City Branding Communication Kota Tulungagung Dalam Upaya Menciptakan “Tulungagung Kota Wisata Bahari” (Studi pada Dinas Pariwisata Kota Tulungagung)

Prakoso, Ghanang Putra (2017) City Branding Communication Kota Tulungagung Dalam Upaya Menciptakan “Tulungagung Kota Wisata Bahari” (Studi pada Dinas Pariwisata Kota Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sesuai dengan (UU. Otoda No. 32/2004), Implementasi yang diwujudkan dalam upaya membentuk daerah mandiri adalah dengan meningkatkan potensi wisata yang kemudian diarahkan pada city branding. Salah satu kota yang kini sedang memaksimalkan city branding adalah Kota Tulungagung. Proses ditetapkannya city branding baru setelah sukses dengan image marmer, dikarenakan Wilayah selatan Kota Tulungagung yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia menjadikan Tulungagung memiliki wilayah pantai yang sangat berpotensi dikembangkan sebagai tempat wisata, sehingga ditetapkanlah Branding “Tulungagung Kota Wisata Bahari”, melalui city branding tersebut pemerintah kembali mengupayakan untuk memberi image positif terhadap Kota Tulungagung dengan brand baru yang menggambarkan karakteristik wilayah, budaya dan karakter masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi City branding tersebut kepada masyarakat secara luas melalui city branding communication yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Tulungagung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang melihat bagaimana Kota Tulungagung mengkomunikasikan City Branding Communication. Hasil dari penelitian ini menyatakan terdapat 3 model city branding yang di lakukan, yakni Primary Communication, Secondary Communication, Tertiary Communications. Meskipun City Branding Kota Tulungagung baru terbentuk, namun pemerintah sudah memanfaatkan ketiga model saluran komunikasi city branding dan sudah optimal dalam bidang Primary dan Secondary tapi belum optimal dalam bidang Word Of Mouth.

English Abstract

Sesuai dengan (UU. Otoda No. 32/2004), Implementasi yang diwujudkan dalam upaya membentuk daerah mandiri adalah dengan meningkatkan potensi wisata yang kemudian diarahkan pada city branding. Salah satu kota yang kini sedang memaksimalkan city branding adalah Kota Tulungagung. Proses ditetapkannya city branding baru setelah sukses dengan image marmer, dikarenakan Wilayah selatan Kota Tulungagung yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia menjadikan Tulungagung memiliki wilayah pantai yang sangat berpotensi dikembangkan sebagai tempat wisata, sehingga ditetapkanlah Branding “Tulungagung Kota Wisata Bahari”, melalui city branding tersebut pemerintah kembali mengupayakan untuk memberi image positif terhadap Kota Tulungagung dengan brand baru yang menggambarkan karakteristik wilayah, budaya dan karakter masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi City branding tersebut kepada masyarakat secara luas melalui city branding communication yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Tulungagung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang melihat bagaimana Kota Tulungagung mengkomunikasikan City Branding Communication. Hasil dari penelitian ini menyatakan terdapat 3 model city branding yang di lakukan, yakni Primary Communication, Secondary Communication, Tertiary Communications. Meskipun City Branding Kota Tulungagung baru terbentuk, namun pemerintah sudah memanfaatkan ketiga model saluran komunikasi city branding dan sudah optimal dalam bidang Primary dan Secondary tapi belum optimal dalam bidang Word Of Mouth.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1048/051712119
Uncontrolled Keywords: City Branding Communication, Dinas Pariwisata Tulungagung
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Dec 2017 02:54
Last Modified: 15 Nov 2024 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6606
[thumbnail of Ghanang Putra Prakoso.pdf] Text
Ghanang Putra Prakoso.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item