Perbedaan Perilaku Pembelian Suvenir Sebagai Memori Ditinjau Dari Gaya Wisatawan

Fardani, Anisa Amalia Fitria (2017) Perbedaan Perilaku Pembelian Suvenir Sebagai Memori Ditinjau Dari Gaya Wisatawan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perilaku pembelian suvenir sebagai memori ditinjau dari gaya wisatawan pada wisatawan yang sedang melakukan kegiatan wisata di kota Malang dan Batu yang berjumlah 304 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus populasi tidak diketahui dengan jumlah minimal sampel sebesar 96 orang, sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 304 responden. Perilaku pembelian suvenir sebagai memori dan gaya wisata diukur dengan menggunakan skala likert dengan menggunakan skala perilaku pembelian suvenir dan skala gaya wisatawan. Skala perilaku pembelian suvenir merupakan skala modifikasi milik Wilkins, sedangkan skala gaya wisata merupakan skala modifikasi milik Littrell et al. Kedua skala yang dipakai tersebut kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Data dianalisis dengan teknik one way ANOVA menggunakan bantuan program SPSS 20.0 for Windows. hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan perilaku pembelian suvenir sebagai memori pada wisatawan yang memiliki gaya wisata etnik, sejarah, kota/urban, alam/outdoor. Berdasarkan analisis tambahan diketahui bahwa terdapat perbedaan perilaku pembelian suvenir sebagai memori berdasarkan jenis kelamin

English Abstract

This research aims at knowing the difference of souvenir purchasing behavior as the memory in terms of the tourism style for those who are doing tourism activities in the city of Malang and Batu, that consists of 304 respondents. In proposing the sample, the researcher uses unidentified population formula as the technique with the minimum samples of 96 people, the total samples propose in this study is 304 respondents. The souvenir purchasing behavior as the memory and tourism style is measured by using Likert method that utilizes the behavior of souvenir purchasing scale and also tourism style scale. The scale of souvenir purchasing behavior is originated from Wilkin’s modified scale, on the other hand, the scale of tourism style is the modified version of Littrell et. Al. These two scales later be translated into Bahasa. The data were analyzed by one way ANOVA technique by use the aiding of SPSS 20.0 for Windows program. The results show that there is no differences in souvenir behavior purchasing as the memory to tourists who have ethnic, history, city/urban, and also outdoor tourism style. Further analysis shows that there are differences in souvenir purchasing behavior in terms of memory based on the gender.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1058/051712185
Uncontrolled Keywords: gaya wisata, memori, perilaku pembelian suvenir, suvenir.
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 156 Comparative psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Dec 2017 01:43
Last Modified: 30 Nov 2020 15:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6659
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item