Pelaksanaan Program Layanan Rumah Sakit Keliling Guna Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Lampung (Studi Pada Dinas Kesehatan Provinsi Lampung)

Stiawan, Aqil (2017) Pelaksanaan Program Layanan Rumah Sakit Keliling Guna Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan di Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Lampung (Studi Pada Dinas Kesehatan Provinsi Lampung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan kewajiban bagi pemerintah untuk memenuhi tuntutan akan kebutuhan hidup warga negaranya baik itu berupa barang atau jasa. Seiring dengan berlakunya sistem desentralisasi dan otonomi daerah, memberikan peluang munculnya inovasi pelayanan publik di tiap-tiap daerah. Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Daerah Provinsi Lampung memberikan wewenang kepada Dinas Kesehatan Provinsi Lampung untuk mengeluarkan inovasi pelayanan kesehatan melalui Program Layanan Rumah Sakit Keliling Provinsi Lampung dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu di Tiga Kabupaten Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Lampung. Sasaran utama program ini adalah masyarakat dan puskesmas rawat inap di Tiga Kabupaten DOB Provinsi Lampung. Program Layanan Rumah Sakit Keliling Provinsi Lampung ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Lampung No. 16 Tahun 2013 Tentang Pedoman Mobile Clinic (Rumah Sakit Keliling) Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program layanan rumah sakit keliling dan mengidentifikasi faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaan program tersebut. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, maka jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Metode analisis data dilakukan mulai dari mencatat hasil catatan lapangan, mengumpulkan, memilah-milah, mengklariflkasikan, mensintesiskan, membuat ikhtisar dan membuat indeksnya dan membuat agar data itu mempunyai makna, mencari dan menemukan pola dan hubunganhubungan, dan membuat temuan-temuan umum. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pelaksanaan Program Layanan Rumah Sakit Keliling Provinsi Lampung terdapat empat unsur utama penyelenggaraan pelayanan publik yaitu penyedia layanan, penerima layanan, jenis layanan dan kepuasan pelanggan sehingga tujuannya adalah menyediakan pelayanan kesehatan yang bermutu. Faktor pendukung dari pelaksanaan program ini meliputi Pemerintah Provinsi Lampung Beserta Jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, beberapa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Lampung dan masyarakat di Tiga Kabupaten DOB Provinsi Lampung. Sedangkan faktor penghambat dari pelaksanaan program ini adalah akses jalan dan kondisi Geografis Profinsi Lampung, pencairan dana operasional rumah sakit keliling, kesiapan tenaga medis dan kesalahan informasi medis serta adanya ketimpangan antara tenaga medis dan jumlah pasien.

English Abstract

Implementation of public services is an obligation for the government to meet the demands for the needs of citizens of their country either in the form of goods or services. Along with the implementation of decentralization and regional autonomy system, it gives opportunity for public service innovation in every region. Based on this, the Provincial Government of Lampung Province authorized the Provincial Health Office of Lampung to issue innovative health services through Lampung Province Hospital Service Program in order to provide quality health services in the Three New Autonomous Region of Lampung Province. The main target of this program is the community and puskesmas inpatient in Three New Autonomous Region of Lampung Province. The Mobile Hospital Service Program Stated in Lampung Governor Regulation No. 16, 2013 About Mobile Clinic Guidelines (Mobile Hospital) Lampung Provincial Health Office. This research aims to describe the implementation of mobile hospital service programs and identify obstacles factors and supporting factors in the implementation of the program. In line with the objectives of the study, this research used descriptive qualitative approach. In data collection, researchers used observation, interview, documentation and triangulation techniques. The method of data analysis starts from recording the results of field notes, collecting, sorting, clarifying, synthesizing, creating an overview and indexing it and making it meaningful, searching and finding patterns and relationships, and making general findings. The results of this study showed that the Implementation of Mobile Hospital Service Program Lampung Province there are four main elements of the implementation of public services that is service providers, service recipients, service types and customer satisfaction so that the goal is to provide quality health services. Supporting factors from the implementation of this program include the Provincial Government of Lampung along with the Health Department of Lampung Province, several Regional General Hospital Lampung Province and communities in the Three Districts of Lampung Province. While the obstacles factors from the implementation of this program are road access and geographical conditions Lampung Province, disbursement of hospital operational funds, the readiness of medical personnel and medical information error and the imbalance between medical personnel and the number of patients.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/496/051706797
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Program, Pelayanan Publik, Mutu Layanan Kesehatan
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.6 Public administration of health services > 353.68 Health care facilities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Dec 2017 01:18
Last Modified: 01 Dec 2020 18:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6326
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item