Model Pemberdayaan Masyarakat Dalam Nutrition Club Herbalife (Studi Kasus pada Nutrition Club di Kota Malang Jawa Timur)

Afandi, Hendra Retno (2017) Model Pemberdayaan Masyarakat Dalam Nutrition Club Herbalife (Studi Kasus pada Nutrition Club di Kota Malang Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Pemberdayaan Masyarakat pada Nutrition Club adalah salah satu program yang dilakukan oleh anggota Member Herbalife pada suatu tempat Nutrition Club sebagai upaya untuk membangun kemandirian masyarakat khususnya masyarakat anggota Herbalife untuk selalu hidup sehat dan aktif. Pemberdayaan masyarakat memegang peranan penting dalam pengembangan suatu Nutrition Club atau bisa disebut dengan rumah sehat. Pemberdayaan masyarakat pada dasarnya merupakan proses untuk membuat masyarakat menjadi berdaya. Pengembangan kapasitas masyarakat adalah bentuk dari upaya pengembangan pengetahuan, sikap dan keterampilan masyarakat agar dapat berperan serta aktif dalam menjalankan pembangunan secara mandiri dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan program pemberdayaan masyarakat dalam Nutrition Club Herbalife; 2) Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi program pemberdayaan masyarakat dalam Nutrition Club Herbalife; 3) Mendeskripsikan strategi pemberdayaan masyarakat dalam Nutrition Club Herbalife; 4) Menganalisi hubungan antara program pemberdayaan masyarakat dengan strategi pemberdayaan masyarakat dalam Nutrition Club Herbalife; 5) Menganalisis tingkat perubahan masyarakat dalam Nutrition Club Herbalife; 6) Menganalisis tingkat kesejahteraan masyarakat dalam Nutrition Club Herbalife. Jenis pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penentuan lokasi penelitian ini adalah purposive sampling. Metode penentuan responden menggunakan survei. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis Chi-Square. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) Program pemberdayaan yang terdapat pada Nutrition Club TVC yaitu program pemberdayaan Nutrition Club, Langsung, dan Online. Dari ketiga program tersebut yang paling dominan yaitu program pemberdayaan Nutrition Club dengan nilai sebesar 46,67%; 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi program pemberdayaan yang paling dominan berpengaruh adalah faktor internal yakni usia dengan nilai sebesar 53,33% Dan faktor eksternal yakni kondisi pendidikan dengan nilai sebesar 46,67%; 3) Strategi pemberdayaan yang paling dominan dalam program pemberdayaan yaitu strategi promosi dengan nilai sebesar 53,33%. Hal ini dikarenakan dengan dilakukannya promosi maka proses penjualan produk Herbalife dan proses untuk memberikan informasi mengenai Herbalife dapat berjalan dengan lancar dan baik; 4) Hasil strategi pemberdayaan dengan program Nutrition Club menunjukkan bahwa semua nilai x2 hitung masing-masing strategi > x2 tabel. Hasil strategi pemberdayaan dengan program pemberdayaan Langsung menunjukkan bahwa semua nilai x2 hitung masing-masing strategi < x2 tabel. Dan hasil dari strategi pemberdayaan dengan program pemberdayaan Online menunjukkan bahwa hanya pada strategi promosi berhubungan dengan program Online yang menghasilkan nilai x2 hitung sebesar 10,104; 5) Tingkat perubahan yang diraskaan masyarakat setelah mengikuti program pemberdayaan yaitu perubahan kesehatan dengan nilai perubahan 33,33% dan nilai perubahan ekonomi sebesar 40%; 6) Tingkat kesejahteraan yang diraskaan masyarakat setelah mengikuti program pemberdayaan yaitu kesejahteraan kesehatan dan ekonomi sebesar 40%. Saran yang dapat diberikan bagi penelitian tentang model pemberdayaan masyarakat dalam Nutrition Club ini adalah: 1) Diperlukan sosialisasi yang kuat mengenai program pemberdayaan masyarakat. Sosialisasi tersebut dalam bentuk informasi mengenai sistem Herbalife. Sosialisasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, cara tersebut diantaranya yaitu dengan metode Nutriton Club, Langsung, dan Online. Dengan memanfaatkan metode tersebut dengan baik maka hasil program pemberdayaan akan lebih baik lagi. selain itu metode tersebut untuk menemukan konsumen baru dalam hal mengikuti program pemberdayaan pada Nutrition Club TVC; 2) Strategi pemberdayaan pada program pemberdayaan harus lebih diperbaiki supaya kegiatan strategi pemberdayaan bisa membuat masyarakat lebih senang dengan produk-produk Herbalife. Sosialisasi program harus terus dilakukan supaya masyarakat mengetahui dengan jelas sistem Herbalife, promosi produk harus diakukan setiap hari, dan pelatihan mengenai Herbalife harus terus dilakukan supaya masyarakat mendapatkan perubahan yang diinginkan dalam kehidupanya.

English Abstract

Community Empowerment Program at Nutrition Club is one of the programs undertaken by members of Herbalife Members at a Nutrition Club place in order to build community independent, especially the Herbalife members this they would live healthy and active. Community empowerment plays an important role in the development of Nutrition Club or so called the healthy home. Community empowerment is a process to make people empower. Community capacity building is a form of development towards knowledge, attitudes and skills of the community in order to participate actively in carrying out this development independently and sustainably. This study aims to describe community empowerment programs, describe factors that influence community empowerment programs, describe community empowerment strategies, analyze the relationship between community empowerment programs and community empowerment strategies, and analyze the level of community change and analyze the level of community welfare in the Herbalife Nutrition Club. The research is qualitative research with that is used to determine the respondenis through survey. Data analysis used in this research is descriptive analysis and quantitative analysis by using analysis Chi-Square. The results of this study are: 1) Empowerment program found in Nutrition Club TVC is the empowerment program Nutrition Club, Direct, and Online. From the three programs that exist the empowerment program Nutrition Club is the most dominant with a value of 46.67%; 2) The factors that influence the most dominant empowerment program have an effect is internal factor that is age with value equal to 53,33% And external factor that is education condition with value equal to 46,67%; 3) The most dominant empowerment strategy in the empowerment program is promotion strategy with a value of 53.33%. This is because with the promotion of the Herbalife product sales process and the process of providing information about Herbalife can run smoothly and well; 4) The result of the empowerment strategy with the Nutrition Club program shows that all values of x2 count each strategy> x2 table. The results of the empowerment strategy with the Direct empowerment program show that all values of x2 count each strategy <x2 table. And the result of empowerment strategy with Online empowerment program shows that only on promotion strategy related to Online program that yield value x2 count equal to 10,104; 5) The level of change that people embraced after joining the empowerment program that is health change with the value of change 33.33% and the value of economic change by 40%; 6) The level of welfare in the community after joining the empowerment program is health and economic prosperity by 40%. Suggestions that can be given for research on community empowerment model in Nutrition Club are: 1) Needed strong socialization about community empowerment program. The socialization is in the form of information about the Herbalife system. Socialization can be done in various ways, such methods include the method of Nutriton Club, Direct, and Online. By utilizing these methods well then the results of the empowerment program will be even better. Other than that the method is to find new consumers in terms of following the empowerment program on the TVC Nutrition Club; 2) Empowerment strategies in empowerment programs should be improved so that empowerment strategy activities can make people more happy with Herbalife products. Socialization of the program should be continued so that people will be clear about the Herbalife system, product promotion must be done daily, and Herbalife training should be continued so that people will get the desired changes in their lives.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/493/051710680
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.1 General topics of social interaction > 302.14 Social participation
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 04 Dec 2017 03:16
Last Modified: 24 Nov 2020 16:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6366
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item