Analisis Kinerja Pustakawan dalam Memberikan Layanan Pustaka (Studi pada Layanan Koleksi Label Putih Perpustakaan Univeritas Brawijaya Malang)

Romadhoni, Anita Eka (2017) Analisis Kinerja Pustakawan dalam Memberikan Layanan Pustaka (Studi pada Layanan Koleksi Label Putih Perpustakaan Univeritas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang berperan sebagai penyedia informasi untuk memenuhi kebutuhan pemustaka. Berdasarkan Keputusan MENPAN Nomor. 132 Tahun 2002 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 9 tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pustakawan dan Angka Kreditnya, bahwa peran pustakawan sebagai tenaga profesional sebagaimana diatur dalam keputusan, memang sangat diperlukan bagi perpustakaan perguruan tinggi di tempat kerjanya. Perannya yang utama adalah sebagai pengorganisasi bahan pustaka bagi pemenuhan kebutuhan pemakai dan sebagai bimbingan tentang cara-cara bagaimana menggunakan bahan pustaka untuk kepentingan pemakai sehingga dapat dimanfaatkan secara optimal. Pustakawan harus mampu dan berusaha membangun atau mengembangkan kinerjanya kearah yang lebih baik. Penelitian analisis kinerja pustakawan ini dilakukan untuk dapat mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis sejauh mana kinerja pustakawan dalam memberikan layanan pustaka, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pustakawan di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan juga studi dokumentasi. Peneliti lebih memaksimalkan dengan menggunakan metode wawancara sebagai penggalian informasi dan dikaitkan dengan teori. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dari Miles, Huberman, dan Saldana (2014) dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang khususnya pustakawan yang bertugas di layanan koleksi label putih sudah mengetahui dan memahami namun masih perlu meningkatkan dalam meberikan pelayanan pada aspek-aspek kinerja pustakawan yang meliputi pengetahuan tentang pekerjaan, kuantitas hasil kerja, kebiasaan kerja, tingkat kehadiran pustakawan, pemanfaatan sumber daya, kualitas kerja pustakawan, keramahan karyawan, kemampuan bekerja dalam tim, sikap terhadap kritik, adaptabilitas, waktu dan faktor yang dapat mempengaruhi kinerja pustakawan yaitu faktor kompetensi meliputi kemampuan dan keterampilan kerja, faktor dukungan organisasi meliputi penyediaan sarana prasarana dan kenyamanan lingkungan kerja, dan faktor dukungan manajemen meliputi manajerial pimpinan.

English Abstract

Library of University of Brawijaya Malang serves as a information provider to fulfill the needs of the user. Based on the MENPAN Decree Number 132 of 2002 and the Regulation of the Ministry of Empowerment of State Apparatus and Bureaucracy Reform Republic of Indonesia Number 9 of 2014 on the Functional Position of Librarians and Credit Scores, that the role of librarian as a professional as stipulated in the decree is indispensable for the college library in the workplace. The main role is as organizers of library materials to fulfill the needs of the user and as guidance on ways how to use library materials for the benefit of the user so that can be utilized optimally. The librarians must be able and attempted to build or develop their performance to the better way. The research of performance analysis of librarian is done to know, describe, and analyze the extent of librarian performance in providing library service, and also factors that influenced librarian performance in University of Brawijaya Malang. The type of the research used descriptive research with qualitative approach. Sources of data that used in this research are primary and secondary data. The data collection techniques in this research were to make observations, interviews, and also study documentation. The researcher is more maximize by using the interview method as digging information and related to the theory. The data analysis used descriptive analysis from Miles, Huberman, and Saldana (2014) with stages of data collection, data condensation, data presentation and conclusion. The result of the research indicated that the librarians in the library of University of Brawijaya Malang especially librarians who served in the white label collection services already know and understand but still need to improve in providing services on the aspects of librarian performance which includes knowledge about the job, quantity of work, work habits, the presence of librarians, resource utilization, work quality of librarians, employee friendliness, team work skills, attitudes toward criticism, adaptability, times and factors that may affect the librarians performance that is competence factors include skills and work skills, organizational support factors include the provision of infrastructure and the comfort of work environment, and management support factors include managerial leadership.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1028/051712192
Uncontrolled Keywords: Kinerja pustakawan, layanan pustaka, pemustaka, informasi, perpustakaan perguruan tinggi,
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 023 Personnel management (Human resource management) > 023.2 Professional positions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Dec 2017 02:01
Last Modified: 28 Sep 2020 11:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6744
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item