Strategi Pengembangan Usaha Pemasaran Ikan Lele Masamo (Clarias Gariepinus) Di Kelompok Tani Sumber Lancar Kecamatan Blimbing Kota Malang

Fiki, Haidul (2017) Strategi Pengembangan Usaha Pemasaran Ikan Lele Masamo (Clarias Gariepinus) Di Kelompok Tani Sumber Lancar Kecamatan Blimbing Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Juli sampai dengan Agustus 2016 di Kelompok Tani Sumber Lancar, Kelurahan Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur.Penelitian dilakukan pada usaha pembesaran dan pemasaran Ikan Lele yang dimiliki oleh Bapak Pantja selaku ketua anggota Kelompok Tani Sumber Lancar. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara langsung bagaimana sistem strategi pemasaran pada usaha pemasaran Ikan Lele di Kelompok Tani Sumber Lancar, Kelurahan Balearjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk :1) Menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh Kelompok Tani Sumber Lancar dalam pemasaran ikan lele masamo. 2) Mengidentifikasi dan Menganalisis faktor internal dan eksternal pemasaran ikan lele masamo di Kelompok Tani Sumber Lancar. 3) Menyusun alternatif strategi pemasaran untuk pengembangan usaha ikan lele masamo di Kelompok Tani Sumber Lancar. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa metode diantaranya: observasi, wawancara, dan juga pencatatan dan mengunakan metode analisis SWOT untuk mendapatkan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan.Metode tersebut saling berkaitan dan mendukung dalam menjalankan Penelitian. Pengambilan data dimulai dari proses input masuk, proses produksi pembesaran Ikan Lele sampai dengan produk akhir yang dihasilkan dan siap untuk dipasarkan. Usaha pemasaran Ikan Lele telah dirintis oleh Pembudidaya di berbagai daerah, termasuk di Malang, Jawa Timur. Selain dikenal sebagai Kota wisata, Malang juga dikenal dengan wisata kulinernya yang salah satu bentuk olahannya yaitu dari Ikan Lele, sehingga hal inilah yang dimanfaatkan oleh Pembudidaya di Malang untuk berusaha memenuhi permintaan pasar terhadap Ikan Lele. Salah satunya melalui Kelompok Tani Sumber Lancar, yang terletak di Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Strategi yang tepat merupakan salah satu tindakan yang sangat berpengaruh dalam usaha pemasaran Ikan Lele Masamo karena ketersedian output, sarana dan prasarana tentu saja sangat mendukung ketika dalam proses pemasaran yang akan dilakukan maka dari itu dalam usaha pembesaran dan pemasaran Ikan Lele yang dilakukan oleh Bapak Pantja sangat memperhatIkan faktor-faktor eksternal dan internaldiantaranya:sarana, prasarana, output pemasaran dan proses pemasaran Ikan Lele itu sendiri. Untuk mengubah output atau menambah nilai kegunaan dari suatu produk tentu saja dibutuhkan yang namanya manjemen pemasaran tidak terkecuali pada usaha pembesaran Ikan Lele milik Bapak Pantja yang berusaha menambah nilai jual dari suatu produk yaitu Ikan lele yang berperan sebagai output yang tentu saja sudah memiliki nilai jual akan tetapi untuk meningkatakan nilai kegunaan maupun nilai jual perlu dilakukan strategi usaha pemasaran yang tepat terhadap usaha pembesaran Ikan Lele. Hal ini sesuai dengan pendapat Ahman (2006), yang menyatakan bahwa strategi pemasaran adalah kegiatan pengendalain strategi pemasaran agar dapat menghasilkan atau memberi keuntungan dari suatu barang atau jasa yang kemudian dijalankan sesuai dengan strategi yang tepat seperi penentuan segmentasi pasar, sasaran pasar, posisi pasar dan ciri khas dari produk serta bauran pemasaran yaitu P4 yang mendukung yakni produk yang berkualitas, harga yang bersaing, tempat yang strategis dan promosi yang tepat. Kelompok tani sumber lancar dalam menjalankan usaha pemasaran ikan lele masamo tentu memperhatikan dan mengendalikan faktor-faktor internal dan eksternal yang terjadi di dalam maupun di luar perusahaan.Faktor-faktor internal yang dapat dikendalikan oleh kelompok tani sumber lancar sehingga menjadi kekuatan den kelemahan yang harus di kelolah yaitu Manajemen, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Pemasaran, dan Operasional Atau Produksi.Faktor-faktor eksternal yang harus dihadapi oleh kelompok tani sumber lancar sehingga menjadi peluang dan ancaman untuk keberlangsungan usaha adalah Kondisi Perekonomian, Sosial Dan Budaya, Pemerintah, Teknologi dan Persaingan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada usaha pemasaran Ikan Lele Masamo milik bapak Pantja anggota kelompok Tani Sumber Lancar.Didapat alternatif strategi utama dari analisis SWOT yang harus diterapkan agar usaha pemasaran ikan lele masamo berkembang adalah 1) Meningkatkann jumlah produksi ikan lele untuk memenuhi target pasar serta membuka pasar baru baik di dalam kota malang maupun diluar kota malang agar. 2) Melakukan promosi yang lebih gencar melalui media sosial agar informasi ikan lele masamo dapat tersebar dengan luas serta ikan lele masamo dapat dipasarkan secara cepat. 3) Meningkatkan kualitas ikan lele dan menambah kerja sama dengan tengkulak lain dan 4) Meningkatkan kerja sama dengan pemerintah dalam mengembangkan pemasaran ikan lele. Serta pengendalian faktor eksternal dan internal agar strategi pemasaran dapat diterapkan dengan baik. Jika dilihat dari hasil prioritas strategi yang didapat dari analisis SWOT maka disarankan kepada pihak Kelompok Tani Sumber Lancar untuk terus meningkatkan dan mengembangkan usahanya agar dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar lagi dengan cara meningkatkan mutu, fasilitas, kualitas dan kuantitas jumlah produksi dan penjualan ikan lele per siklus produksinya agar permintaan ikan lele untuk wilayah kota malang dapat terpenuhi, mengingat tingginya permintaan dari konsumen dan produksinya sendiri belum bisa menampung semua permintaan tersebut serta mengadakan pelatian-pelatihan budidaya ikan lele kepada masyarakat sekitar selain itu juga harus memperluas daerah pemasaran dengan cara memperbesar volume produksi sehingga permintaan di wilayah malang dapat terpenuhi dan dapat memenuhi permintaan di kota-kota atau wilayah lain.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/427/051706516
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Dec 2017 02:26
Last Modified: 24 Aug 2020 07:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6677
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item