Persepsi Petani Sayuran Organik Pada Supplier Relationship Management Terhadap Komunitas Brenjonk Di Kabupaten Mojokerto

Pradita, Anggoro Putra (2017) Persepsi Petani Sayuran Organik Pada Supplier Relationship Management Terhadap Komunitas Brenjonk Di Kabupaten Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk hortikultura merupakan kelompok produk pertanian yang memiliki nilai strategis bagi produsen, pelaku pasar dan konsumen di Indonesia. Aspek pasar produk hortikultura di Indonesia masih bersifat relatif terbuka dengan segmentasi pasar yang luas. Dilihat dari segi pasar domestik , permintaan produk hortikultura cenderung meningkat. Pasar hortikultura di Indonesia sangat besar dengan menunjukan kecenderungan yang semakin meningkat sejalan dengan peningkatan laju pertumbuhan penduduk. Kondisi tersebut ternyata belum dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memperkuat pembangunan subsektor hortikultura (BPS,2015). Selain itu, dengan semakin berkembangnya produk hortikultura di Indonesia, maka semakin berkembang pula pola aturan perkembangan produk dengan menggunakan sertifikat berlabelkan organik. Hal ini dapat memberi nilai lain produk hortikultura di pasar dagang organik seperti keuntungan dalam mendapatkan pengakuan konsumen secara layak di pasar. Berkaitan dengan manajemen rantai pasok hortikultura dilihat dari sudut pandang SRM (Supplier Relationship Management), maka salah satu contoh daerah yang sedang melakukan pengembangan produk hortikultura yaitu Dusun Penanggungan Desa Penanggungan di Kabupaten Mojokerto. Di daerah ini terdapat sebuah perkumpulan petani organik dengan nama Brenjonk dimana kumpulan ini bergerak pada sektor koperasi yang menangani kegiatan pembibitan, produksi dan pengolahan produk organik yang dilakukan dengan membuat gerakan pertanian organik, budidaya pertanian secara ekologis dengan menggunakan pupuk dan pestisida alami. Produk hortikultura yang dihasilkan oleh Brenjonk berasal dari petani yang selanjutnya diserahkan kepada koperasi kemudian dikirimkan ke pihak distributor untuk disalurkan ke pihak peritel. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis Supplier Relationship Management (SRM) menurut persepsi petani sayuran organik ditinjau dari indikator seleksi supplier berkualitas, (2) Menganalisis Supplier Relationship Management (SRM) menurut persepsi petani sayuran organik ditinjau dari indikator integrasi supplier, (3). Menganalisis Supplier Relationship Management (SRM) menurut persepsi petani sayuran organik ditinjau dari indikator efektifitas proses pembelian. Jenis data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh langsung oleh peneliti dari perusahaan yang terdiri dari: data mengenai gambaran umum perusahaan, data karyawan, wawancara dan penyebaran kuesioner. Sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber-sumber lain yang tidak diperoleh langsung oleh peneliti, seperti: buku-buku, internet, jurnal, lembaga tertentu, serta literatur-literatur yang berkaitan dengan topik penelitian ini. Populasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah petani mitra sayuran organik yang bernaung dalam kemitraan di Komunitas Brenjonk, Mojokerto. Metode sampling yang digunakan yaitu vii simple random sampling. Responden yang diambil pada penelitian ini berjumlah 52. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analasis deskriptif statistik. Data diolah dengan menggunakan software Microsoft excel 2010 dan STATA/MP 14.0. Hasil analisis didapatkan bahwa analisis rantai pasok sayuran organik dalam perspektif Supplier Relationship Management yang dilaksanakan di Komunitas Brenjonk Organik, Mojokerto relatif baik. Ini ditunjukan dengan skor total analisis deskriptif persepsi petani mitra terhadap Komunitas Brenjonk. Terdapat 8 indikator untuk menganalisis rantai pasok sayuran organik yang diajukan diantaranya kinerja supplier, proses seleksi supplier, koordinasi dengan supplier, integrasi informasi, hubungan organisasional, penggunaan teknologi dan informasi, efektifitas komunikasi mengenai produksi dan efektifitas administrasi kontrak. Berdasarkan data yang diperoleh diantara kedelapan indikator tersebut 5 diantaranya yaitu kinerja supplier, koordinasi dengan supplier, hubungan organisasional, penggunaan teknologi dan informasi dianggap hal yang sangat penting untuk diketahui, sedangkan 3 indikator yang lain seperti seleksi supplier, integrasi informasi dan efektifitas administrasi kontrak dianggal hal yang penting untuk diketahui.

English Abstract

Horticultural products is a group of agricultural products that have strategic value for producers, market participants and consumers in Indonesia. The market aspect of horticultural products in Indonesia is still relatively open with broad market segmentation. In terms of domestic market, demand for horticultural products tends to increase. The horticultural market in Indonesia is very large by showing an increasing trend in line with increasing population growth rate. This condition has not been fully utilized to strengthen the development of the horticulture subsector (BPS, 2015). In addition, with the growing development of horticultural products in Indonesia, the growing pattern of product development rules also using certificates labeled organic. This can give other horticultural products value in the organic trading market such as the advantage in obtaining appropriate consumer recognition in the market. With regard to horticulture supply chain management, from an SRM (Supplier Relationship Management) point of view, one of the examples of areas that are developing horticultural products is Penanggungan Village Penanggungan Village Trawas Subdistrict in Mojokerto. In this area there is an association of organic farmers under the name Brenjonk where the group is engaged in the cooperative sector that handles the activities of nursery, production and processing of organic products made by making organic farming movement, ecologically cultivated agriculture using natural fertilizers and pesticides. Horticultural products produced by Brenjonk come from farmers who then submitted to the cooperative and then sent to the distributor to be distributed to the retailer. Therefore, the objectives of this study are (1) Analyze the Supplier Relationship Management (SRM) according to the perception of organic vegetable farmers in terms of quality selection indicator suppliers, (2) Analyze Supplier Relationship Management (SRM) according to farmers perceptions of organic vegetables in terms of supplier integration indicators, (3). Analyze Supplier Relationship Management (SRM) is reviewed according to farmers' perceptions of organic vegetables from indicators of purchasing process effectiveness. The types of data collected in this study are primary and secondary data. Primary data is data obtained directly by researchers from the company consisting of: data on the company's general overview, employee data, interviews and questionnaire dissemination. Secondary data is obtained from other sources not directly obtained by the researcher, such as: books, internet, journal, certain institution, and literatures related to this research topic. Population of data used in this research is organic farmer partner farmers who take shelter in partnership in Brenjonk Community, Mojokerto. The sampling method used is simple random sampling. Respondent taken in this study amounted to 52. The data obtained then ix analyzed using statistical descriptive analysis. Data is processed using Microsoft Excel 2010 and STATA / MP 14.0 software. The analysis result shows that analysis of organic vegetable supply chain in the perspective of Supplier Relationship Management conducted in Organic Brenjonk Community, Mojokerto is relatively good. This is shown by a total score of descriptive analysis of farmers' perceptions of the Brenjonk Community. There are 8 indicators to analyze the organic vegetable supply chain proposed such as supplier performance, supplier selection process, supplier coordination, information integration, organizational relationships, use of technology and information, communication effectiveness on production and effectiveness of contract administration. Based on the data obtained among the eight indicators, 5 of them are supplier performance, coordination with suppliers, organizational relationships, the use of technology and information is considered very important to know, while 3 other indicators such as supplier selection, information integration and effectiveness of contract administration which is important to know.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/627/051710843
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 631 Specific techniques; apparatus, equipment materials > 631.5 Cultivation and harvesting > 631.58 Special methods of cultivation > 631.584 Organic farming
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 07 Dec 2017 08:20
Last Modified: 05 Jan 2022 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6649
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of COVER + DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
COVER + DAFTAR ISI.pdf

Download (517kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (276kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item