Penerapan Standar Perpustakaan Sekolah Berdasarkan SNI 7329:2009 (Studi pada Perpustakaan MTsN Jambewangi dan Perpustakaan SMPN 1 Kesamben)

Hidayah, Anifatul (2017) Penerapan Standar Perpustakaan Sekolah Berdasarkan SNI 7329:2009 (Studi pada Perpustakaan MTsN Jambewangi dan Perpustakaan SMPN 1 Kesamben). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaansekolah mempunyai peran penting dalam meningkatkan mutu belajar mengajar di sekolah. Agar peranan perpustakaan tercapai dan tujuan pendirian perpustakaan terlaksana dengan baik, maka perpustakaan harus mempunyai acuan dalam pengelolaan perpustakaan. Salah satu acuannya adalah SNI 7329:2009. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisi penerapan SNI 7329:2009 tentang Perpustakaan Sekolah di perpustakaan MTsN Jambewangi dan perpustakaan SMPN 1 Kesamben, serta membandingkan analisi komparatif penerapan SNI 7329:2009 di perpustakaan MTsN Jambewangi dan perpustakaan SMPN 1 Kesamben, serta faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan SNI 7329:2009 di perpustakaan MTsN Jambewangi dan SMPN 1 Kesamben. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif Miles and Hubermen dan Saldana, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Perpustakaan MTsN Jambewangi dalam Penerapan SNI dikatakan sudah baik. Dari 11 indikator SNI yang diteliti, perpustakaan MTsN Jambewangi memenuhi 8 indikator, yaitu koleksi, pengolahan bahan pustaka, perawatan, penyelenggaraan perpustakaan, ruang, anggaran, teknologi informasi dan komunikasi serta kerjasama. 3 indikator lain yang belum terpenuhi adalah sumberdaya manusia, layanan, dan perabot dan peralatan. Sedangkan penerapan SNI 7329:2009 di perpustakaan SMPN 1 Kesamben juga bias dikatan baik.Dari 11 indikator yang diteliti, perpustakaan SMPN 1 Kesamben juga memenuhi 8 indikaor. Namun ada perbedaan indikator yang terpenuhi antara perpustakaan MTsN Jambewangi dan SMPN 1 Kesamben.8 indikator yang terpenuhi di perpustakaan SMPN 1 Kesamben adalah koleksi, perawatan koleksi, penyelenggaraan perpustakaan, ruang, perabot dan peralatan, anggaran, teknologi informasi dan komunikasi, serta kerjasama. 3 indikator yang belum terpenuhi adalah pengolahan perpustakaan, sumber daya manusia, dan layanan perpustakaan. Faktor pendukung penerapan SNI 7329:2009 di kedua perpustakaan tersebu tadalah partisipasi dari siswa dan guru dalam penggunaan perpustakaan viii sebagai media pembelajaran, kerjasama yang dijalin, baik internal maupun eksternal. Sedangkan untuk factor penghambat di kedua perpustakaan tersebut adalah minimnya dana untuk pengembangan perpustakaan, dan sumber daya yang ahli di bidang perpustakaan sangat minim.

English Abstract

School library has significant roles in improving the quality of learning process. To achieve the role of the library and objectives of the library done well, library have to reference in management of libraries.One of this isSNI 7329:2009. The purpose of this research is to describe and analyze the application of SNI 7329:2009 about the school library in the library of MTsN Jambewangi and library ofSMPN1 Kesamben, and comparative analyze the application of SNI 7329:2009 in the library ofMTsN Jambewangi and library ofSMPN 1 Kesamben, well as the barrier and supporters in the application of SNI 7329:2009 in the library ofMTsN Jambewangi and library of SMPN 1 Kesamben. This research using descriptive with a qualitative approach.Analysis of data used the research is interactive data analysis by Miles and Hubermen and Saldana, the data collection, condensation data, display data, and conclusion or verifying data. The libraryof MTsN Jambewangi in the application of SNIis good. 11 indicators of SNI, the library of MTsN Jambewangi have fullfiled8 indicators, the collection, management of library, maintenance of library materials, space, budget, processing material, information technology and communication, and cooperation.3 other indicators that have not fullfiled yet are human resources, service, and tools and equipment. Meanwhile the application of SNI 7329:2009 in the library of SMPN 1 Kesambenis good too. From 11 indicators of SNI 7329:2009, the library of SMPN 1 Kesambenfullfiled 8 indicators.But there is a difference between those fullfiled indicators at library of MTsN Jambewangi and library of SMPN 1Kesamben. 8 indicators is fulfilled in the library ofSMPN 1 Kesamben is a collection, maintenance of library materials, management of library, space, and tools and equipment, budget, information technology and communication,and cooperation.3 indicators that have not fullfiled at library ofSMPN 1 Kesamben, human resources, processing material,and library services.Supporters factors the application of SNI 7329:2009 in both the library are participation of students and teachers using the library as a medium learning, cooperation with internal and external of library.Meanwhile barrier factors in both the library are lack budget to development of the library, and lack human resources who are experts in the library sciense.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/520/051706821
Uncontrolled Keywords: SNI 7329:2009, Perpustakaan Sekolah
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 027 General libraries, archives, information centers > 027.8 School libraries
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Nov 2017 07:53
Last Modified: 19 Apr 2022 01:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6138
[thumbnail of ANIFATUL HIDAYAH.pdf] Text
ANIFATUL HIDAYAH.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item