Efektifitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Promosi Produk Poklahsar “Cita Alam Nusantara” Dengan Merek Dagang Samudra Food

Nurwahid, Zainuddin (2017) Efektifitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Promosi Produk Poklahsar “Cita Alam Nusantara” Dengan Merek Dagang Samudra Food. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin pesat dengan berbagi kemajuan teknologi dibidang pengolahan, informasi, komunikasi dan media membuat persaingan pasar semakin ketat. Pasar yang tidak menentu dengan jenis dan jumlah permintaan yang sangat fluktuatif, perlu diimbangi dengan strategi pemasaran yang kreatif dari industri. Salah satu strategi pemasaran yang berperan penting adalah strategi promosi, karena dengan adanya promosi masyarakat sebagai konsumen akan mendapatkan informasi tentang keberadaan suatu produk atau jasa. Banyak media dalam mempromosikan sebuah produk maupun jasa, misalnya media elektronik, cetak, dan online. Media baru yang berkembang dan popular adalah media sosial di dunia maya. Di Indonesia sendiri masyarakat yang mempunyai akun media sosial cukup tinggi. Hal tersebut membuat para pelaku bisnis memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media promosi yang diguanakan. Salah satu industri yang memasarkan produknya melalui media sosial adalah POKLAHSAR Cita Alam Nusantara “Samudra Food”. Media sosial yang digunakan Cita Alam Nusantara dalam berpromosi atau pengiklanan yaitu facebook, youtube dan blog. Pemilihan media promosi sangat penting untuk dilakukan. Bukan hanya sekedar efektifnya media dalam menyampaikan informasi tetapi juga pengaruh biaya promosi yang harus dikeluarkan industri untuk berpromosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana sejarah dan perkembangan usaha, lokasi usaha, tata letak usaha, serta struktur organisai, bagaimana efektifitas media sosial sebagai sarana promosi berdasarkan EPIC Model, dan bagaimana pengaruh biaya promosi dan tenaga pemasar terhadap hasil penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner dan observasi. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer yang didapat berdasarkan hasil kuesioner yang diberikan konsumen di Cita Alam Nusantara dan observasi kegiatan pemasaran secara langsung, serta wawancara dengan pemilik Cita Alam Nusantara. Data sekunder didapat dari BPS, buku, jurnal, dll. Data rasio didapatkan dari hasil wawancara dengan pemilik Citra Alam Nusantara. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah EPIC Model, regresi linier berganda dan uji statistik. Hasil analisis efektifitas promosi berdasarkan EPIC Model menunjukkan bahwa kegiatan promosi melalui media sosial mencapai tingkat efektif dalam menstimulasi terjadinya kesadaran (awareness), ketertarikan (interest), dan berakhir dengan tindakan pembelian (purchase) yang dilakukan oleh target konsumen terhadap produk POKLAHSAR Citra Alam Nusantara. Hal ini ditunjukan oleh nilai rata-rata (EPIC Rate) dari dimensi emphaty, persuasion, impact, dan communication yang dihasilkan berada pada rentang skala efektif 3,41-4,21. Dari hasil analisis pengaruh biaya promosi dan tenaga pemasar terhadap hasil penjualan dengan menggunakan regresi linier berganda dan uji statistik, diperoleh persamaan regresi Y = -1135,017 + 54,529X1 + 0,128X2 + e. Masing-masing variabel dependen (biaya promosi dan tenaga pemasar) memiliki nilai koefisien positif sehingga berpengaruh positif terhadap hasil penjualan. Nilai R2 yaitu sebesar 0,926, yang artinya biaya promosi (X1), dan biaya tenaga pemasar (X2), berpengaruh sebesar 92,6% terhadap hasil penjualan dan sisanya 7,4% dipengaruhi variabel lain di luar model seperti harga, tempat, dan produk. Uji hipotesis yang dilakukan secara simultan (uji F) menunjukan Fhitung > Ftabel dengan signifikasi 0,000 sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat hubungan yang kuat antara biaya promosi (X1), dengan biaya tenaga pemasar (X2) sehingga bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap hasil penjualan. Berdasarkan uji parsial (uji t) yang dilakukan biaya promosi (X1), dan biaya tenaga pemasar (X2) secara individu berpengaruh secara signifikan terhadap hasil penjualan. Variabel yang memiliki pengaruh paling dominan adalah biaya promosi. Biaya promosi dalam penelitian ini diukur dengan biaya penggunaan paket internet, dan biaya perawatan laptop. Saran bagi pemilik POKLAHSAR Citra Alam Nusantara “Samudra Food” sebaiknya menambah media sosial yang digunakan dalam berpromosi khusunya media sosial yang lagi trend sekarang ini (instagram, twitter), meskipun biaya yang dikeluarkan untuk melakukan promosi meningkat maka tingkat penjualan akan semakin meningkat karna adanya hubungan yang positif dan searah antara biaya promosi dengan tingkat penjualan, dengan catatan biaya yang dianggarkan untuk promosi tersebut digunakan dengan sebaik-baiknya.

English Abstract

Measurement of the effectiveness of social media as a promotional tool used to see a media success in conveying information about the existence of a product or service. Measuring how much social media as a means of promotion affect the sale can be used for determining planning promotion in the future. Therefore purpose of this research is to determine and analyze history and business development, business location, the layout business, and organizational structure in Cita Alam Nusantara, effectiveness of social media as a means promotional products of Citra Alam Nusantara based on EPIC Model, the effect of promotional cost and energy marketers on the sales results of Cita Alam Nusantara. The sampling technique used was purposive sampling, and then calculated by the formula Linear Time Function, thus obtained sample of 40 respondents. Methods of data analysis in this research is EPIC Model (emphaty, persuasion, impact, communication) multiple linear regression and statistical tests which includes test coefficient of determination, significance test of simultan (F test) and significance test of partial (t test). Based the research examination of the effectiveness promotion with EPIC Model, got the result that promotion with had be done in Cita Alam Nusantara effective, variable emphaty, persuasion, impact, and communication classified at effective. The results of the regression analysis is obtained equation Y = -1135,017 + 54,529 costs promotion + + 0,128 costs energy marketers + e . Values coefficient of determination that is 0.926. Significance test of simultan is obtained the value of Fcount is 205.415 which is greater than the value Ftable is 4.13, it’s means that the variables in the costs promotion, and costs energy marketers give significant influence on sales results decisions of Cita Alam Nusantara simultaneously. While the significance test of partial showed costs of promotion (X1) and the cost of marketers (X2) give significant influence on the sale Cita Alam Nusantara with value tcount which amounted to 7.475 and 5.429 greater than the value of ttable is 2.03224.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/439/051706528
Uncontrolled Keywords: efektifitas, media sosial, EPIC Model, hasil penjualan, effectiveness, social media, EPIC Model, sales results.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Dec 2017 03:12
Last Modified: 20 Oct 2020 03:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6615
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item