge on basic management of Community Library, service system that is not based on SOP, incomplete collection availability and less update, also the office is outdoor and has no basecamp.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1041/051712205
Uncontrolled Keywords: Taman Bacaan Masyarakat, Sarana Edukasi Anak
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 027 General libraries, archives, information centers > 027.2 Proprietary libraries
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Dec 2017 06:23
Last Modified: 25 Jan 2023 03:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6785
[thumbnail of FANTASIA DWI PRIHANDINI.pdf] Text
FANTASIA DWI PRIHANDINI.pdf

Download (29MB)

Actions (login required)

View Item View Item