Yuniar, Lia (2017) Strategi Inovasi Pelayanan Berbasis Teknologi Telematika Oleh PT Pos Indonesia (Persero). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam dunia modern, inovasi merupakan tantangan besar bagi setiap organisasi termasuk penyedia layanan publik. Dibutuhkan strategi menyusun inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. PT Pos Indonesia sebagai salah satu BUMN tertua di Indonesia sebagai penyedia pelayanan jasa harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggannya dengan memperbaharui dan menciptakan inovasi baru. Penurunan drastis pendapatan terjadi akibat berkembangnya teknologi telematika yang menggantikan peran surat pos juga menjamurnya bisnis swasta sebagai pesaing PT Pos Indonesia. Hal ini juga berdampak pada Kantor Pos Besar Kota Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan analisa pendekatan kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah strategis PT Pos Indonesia dalam pelayanan berbasis teknologi telematika dan faktor-faktor penghambat dan pendukung penerapan inovasi pada pelayanan berbasis teknologi telematika oleh PT Pos Indonesia. Pada PT Pos Indonesia, diterapkan tipe resource strategy dan program strategy, dimana pada resource strategy-nya adalah peluncuran aplikasi KantorPos Mobile yang dapat diunggah secara resmi oleh pengguna smartphone di Google Store dan untuk program strategy-nya adalah PT Pos Indonesia menjadi pemain dalam bisnis e-commerce yang bernama PlazaPos.com. Kedua strategi tersebut peneliti menilai belum memenuhi kebutuhan pelanggan dan kurang dapat memanfaatkan peluang juga kurang memanfaatkan kelebihan dan sumber daya yang dimiliki PT Pos Indonesia. PT Pos Indonesia seharusnya mengeluarkan aplikasi untuk smartphone dengan kegunaan yang berbeda dengan sekarang karena JNE sudah lebih dulu meluncurkan produk serupa dan kebutuhan pelanggan untuk kemudahan pembayaran seperti rekening listrik, PDAM, dan lain-lain adalah seharusnya diwujudkan. Untuk PlazaPos.com adalah layanan belanja online yang serupa dengan kebanyakan penyedia jasa e-commerce, PT Pos Indonesia seharusnya lebih memanfaatkan bagaimana pengiriman barang belian pelanggan dari para pembisnis e-commerce dengan memanfaatkan kekuatan logistiknya dan yang didukung dengan jangkauan luasnya di seluruh Indonesia. Kata Kunci :Strategi Inovasi, Inovasi Pelayanan Publik
English Abstract
In the modern world, innovation is a major challenge for any organization, including public service providers. Draw up innovation strategies needed to improve quality of service. PT Pos Indonesia as one of the state's oldest in Indonesia as a provider of services must provide superior service to its customers by updating and creating new innovations. Drastic decline in revenue caused by the development of telematics technology that replaces the role of postal mail are also mushrooming of private business as a competitor PT Pos Indonesia. It also affects the Post Office Malang. This research is a descriptive study using a qualitative analysis approach. The focus of this research is the strategic PT Pos Indonesia in telematics technology-based services and the factors inhibiting and supporting the implementation of innovation in technology-based telematics services by PT Pos Indonesia. PT Pos Indonesia, applied to the type of resource strategy and program strategy, where the resource strategy-it is launching an application post office Mobile that can be uploaded officially by smartphone users in the Google Store and for program strategy his PT Pos Indonesia to be a player in the business of e - commerce named PlazaPos.com. Both of these strategies researchers assessed not meet customer needs and less able to take advantage of opportunities made little use of the advantages and resources owned by PT Pos Indonesia. PT Pos Indonesia should issue an application for smartphones with different uses by now because JNE had already launched similar products and customer needs for ease of payment like electricity bills, taps, and others are supposed to be realized. To PlazaPos.com is an online shopping service which is similar to most of the e-commerce service provider, PT Pos Indonesia should better utilize what customers purchase goods delivery of the pembisnis ecommerce by leveraging the power of logistics and supported by the breadth of reach throughout Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/1080/051711717 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Inovasi, Inovasi Pelayanan Publik |
Subjects: | 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.7 Public administration of commerce, communications, transportation > 354.75 Communications > 354.759 Postal service |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 27 Nov 2017 08:01 |
Last Modified: | 15 Nov 2020 13:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6063 |
Actions (login required)
View Item |