Permatasari, Nanda Octavia Fitri (2017) Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Rsi Hasanah Muhammadiyah Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja RSI Hasanah Muhammadiyah Mojokerto dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard. Dengan menggunakan Balanced Scorecard, pengukuran kinerja RSI Hasanah Muhammadiyah Mojokerto dibagi ke dalam empat perspektif, yakni perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pelanggan, dan perspektif keuangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer dan sekunder dari tahun 2013-2015. Hasil dari penelitian menunjukkan kinerja RSI Hasanah Muhammadiyah Mojokerto secara keseluruhan berada dalam kategori cukup. Pada perspektif keuangan menunjukkan hasil kinerja yang baik, yang ditunjukkan oleh peningkatan efisiensi dan ROI. Sedangkan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pelanggan menujukkan hasil kinerja yang cukup dan membutuhkan perbaikan pada beberapa aspek yaitu, turnover karyawan, BOR, ALOS, TOI, tingkat komplain, dan retensi pelanggan.
English Abstract
The aim of this research is to measure performance of Rumah Sakit Islam (Islamic Hospital) Hasanah Muhammadiyah Mojokerto through Balanced Scorecard. The measurement is divided into four perspectives: financial, learning and growth, , internal business proces, and customer perspective. This primary and secondary data of this research are derived from 2013 up to 2015. The results of the study show that RSI Hasanah Muhammadiyah Mojokerto in general has performed well. The financial perspective analysis shows a good results as indicated by the increase of efficiency and ROI. However, in terms of learning and growth, internal business process, and customer perspective, the Hospital is considered as performing adequately and thus needs some improvements in some aspects, especially employee turnover, BOR, ALOS, TOI, complain level, and customer retention.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2017/578/051710553 |
Uncontrolled Keywords: | Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Rumah Sakit, Performance Measurements, Balanced Scorecard, Hospital |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.8 Accounting for enterprises engaged in specific kinds of activities |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 04 Dec 2017 02:38 |
Last Modified: | 27 Nov 2020 03:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |