Analisis Pemungutan Pajak Reklame Serta Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Malang (Studi Pada Dinas Pandapatan Daerah Kota Malang)

Aisyah, Faridatul (2017) Analisis Pemungutan Pajak Reklame Serta Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Malang (Studi Pada Dinas Pandapatan Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan sumber pendpaatan daerah yang berasal dari kegiatan ekonomi daerah itu sendiri yang juga merupakan salah satu pilar kemandirian suatu daerah.Upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah salah satunya yaitu mengoptimalkan sumber daya daerah yang sudah ada, misalnya dengan mengoptimalkan penerimaan dari pajak daerah khususnya pajak reklame.Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui dan menganalisis laju pertumbuhan pajak reklame Kota Malang periode 2012 – 2015 2) Untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah Kota Malang selama periode 2012 – 2015 dan 3) Untuk menganalisis faktor penghambat serta mengetahui faktor pendukung dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota Malang dalam menanggulangi hambatan tersebut.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu : reduksi data,penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan maka kesimpulan hasil penelitian dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Mekanisme pemungutan pajak reklame di kota Malang dapat diketahui bahwa langkah awal yang dilakukan yaitu dengan melakukan pendaftaran dan pendataan. Wajib pajak berkewajiban menghitung, membayar, dan melaporkan sendiri pajak reklame yang terutang dengan menggunakan SPTPD. Wajib Pajak yang memenuhi kewajiban perpajakan sendiri harus mengisi SPTPD dengan jelas, benar, dan lengkap serta ditandatangani oleh Wajib Pajak atau kuasanya.Hasil analisis dapat diketahui bahwa selama 5 tahun dapat diketahui bahwa pada tahun 2012-2015 terjadinya peningkatan realisasi pajak , namun demikian kontribusi yang diberikan pajak reklame Kota Malang terhadap pajak daerah Kota Malang tahun 2013-2015 cenderung mengalami penurunan. Kontribusi yang diberikan sebesar 4,02%, 3,37%, 5,20% dan 4,60%. Kriteria kontribusi setiap tahun yaitu berada di range kontribusi sangat kurang.Faktor pendukung penerimaan pajak reklame di Kota Malang yaitu meliputi 1) Sarana dan Prasarana, adanya sarana yang representatif dan nyaman untuk melakukan aktivitas kerja dan adanya dukungan data penerimaan pajak sudah berbasis komputerisasi semua. 2) Sistem informasi yang mendukung yaitu dengan adanya sistem IT yang telah diterapkan DISPENDA Kota Malang dalam pengelolaan Pajak Daerah khususnya Pajak Reklame adalah SIMPATDA (Sistem Manajemen Pajak Daerah Antar Bidang), dan E-Tax (Elektronik Tax). 3) Kondisi perekonomian yang semakin membaik yaitu dengan perekonomian masyarakat yang membaik maka daya konsumsi masyarakat akan meningkat pula hal ini membuka peluang usaha yang dilakukan oleh berbagai jenis usaha sehingga peningkatan potensi pada sektor ini dapat terwujud. Faktor Penghambat yaitu meliputi 1) rendahnya kesadaran wajib pajak yaitu ditunjukkan dengan rendahnya kesadaran wajib pajak untuk memenuhi ketentuan perpajakan yang telah ditetapkan serta tidak pernah mengalami permasalahan hukum terkait dengan masalah pajak. 2) Kualitas Aparatur Dispenda Kota Malang sehingga dalam menjalankan tugas atau pekerjaan belum sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

English Abstract

Ravenue is a source of regional exposure derived from the economic activities of the region itself which is also one of the pillars of independence of a region. Efforts to increase local revenue one of them is to optimize the existing regional resources, for example by optimizing the revenue from tax Especially the advertisement tax. The purpose of this study are 1) To know and analyze the growth rate of advertisement tax of Malang City period 2012 - 2015 2) To know and analyze advertisement tax contribution to local revenue of Malang City during period 2012- 2015 and 3) To analyze Factors inhibiting and knowing the supporting factors and efforts undertaken by Malang city government in tackling the obstacles tersebut.Kenis research used in this research is descriptive research with qualitative approach and three flow of activities that occur simultaneously namely: data reduction, analysis data, withdrawal / verification. Results of data analysis and discussion that has been done then the conclusion of research results can be described as follows: 1) Mechanism of tax advertisement collecting in Malang city can be known that the initial step is done by registration and data collection. The taxpayer is obligated to calculate, pay, and self-report the indebted tax bill by using SPTPD. Taxpayers who fulfill their own tax obligations must fill SPTPD clearly, correctly, and completely and signed by the Taxpayer or their proxy. The analysis results can be seen that for 5 years it can be seen that in 2012-2015 the increase in tax realization, however the contribution Given tax bill of Malang City to Malang area tax year 2013-2015 tend to decrease. Contribution of 4.02%, 3.37%, 5.20% and 4.60%. Contribution criteria every year that is in the range of contribution is very less. Supporting factors of advertisement tax acceptance in Malang City include 1) Facilities and Infrastructure, the presence of representative and comfortable facilities to perform work activities and the existence of data acceptance tax has been computerized all. 2) Information systems that support the existence of IT systems that have been applied DISPENDA Malang City in the management of local taxes, especially tax advertisement is SIMPATDA (Regional Tax Management System Inter-Field), and E-Tax (Electronic Tax). 3) Improved economic condition that is with improving society's economy, people's consumption power will increase also this opens up business opportunities undertaken by various types of business so that the potential increase in this sector can be realized. Inhibiting factors include 1) the low awareness of the taxpayer is indicated by the low awareness of the taxpayer to meet the provisions of taxation that has been established and never experienced legal issues related to tax issues. 2) Quality Apparatus Dispenda Malang so that in carrying out the task or job not in accordance with the provisions that have been determined.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1096/051711867
Uncontrolled Keywords: Pajak Reklame dan Pendapatan Asli Daerah
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.201 Taxes by governmental level > 336.201 4 Local taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Nov 2017 02:38
Last Modified: 10 Apr 2023 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6255
[thumbnail of FARIDATUL AISYAH.pdf] Text
FARIDATUL AISYAH.pdf

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item