Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Citra Perusahaan dan Dampaknya Pada Minat Menjadi Nasabah BRI (Survey Pada Pengunjung Alun-Alun Kota Malang)

Salim, Achmad (2017) Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Citra Perusahaan dan Dampaknya Pada Minat Menjadi Nasabah BRI (Survey Pada Pengunjung Alun-Alun Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan: (1) pengaruh corporate social responsibility terhadap citra perusahaan; (2) pengaruh corporate social responsibility terhadap minat menjadi nasabah BRI; (3) pengaruh citra perusahaan tehadap minat menjadi nasabah BRI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 118 responden yang merupakan pengunjung alun-alun kota Malang dengan menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Corporate Social Responsibility (X) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Citra Perusahaan (Z) dibuktikan dengan nilai probalitias yang lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,001 (0,001 < 0,005) dan nilai R square sebesar 0,307 yang menunjukkan bahwa kontribusi variabel corporate social responsibility terhadap citra perusahaan adalah sebesar 30,7%, (2) Corporate Social Responsibility (X) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Minat Menjadi Nasabah BRI (Y) dibuktikan dengan nilai probalitias yang lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,007 (0,007 < 0,005) dan nilai R square sebesar 0,235 yang menunjukkan bahwa kontribusi variabel corporate social responsibility terhadap citra perusahaan adalah sebesar 23,5%, (3) Citra Perusahaan (Z) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Minat Menjadi Nasabah BRI (Y) dibuktikan dengan nilai probalitias yang lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 (0,000 < 0,005) dan nilai R square sebesar 0,378 yang menunjukkan bahwa kontribusi variabel corporate social responsibility terhadap citra perusahaan adalah sebesar 37,8%.

English Abstract

This study aims to analyze and explain: (1) the influence of corporate social responsibility to the company's image; (2) the influence of corporate social responsibility to the intentions to Becomes a BRI customer; (3) the influence of corporate image to the intentions to Becomes a BRI customer. This research uses explanatory research with quantitative approach. The sample was 118 respondents who were visitors of Alun-alun Malang by using purposive sampling. The data collection methods that used in this research was a questionnaire. Analysis of the data used in this research is descriptive analysis and path analysis. The result of this research shows that: (1) Corporate Social Responsibility (X) has significant and positive impact on the Company’s Images (Z) evidenced by probability value that less than 0,05, which is 0,001 (0,001 < 0,005) and the 0,307 R square value indicates that the contribution of corporate social responsibility to the company’s images is 30.7%, (2) Corporate Social Responsibility (X) has significant and positive impact on the Intention to Becomes a BRI Customer (Y) evidenced by probability value that less than 0.05 (0.007 <0.005) and the 0,235 R square value indicates that the contribution of corporate social responsibility to the corporate image is of 23.5%, (3) Corporate image (Z) has significant and positive impact on the Intention to becomes BRI customer (Y) evidenced by probability value that less than 0,05, which is 0.000 (0.000 <0.005) and the 0,378 R square value indicates that the contribution of corporate social responsibility to the company's image is at 37.8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1101/051711872
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Citra Perusahaan dan Minat Beli
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Nov 2017 00:59
Last Modified: 16 Oct 2020 02:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6229
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item