Faktor Penentu Keputusan Pembelian Udang Segar Di Pasar Tradisional Blimbing Dan Pasar Modern Giant Dinoyo Malang Serta Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen

Defsindi, Manas (2017) Faktor Penentu Keputusan Pembelian Udang Segar Di Pasar Tradisional Blimbing Dan Pasar Modern Giant Dinoyo Malang Serta Analisis Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar adalah tempat dimana penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan transaksi jual beli atau jasa. Mayoritas populasi indonesia yang ber agama islam tidak lepas dalam memaknai pasar melalui pedoman agama yaitu Al'Quran yang menjelaskan bahwasanya untuk menjual belikan barang yang Halalan Thayyiban. Hal ini sesuai dalam ayat Al'Quran “Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah ni’mat Allah jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah. (QS An-Nahl [16]: 114). Dimana produk Udang Segar yang menjadi objek dalam penelitian ini ada dalam kategori produk hasil laut dimana disebutkan dalam ayat Al'Quran "Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan.” (QS Al- Maidah 96). Pada era modern saat ini pasar modern telah berkembang dengan sangat pesat terbukti banyak kemunculanya tidak hanya ada pada pusat kota, tetapi juga ada di daerah-daerah kecil. Ini sebagai bukti bahwa pasar modern secara perlahan berusaha menggerus eksistensi pasar tradisional sebagai pemasok bahan kebutuhan bagi masyarakat sekitar. Persaingan bisnis dalam perkembangan di era globalisasi menuntut para pedagang di pasar tradisional dan pasar modern harus mampu bersikap dan bertindak cepat dan tepat dalam menghadapi persaingan di lingkungan bisnis yang bergerak sangat cepat dan penuh dengan ketidakpastian. Maka dari itu, pedagang di pasar tradisional dan pasar modern dituntut untuk bersaing untuk menciptakan konsumen yang loyal dan puas setelah membeli suatu produk. Produsen tentunya harus menerapkan strategi bauran pemasaran yang tepat guna meningkatkan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Penetapan strategi bauran pemasaran yang tepat tentu akan dapat memberikan dampak berkenlanjutan dari setiap usaha yang dikelola sehingga ketika konsumen puas setelah mengkonsumsi, tentunya konsumen juga akan loyal dan akan terus membeli. Salah satunya yaitu produk udang segar yang di jual di Pasar Tradisional Blimbing dan Pasar Modern Giant Dinoyo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbedaan karakteristik konsumen udang segar di Pasar Tradisional Blimbing dan Pasar Modern Giant Dinoyo Malang, menganalisis bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian di Pasar Tradisional Blimbing dan Pasar Modern Giant Dinoyo Malang, menganalisis tingkat kepuasan konsumen dalam pembelian udang segar di Pasar Tradisional Blimbing dan Pasar Modern Giant Dinoyo Malang, menganalisis tingkat loyalitas konsumen dalam pembelian udang segar di Pasar Tradisional Blimbing dan Pasar Modern Giant Dinoyo Malang, serta menganalisis perbedaan Pasar Tradisional Blimbing dan Pasar Modern Giant Dinoyo dalam hal bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian serta analisis kepuasan dan loyalitas konsumen. Penelitian ini dilakukan selama 5 hari pada tanggal 5 Juni sampai 10 Juni 2017 di Pasar Blimbing dan 5 hari pada tanggal 11 Juni sampai 16 Juni 2017 di Giant Dinoyo Malang. Jenis Penelitian Explanantory Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner, wawancara, dan observasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang didapat berdasarkan data kuisioner, wawancara, observasi dan data sekunder yang didapat dari buku, jurnal dll. Teknik sampling yang digunakan adalah judgement sampling, dimana dibutuhkan 50 sample di Pasar Blimbing dan 50 di Giant Dinoyo. untuk menganalisis bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dilgunakan teknik analisis regresi linier berganda dimana variabel yang digunakan adalah product(x1), price(x2), promotion(x3), place(x4), people(x5), process(x6), physical evidence(x7), dan pray(x8) dan Keputusan Pembelian (y1). Untuk menganalisis tingkat kepentingan dan kinerja digunakan teknik Importance Performance Analysis (IPA), mengukur analisis kepuasan digunakan Customer Satisfaction Index (CSI), dan mengukur loyalitas diidentifikasi menggunakan Brand Loyalty, setelah itu dibandingkan dengan teknik Mann Whtiney. Pasar Blimbing merupakan salah satu pasar tradisional yang terdapat dikecamatan Blimbing, kabupaten Malang. Pasar Blimbing cukup ramai dan padat, terutama di pagi hari. Pasar Blimbing berdiri sejak tahun 1970 dan memiliki luas area sekitar 2000 meter2. Pasar ini terletak di dekat pusat pemukiman warga Blimbing tepatnya di JL. Borobudur, Kec. Blimbing, Kab. Malang. Sedangkan Giant Hypermarket PT Hero Supermarket Tbk adalah perusahaan ritel yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Hero Supermarket Group adalah perusahaan ritel modern pertama di Indonesia, didirikan tahun 1971 oleh almarhum Muhammad Saleh Kurnia di jalan Falatehan. Saat ini membidik dasar menengah keatas. Hasil penelitian pada analisis regresi linier berganda di Pasar Blimbing didapatkan variabel x1=0,033, x2=0,077, x3=0,079, x4=0,095, x5=0,228, x6=0,010, x7=-0,038, x8=0,122. Dan Giant Dinoyo didaptkan nilai x1=0,129, x2=0,079, x3=0,038, x4=0,049, x5=0,140, x6=0,053, x7=0,114, x8=0,052 dimana dari masing masing pasar setiap variabel terdapat hubungan searah karena nilai koefisien yang positif kecuali pada Pasar Blimbing variabel x7 dengan nilai negatif yang artinya tidak terdapat hubungan searah. Pada Uji t hampir semua variabel di Pasar Blimbing dan Giant Dinoyo berpengaruh secara signifikan kecuali pada Giant Dinoyo variabel x7 yang berarti berpengaruh secara tidak signifikan. Pada hasil tingkat kinerja dan kepentingan didapatkan gambar diagram kartesius pada Pasar Blimbing atribut yang masuk dalam kuadran 1 adalah “tempat penjualan yang bersih dan naman, kuadran II “bentuk pelayanan” dan “kebersihan dan kesegaran udang”, kuadran III “harga”, dan kuadran IV “lokasi”. Sedangkan Giant Dinoyo atribut yang masuk dalam kuadran I “bentuk pelayanan” dan “lokasi”, kuadran II “kebersihan dan kesegaran udang” dan “tempat penjualan yang bersih dan nyaman”, kuadran III “harga”, dan kuadran IV tidak ada, dan nilai customer satisfaction index (CIS) didapatkan 52% pada Pasar Blimbing dan 79,6% pada Giant Dinoyo. Pada piramida brand loyalty yang dibagi beberapa kategori di Pasar Blimbing didapatkan switcher buyer sebesar 22%, habitual buyer 46%, satisfied buyer 96%, liking the brandd 86%, dan comitted buyer 84%. Sedangkan Giant Dinoyo didapatkan switcher buyer sebesar 84%, habitual buyer 80%, satisfied buyer 98%, liking the brand 98%, dan comitte buyer 94%. Pada hasil Uji Mann whitney analisis regresi linier berganda didapatkan variabel yang terdapat perbedaan secara signifikan antara Pasar Blimbing dan Giant Dinoyo yaitu harga, place atau tempat, promotion atau promosi, process atau proses, physical evidence, dan keputusan pembelian, dan yang tidak terdapat perbedaan secara signifikan yaitu produk, people, dan pray. Pada hasil Uji Mann whitney analisis tingkat kinerja dan kepuasan yang terdapat perbedaan secara signifikan yaitu kinerja sedangkan tingkat kepentingan tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Lalu Uji Mann whitney analisis Customer Satisfying Index (CSI) atau kepuasan antara Pasar Blimbing dan Giant Dinoyo terdapat perbedaan yang signifikan, dan Uji Mann whitney Loyalitas Konsumen juga terdapat perbedaan yang signifikan antara Pasar Blimbing dan Giant Dinoyo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa product, price, place, promotion, people, process, physical evidence, dan pray berpengaruh terhadap keputusan pembelian baik di Pasar Blimbing maupun Giant Dinoyo dan dapat diukur juga tingkat kepuasan dan loyalitas yang dilihat dari diagram kartesius dan nilai customer satisfaction index (csi) serta perbedaanya yang dapat dilihat di Uji Mann Whitney. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan pertimbang untuk pengelola Pasar Blimbing dan Giant Dinoyo dalam mempertimbang strategi-strategi untuk memperluas pangsa pasar sehingga dapat meningkatkan frekuensi pembelian. Diharapkan juga untuk penelitian selanjutnya dapat memperluas variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian, kepuasan dan loyalitas konsumen.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/472/051706927
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Dec 2017 01:56
Last Modified: 11 Oct 2020 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6741
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item