Identifikasi Modal Sosial Dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Usaha (Studi Kasus Pada Kampung Wisata Keramik Dinoyo, Kota Malang)

Said, Ardiansyah (2017) Identifikasi Modal Sosial Dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Usaha (Studi Kasus Pada Kampung Wisata Keramik Dinoyo, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kampung wisata keramik dinoyo merupakan satu-satunya sentra UKM di kota malang dengan hasil produk dari keramik. Sentra industri keramik dinoyo merupakan industri kecil yang di bangun sejak 1957. Industri kecil merupakan sektor penting untuk memajukan perekonomian nasional. Keunggulan serta potensi lokal yang menonjol harus lebih di lestarikan keberadaannya utamanya industri kecil (industri kerajinan), sebagai penunjang sektor pariwisata dan pendapatan daeraj Kota Malang. Perlu adanya suatu jaringan sosial diantara para pedagang dan pengrajin keramik dinoyo sebagai penguatan usaha untuk menghindari adanya persaingan dan terjadinya konflik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologis yang bertujuan mengidentifikasi bentuk modal sosial dan implikasinya terhadap pengembangan usaha di kampung wisata keramik Dinoyo Kota Malang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dengan wawancara, observasi dan trianggulasi, sedangkan pengumpulan data sekunder dengan studi dokumentasi. Dalam Penelitian ini definisi konsep modal sosial yang di pakai peneliti ialah defini konsep modal sosial yang dikemukakan oleh Jousairi Hasbullah mengenai jaringan, timbal balik, kepercayaan, norma, nilai, dan tindakan proaktif. Jaringan lah yang paling berperan dalam pengembangan usaha di kampung wisata keramik Dinoyo Kota Malang. Jaringan sebagai salah satu unsur modal sosial di sentra keramik dinoyo yang dapat memfasilitasi terjadinya komunikasi dan interaksi. Produsen keramik dinoyo menggunakan jaringan untuk mencapai kepentingannya, jaringan juga berperan dalam membangun koalisi dan koordinasi. Jaringan mempunyai andil paling besar dalam pengembangan usaha, dimana jaringan mendukung pemasaran, bahan baku, penghematan biaya produksi dan pemenuhan pesanan konsumen.

English Abstract

Dinoyo ceramics excursion village is the only centre for small to medium enterprise industrial area in Malang that produce ceramic-based products. This industrial centre is a small industry that begin its operations in 1957. Small industry plays pivotal role to advance the national economy. The privilege and local potential that stands out must be preserved, mainly the small industries (craftsmanship industries), as the main support of the tourism sector and to increase the revenue of the local city government (Malang). There is a need of social network between the traders and the craftsman of Dinoyo ceramics to strengthen the business and to avoid the competition and conflict among them. This study utilizes the descriptive qualitative method with the approach of phenomenology, which is aimed to identify the form of social capital and its implications on business development in Dinoyo ceramic excursion village, Malang. In terms of data, this research use both primary and secondary data. The primary data comprised of interviews, observations and triangulation. Meanwhile, for secondary data, documentation study is used to support this research. Furthermore, this research adopts the definition of social capital as stated by Jousairi Hasbullah, which are consist of Network, Reciprocity, Trust, Norms, Values, and Proactive Actions. Network plays the main role in the business development process in Dinoyo Ceramics Excursion Village, Malang. Network as one of the element of social capital facilitates communication and interaction among the relevant stakeholders. Craftsman in Dinoyo ceramics excursion village use network to achieve their goals, and it is also useful to develop coalition and to maintain coordination among them. Network is also proven as the supporting element for marketing, to provide raw materials, the efficiency of production costs, and to meet the consumer expectation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/549/051710524
Uncontrolled Keywords: Modal Sosial, Sentra Industi, Proses Pengembangan Usaha, Social Capital, Industrial Centre, Business Development Process
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.4 Social interaction between groups
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:39
Last Modified: 25 Nov 2020 05:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6384
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item