Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi (Studi pada Karyawan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk [Bank Jatim cabang Malang])

Sari, Retno Puspita (2017) Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi (Studi pada Karyawan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk [Bank Jatim cabang Malang]). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pelaksanaan CSR internal guna meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen organisasi karyawan. Perusahaan dalam melaksanakan kegiatan CSR tidak lagi hanya berfokus pada stakeholder eksternal akan tetapi juga kepada stakeholder internal yakni, seluruh masyarakat yang terlibat di dalam perusahaan salah satunya karyawan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pengembangan, pemberian gaji/tunjangan/bonus pada karyawan, promosi jabatan dan aspek sosial CSR lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Aspek Sosial Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kepuasan kerja, mengetahui pengaruh Aspek Sosial Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap komitmen organisasi dan mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dan sesuai dengan penemuan di lapangan sampel yang digunakan berjumlah 53 orang. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan Bank Jatim cabang Malang yang bertempat di Jl. Jaksa Agung Suprapto no 26-28. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Sumber data diperoleh dari data primer dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan software SPSS for windows versi 16.0. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa Aspek Sosial CSR, Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi karyawan pada Bank Jatim cabang malang berada pada kategori baik. Analisis secara inferensial menunjukkan Aspek Sosial Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja. Aspek Sosial Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Komitmen Organisasi. Kepuasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Komitmen Organisasi. Aspek Sosial Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh secara tidak langsung terhadap Komitmen Organisasi melalui mediasi Kepuasan Kerja.

English Abstract

This research was based on the importance of the internal CSR implementation in order to boost the Job Satisfaction and the organizational commitment of the employee. Nowadays, in order to implement the CSR activity, a company is not only focusing on the external stakeholder, but also the internal stakeholders whose have their involvement in the company’s business process such as the employees. This kind of CSR implementation can be exercised by giving some training and development activities, the improvement on the compensation and benefit aspect, the career promotion and also the other aspect of CSR. This study aimed to determine the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) on Job Satisfaction, to know the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) on Organizational Commitment and to know the effect of Job Satisfaction on Organizational Commitment. The method of this research eksplanative with the quantitative approach. The sampling method used in this research is the nonprobability sampling and according to the finding in the field of samples used amounted to 53 employees. The respondent of this research are the employee of Bank Jatim branch office Malang which is located in Jl. Jaksa Agung Suprapto 26-28. The measurement scale used in this research is likert scale. The data was obtained from primary data by questionare and documentation. This research uses path analysis by SPSS Software for Windows version 16.0. The descriptive result showed that the Social Aspect of the CSR, Job Saatisfaction and Organizational Commitment to Bank Jatim, Malang branch, is in a good category. The inferencial result showed that the Social Aspect of the CSR has a significant influence to Job Satisfaction. The result of this research shows that the Social Aspect of the CSR doesn’t have significant effect towards the Organizational Commitment but on the other hand, the Job Satisfaction does have significant effect towards Organizational Commitment. The Social Aspect of the CSR does have the indirect effect towards the Organizational Commitment by means of the Job Satisfaction

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/486/051706429
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Kepuasan Kerja dan Komitmen
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.408 Social responsibility of executive management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Nov 2017 01:35
Last Modified: 21 Oct 2024 08:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6150
[thumbnail of Retno Puspita Sari.pdf] Text
Retno Puspita Sari.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item