Implementasi Program City Branding dalam rangka Meningkatkan Pariwisata (Studi Komparasi Implementasi Beautiful Malang dan Shining Batu)

Putra, Reza Krisna (2017) Implementasi Program City Branding dalam rangka Meningkatkan Pariwisata (Studi Komparasi Implementasi Beautiful Malang dan Shining Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

City branding berkaitan juga dengan tata rencana kota yang dapat dijadikan sebuah strategi dari suatu kota untuk membuat positioning yang kuat di dalam target pemasaran, seperti halnya positioning sebuah produk atau jasa. Pemasaran tidak terlepas dengan persaingan, demikian juga untuk sebuah kota. Untuk mendapatkan kepercayaan sebagai kota yang terbaik dalam aspek tertentu bergantung pada bagaimana city branding telah dibuat dan disampaikan sebagai kekuatan kompetisi dan relevansi dari kota tersebut sehingga kota tersebut dapat dikenal secara luas baik regional ataupun global. City branding digunakan untuk melakukan promosi daerah, khususnya pada bidang pariwisata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Malang dan Kota Batu, sedangkan situsnya berada di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batu. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan tema tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. City Branding Kota Batu lebih populer dibandingkan dengan city branding yang dimiliki Kota Malang, sehingga wisatawan yang mengunjungi malang raya lebih tertarik untuk datang ke Kota Batu. Hal ini menjadikan pariwisata di Kota Batu menjadi lebih ramai dan padat pengunjung dibandingkan dengan Kota Malang. Seharusnya Pemerintah Kota Malang dan Kota Batu bisa bekerjasama untuk membentuk pariwisata yang berkualitas baik secara mandiri maupun bersama.

English Abstract

City branding is also associated with the city plan that can be a strategy of a city to create a strong positioning in the target marketing, as well as positioning a product or service. Marketing is inseparable from competition, as well as for a city. To gain confidence as the best city in a particular aspect depends on how city branding has been created and delivered as the power of competition and relevance of the city so that the city can be widely recognized either regionally or globally. City branding is used to carry out regional promotions, especially in the field of tourism. This research uses descriptive research type with qualitative approach located in Malang City and Batu City, while the site is in Department of Culture and Tourism of Malang City and Department of Tourism and Culture of Batu City. Primary data sources were obtained from interviews from related informants, while secondary data were obtained from documents relating to the theme. Techniques of collecting data through interviews, observation, and documentation. While the research instrument is the researcher himself, and some supporting tools such as interview guides, and other aids. City Branding Batu City is more popular compared to city branding owned by Malang City, so that tourists who visit Malang are more interested to come to Batu City. This makes tourism in the city of Batu become more crowded and crowded visitors compared with the city of Malang. The Government of Malang City and Batu City should be able to cooperate to form a quality tourism either independently or together.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1133/051712152
Uncontrolled Keywords: City Branding, Pariwisata, Promosi
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Dec 2017 03:09
Last Modified: 29 Oct 2024 08:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6512
[thumbnail of Reza Krisna Putra.pdf] Text
Reza Krisna Putra.pdf

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item