Charir, Nur 'Azizah (2017) Analisis Pengaruh Kompetensi Pengetahuan Pemasaran Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kapabilitas Pemasaran Dan Kinerja Pemasaran Pada UKM Perikanan Di Kota Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di Kota Malang semakin berkembang, terutama UKM-UKM di bidang perikanan. Pada tahun 2016, Jenis usaha pengolahan berjumlah 41 UKM. Sedangkan jenis usaha budidaya di bagi menjadi budidaya air tawar di kolam dan budidaya karamba di sungai. Pada tahun 2016, terdapat 239 RTP (Rumah Tangga Pembudidaya) pada budidaya di kolam dan budidaya karamba terdapat 24 RTP (Rumah Tangga Pembudidaya). Semakin pesatnya pertumbuhan UKM perikanan, banyak pula tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UKM perikanan dalam menghadapi produk-produk dari pesaing. UKM perikanan baik dari usaha budidaya maupun pengolahan dalam meningkatkan daya saingnya, memiliki tantangan besar dengan banyaknya produk pesaing dari luar. UKM tersebut dapat meningkatkan kemampuan persaingan melalui kompetensi pengetahuan pemasaran dan orientasi kewirausahaan. Namun, untuk mencapai suatu keberhasilan suatu usaha, kemampuan pengetahuan pemasaran dan orientasi kewirausahaan perlu menumbuhkan kapabilitas pemasaran dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis ; (1) Pengaruh kompetensi pengetahuan pemasaran terhadap kapabilitas pemasaran pada UKM perikanan di Kota Malang, (2) Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kapabilitas pemasaran pada UKM perikanan di Kota Malang, (3) Pengaruh kompetensi pengetahuan pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM perikanan di Kota Malang, (4) Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran pada UKM perikanan di Kota Malang, dan (5) Pengaruh kapabilitas pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM perikanan di Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan di UKM Perikanan dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bidang Perikanan di Kota Malang, Jawa Timur dan dilaksanakan mulai bulan April sampai Mei 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan proportionate stratified random sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang memiliki anggota atau unsur yang tidak homogen dan berstrata secara homogen. Metode analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif menggunakan uji SEM (Structural Equation Modelling) dengan software WarpPLS 3.0 serta menggunakan bantuan software SPSS 16. Hasil uji analisis data yang telah dilakukan adalah sebagai berikut: (1) berdasarkan evaluasi model pengukuran (outer model), semua instrumen variabel telah memenuhi convergent validity, dimana nilai AVE semua variabel lebih dari 0,5 yaitu X1 (0,636), X2 (0,545), Y1 (0,566) dan Y2 (0,537). Discriminant validity juga telah memenuhi kriteria dimana nilai combined loading and cross loadings masing-masing indikator konstruk lebih dari 0,5. Serta nilai composite reliability dan cronbach alpha dari semua variabel telah memenuhi kriteria diatas 0,70 yaitu X1 (0,839 dan 0,712), X2 (0,827 dan 0,720), Y1 (0,900 dan 0,869) dan Y2 (0,872 dan 0,822). (2) berdasarkan evaluasi model struktural (inner model) diperoleh indeks APC 0,334 dengan p value < 0,001, indeks ARS 0,601 dengan p value < 0,001 dan indeks AVIF 2,538 (Good if < 5) dengan p value < 0,001. Indeks tersebut telah memenuhi kriteria. (3) diperoleh nilai R2 dari Y1 sebesar 0, 71 yang berarti kompetensi pengetahuan pemasaran dan orientasi kewirausahaan mempengaruhi kapabilitas pemasaran sebesar 0,71 atau 71%. Sedangkan nilai R2 dari Y2 mempunyai nilai sebesar 0,490 atau 49% yang berarti kompetensi pengetahuan pemasaran, orientasi kewirausahaan, dan kapabilitas pemasaran mempengaruhi kinerja pemasaran sebesar 49%. (4) berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh, uji hipotesis 1 diterima dengan nilai signifikansi <0,01 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,27; uji hipotesis 2 diterima dengan nilai signifikansi <0,01 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,62; uji hipotesis 3 diterima dengan nilai signifikansi =0,06 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,20; uji hipotesis 4 diterima dengan nilai signifikansi =0,04 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,25; uji hipotesis 5 diterima dengan nilai signifikansi =0,02 dan nilai koefisien jalur sebesar 0,32. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan antara lain sebagai berikut : (1) variabel kompetensi pengetahuan pemasaran memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kapabilitas pemasaran pada UKM Perikanan di Kota Malang, Jawa Timur. (2) variabel orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kapabilitas pemasaran pada UKM Perikanan di Kota Malang, Jawa Timur. (3) variabel kompetensi pengetahuan pemasaran memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran pada UKM Perikanan di Kota Malang, Jawa Timur. (4) variabel orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran pada UKM Perikanan di Kota Malang, Jawa Timur. (5) variabel kapabilitas pemasaran memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran pada UKM Perikanan di Kota Malang, Jawa Timur. Sedangkan saran yang dapat diberikan antara lain : (1) Para pelaku UKM perikanan harus terus menambah meningkatkan kemampuan orientasi kewirausahaan dari segi peningkatan kreatifitas dan inovasi serta sikap aktif proaktif, meningkatkan kapabilitas pemasaran dari segi jaringan distribusi atau proses, produk, promosi, dan bukti fisik serta meningkatkan kompetensi pengetahuan pemasaran agar dapat menghasilkan kinerja pemasaran yang baik. (2) Untuk para pelaku UKM perikanan budidaya harus lebih memperhatikan CBIB (Cara Budidaya Ikan Baik) agar mampu menghasilkan produk yang berkualias. (3) pemerintah haru meningkatkan kegiatan penyuluhan, pendampingan, pelatihan-pelatihan, kepada pelaku UKM perikanan serta pameran usaha perikanan agar mampu memperluas jangkauan wilayah pemasaran usaha dan agar UKM semakin berkembang. (4) Untuk penelitian selanjutnya, disarankan menggunakan metode lain seperti metode kualitatif sebagai pendekatan dalam melakukan penelitian tersebut, agar kajian yang dihasilkan dapat lebih mendalam.
English Abstract
SME of fishery in the Malang city is increasing, these SMEs owner face up the challenge of confronting competitor’s product. Fishery SMEs can improve their competitiveness through competency of marketing knowledge, entrepreneurial orientation (EO) and need to grow the marketing capabilities in improving marketing performance. This study aimed to analyze the effect of competencies marketing knowledge to marketing capabilities, the effect of EO towards marketing capabilities, marketing knowledge competence influence on the marketing performance, the effect of EO towards marketing performance, and marketing capability to influence marketing performance. This research uses SEM (Structural Equation Modelling) with WarpPLS 3.0 approach. Population in this research is owner of SME fishery in Malang City. Samples taken by proportionate random sampling technique. This research was conducted by spreading quetionnaires to 115 owner of SME fishery in Malang City. These result indicate that marketing knowledge competence significantly influence amount 27% to marketing capabilities, EO significantly influence amount 62% to marketing capabilities, marketing knowledge competence significantly influence amount 20% to marketing performance, EO significantly influence amount 65% to marketing performance, and marketing capabilities significantly influence amount 65% to marketing performance. We recommend that the owner of SMEs fishery always improve the EO in improving marketing capabilities to result good marketing performance. However, competence of marketing knowledge must also be maintained.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2017/441/051706530 |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pengetahuan Pemasaran, Orientasi Kewirausahaan, Kapabilitas Pemasaran, Kinerja Pemasaran, competence marketing knowledge, entrepreneurial orientatiosn, maketing capabilities, marketing performance |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 07 Dec 2017 03:29 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 06:31 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |