Inovasi Pelayanan Publik Di Bidang Kesehatan Melalui Program Public Safety Center (PSC) Di Kabupaten Tulungagung

Saputri, Vindy Venythalista Ria (2017) Inovasi Pelayanan Publik Di Bidang Kesehatan Melalui Program Public Safety Center (PSC) Di Kabupaten Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik merupakan unsur paling penting untuk meningkatkan kualitas hidup sosial dalam masyarakat manapun. Untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas maka dibutuhkan sebuah inovasi. Kabupaten Tulungagung menerapkan beberapa inovasi program yaitu Tulungagung Emergency Medical Service (TEMS) dan program Instalasi Gawat Darurat Modern (INSTAGRAM) yang tergabung dalam satu sistem yang disebut Public Safety Center (PSC). Serta berintegrasi dengan beberapa sektor yaitu Dinas Kesehatan, Kapolres, Pemadam Kebakaran, Puskesman, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti inovasi pelayanan publik di bidang kesehatan melalui program Public Safety Center (PSC) Di Kabupaten Tulungagung serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan inovasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di Kabupaten Tulungagung dan situs dalam penelitian ini adalah RSUD dr. Iskak Tulungagung dan Dinas Kesehatan. Sumber data berasal dari data primer dan data skunder denggan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta instrument yang digunakan yaitu peneliti sendiri, pedoman wawancara, dan pedoman lainnya. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kabupaten Tulungagung memiliki Rumah Sakit Umum Daerah yaitu RSUD dr. Iskak Tulungagung. RSUD dr. Iskak Tulungagung telah membuat berbagai inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, inovasi tersebut yaitu inovasi panggilan gawat darurat dengan menggunakan call center dan inovasi IGD dengan menggunakan respons time. Untuk mendukung berjalannya inovasi maka Pemerintah Kabupaten Tulungagung mendukung sepenuhnya untuk berjalannya inovasi tersebut. Faktor pendorong yang mempengaruhi inovasi adalah terciptanya komitmen bersama antar sektor untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sedangkan faktor penghambat antara lain belum adanya persepsi dan pemikiran yang sama antar pemegang program, dan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang program inovasi yang dilaksanakan oleh RSUD dr. Iskak Tulungagung.

English Abstract

Public service is the most important element to improve the quality of social life in any society. To realize a quality of public service, it needs an innovation. Tulungagung Regency has implemented several program of innovations, namely Tulungagung Emergency Medical Service (TEMS) and the Modern Emergency Installation (INSTAGRAM) program incorporated in a system called Public Safety Center (PSC). As well as integrating with several sectors namely the Health Office, Kapolres, Firefighters, Health center, and Regional Countermeasures. This study purpose to examine the innovation of public services in the field of health through Public Safety Center (PSC) program in Tulungagung Regency, supporting factors and inhibiting factors. This research uses qualitative method with descriptive approach. The location of this research in Tulungagung Regency and the sites in this study are dr. Iskak Tulungagung hospital and Health Office. Source of data included primary and secondary, and these data were collected through interview, observation and documentation. Research instrument was the author, interview, and other guidance. This research used a model of Miles, Huberman and Saldana for data analysis. The results of this study indicate that Tulungagung Regency has a Regional General Hospital namely dr. Iskak Tulungagung hospital. dr.Iskak Tulungagung hospital has made various innovations to improve service to the society, the innovation is the emergency call that using call center and IGD innovation using by response time. To support the innovation, the Government of Tulungagung Regency fully supports the innovation. The supporting factors that influences innovation is the creation of mutual commitment among sectors to improve service to the society. While the inhibiting factors is have not the same perception and thinking among program holders, and there are still many people who don’t know about innovation programs implemented by dr. Iskak Tulungagung hospital.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/512/051706813
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan Publik, Pelayanan Kesehatan, Public Safety Center (PSC).
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.6 Public administration of health services
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 30 Nov 2017 03:44
Last Modified: 02 Dec 2020 16:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6277
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item