Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Mendidik Karakter Siswa Pada Drama Gokusen Season 3 Karya Sutradara Sato Toya.

Mufidah, Nur Imroatul (2017) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Mendidik Karakter Siswa Pada Drama Gokusen Season 3 Karya Sutradara Sato Toya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pentingnya pendidikan karakter pada diri siswa menuntut guru agar memiliki kompetensi kepribadian yang baik sehingga dapat dicontoh dan dijadikan teladan oleh siswanya. Hal ini dikarenakan guru memiliki kewajiban untuk membentuk karakter siswa. Contohnya, kompetensi kepribadian guru yang tercermin pada drama Gokusen season 3 karya sutradara Sato Toya. Dalam drama tersebut diceritakan bagaimana Yamaguchi Sensei dapat merubah sikap dan perilaku buruk para siswa kelas 3D menjadi siswa yang bersikap baik dan penurut. Oleh karena itu, dengan eratnya hubungan antara kompetensi kepribadian guru dengan pendidikan karakter siswa, peneliti mengadakan studi tentang pengaruh kompetensi guru dalam mendidik karakter siswa pada drama Gokusen season 3 karya sutradara Sato Toya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk membahas 3 fokus penelitian yaitu 1) Kompetensi kepribadian guru yang dimiliki Yamaguchi Kumiko, 2) Nilai-nilai karakter pada siswa kelas 3D Akadou Gakuin dan 3) Pengaruh kompetensi kepribadian guru yang dimiliki Yamaguchi Kumiko dalam mendidik karakter siswa kelas 3D Akadou Gakuin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teori yang peneliti jadikan acuan adalah 1) Teori Arifin, Rochmad dan Gunawan mengenai kompetensi kepribadian guru, 2) Teori Mulyadi mengenai nilai-nilai karakter siswa dan 3) Teori Rochmad dan Gunawan mengenai pengaruh kompetensi kepribadian guru. Hasil studi menunjukkan bahwa : 1) Kompetensi kepribadian dalam diri Yamaguchi sensei meliputi kepribadian yang bertindak sesuai norma sosial, pribadi yang bertindak adil, bersemangat dan pantang menyerah, sabar dan bijaksana, tegas dan berwibawa, percaya diri, bertanggung jawab, memiliki etos kerja, dan menjunjung kode etik profesi guru. 2) Nilai karakter pada siswa kelas 3D meliputi karakter yang berani, pantang menyerah, jujur, tanggung jawab, riang, pandai berterima kasih, tidak egois, tolong-menolong, peduli, menemukan esensi kebahagiaan sebagai manusia, gotong royong dan menepati janji. 3) Dari 12 kompetensi guru yang ditemukan, semuanya memiliki pengaruh dalam mendidik karakter siswa. Pengaruh tersebut merupakan pengaruh positif , siswa kelas 3D Akadou Gakuin pada awalnya merupakan siswa yang berkelakuan buruk, berubah menjadi siswa yang berkelakuan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/369/051705551
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian, Pendidikan Karakter, Drama Jepang
Subjects: 700 The Arts > 777 Cinematography and videography > 777.7 Animation
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jul 2017 07:55
Last Modified: 04 Dec 2020 08:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/607
[thumbnail of bagian depan.pdf] Text
bagian depan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item