Wibowo, Indra (2017) Analisis Rantai Distribusi Ikan Hasil Tangkapan dengan Menggunakan Alat Tangkap Cantrang dan Purse Seine di Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Kota Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Distribusi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari rantai pasok suatu produk. Peran distribusi sangat menentukan bagi tersampaikannya sebuah produk sampai ke tangan konsumen. Dibutuhkan suatu proses yang efisien, yang menjamin produk sampai ke tangan konsumen secara luas dengan biaya yang minimal. Bila perusahaan memiliki sistem saluran distribusi yang efisien, maka perusahaan itu akan dapat menguasai pasar. Untuk memperbaiki efisiensi distribusi pemasaran dapat dilakukan dengan mengurangi jumlah distributor, mengurangi biaya distribusi dan menambah penjualan dari distributor. Tujuan dari penelitia ini adalah untuk (1) Mengetahui komoditas ikan tangkapan dominan bagi nelayan dengan alat tangkap cntrang dan purse seine, (2) Untuk mengetahui presentase umur dan tingkat pendidikan responden di Kota Probolinggo, (3) Mengidentifikasi pola distribusi komoditas perikanan tangkap laut di Kota Probolinggo, (4) Untuk mengetahui besaran marjin yang diterima pada setiap tingkatan lembaga pemasaran komoditas perikanantangkap laut di Kota Probolinggo, (5) Mengetahui tingkat efektivitas pemasaran pada setiap lembaga pemasaran ikan hasil tangkapan. Metode yang digunakan adalah multi criteria analysis untuk menentukan ikan tangkapan dominan di Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Kota Probolinggo, analisis deskriptif presentase untuk mencari alur rantai distribusi komoditas dominan alat tangkap cantrang dan purse seine, analisis marjin pemasaran untuk menghitung marjin pada setiap lembaga pemasaran dalam proses distribusi ikan hasil tangkapan serta metode analisis efektivitas pemasaran untuk menghitung tingkat efektivitas di setiap saluran pemasaran komoditas unggulan pada alat tangkap cantrang dan purse seine. Hasil penelitian didapatkan bahwa ikan tangkapan dominan menggunakan alat tangkpa cantrang adalah ikan kerapu dengan nilai total mencapai 3,612 poin dan untuk alat tangkap purse seine adalah ikan lemuru dengan nilai total mencapai 3,863 poin. Marjin pemasaran ikan kerapu pada saluran pertama mencapai Rp 5.200dan pada saluran kedua mencapai Rp 2.700 sedangkan marjin pemasaran ikan lemuru pada saluran pertama mencapai Rp 4.100 dan pada saluran kedua mencapai Rp 2.500. Hasil perhitungan efisiensi saluran pertama pemasaran ikan kerapu mencapai 1,51% untuk efisiensi teknis dan 13,03% untuk farmer share, pada saluran kedua mencapai 1,29% untuk efisiensi teknis dan 6,61% untuk farmer share. Sedangkan hasil perhitungan efisiensi saluran pertama pemasaran ikan lemuru mencapai 9,52% untuk efisiensi teknis dan 64,52% untuk farmer share, pada saluran kedua mencapai 4,4% untuk efisiensi teknis dan 41,05% untuk farmer share.
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2017/509/051706964 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 688 Other final products and packaging technology > 688.7 Recreational equipment > 688.79 Equipment for fishing, hunting, shooting |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 05 Dec 2017 07:01 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 07:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6459 |
![]() |
Text
INDRA WIBOWO.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |