Sosialisasi Penerapan E-Filing Dalam Rangka Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu).

Apriandavo, Jovian Arasy (2017) Sosialisasi Penerapan E-Filing Dalam Rangka Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Demi tercapainya penerimaan pajak, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak melakukan inovasi terbaru memberikan pelayanan sekaligus pengawasan dengan cara yang berbeda setiap tahun kepada wajib pajak, agar menghitung dengan benar dan melaporkan besarnya pajak yang harus dibayar melalui sarana atau formulir yang bernama SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) yang telah disediakan oleh DJP. Salah satu perubahan yang dilakukan adalah dengan melakukan perbaikan proses bisnis yaitu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan menerapkan sistem e-filing. Melalui keputusan Direktur Jenderal Pajak nomor Kep-88/PJ/2004 pada bulan mei tahun 2004 secara resmi diluncurkan produk e-filing. Tepatnya pada tanggal 24 januari 2005 bertempat dikantor Kepresidenan, presiden Republik Indonesia bersama dengan Direktorat Jendereal Pajak meluncurkan produk E-filing atau electronic filing system. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data yang digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara kepada wajib pajak orang pribadi serta kepada pihak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Batu. Data sekunder berupa data realisasi penerimaan pajak tahun 2014-2016 dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Batu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara yang dilakukan oleh pejabat pajak dalam mensosialiasasi kan e-filing, untuk mengetahui tingkat kepatuhan serta kendala setelah adanya layanan e-filing ini. Hasil penelitian yaitu wajib pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Batu sebagian besar sudah beralih menggunakan layanan e-filing dan perilaku tersebut sangat berpengaruh terhadap penerimaan pajak Kota Batu serta perilaku tersebut menunjukan bahwa dapat meningkatkan kepatuhan melalui meningkatnya angka penyampaian SPT Tahunan wajib pajak orang pribadi. Namun terdapat kendala dalam pelaksanaan e-filing baik kurangnya pengetahuan wajib pajak maupun jaringan internet yang kurang memadai.

English Abstract

For the sake of the achievement of tax revenue, the government through the Directorate General of Taxes to innovate the latest provide services as well as supervision in a different way every year to the taxpayer, to calculate correctly and report the amount of tax to be paid through means or forms called SPT (Annual Tax Return) Which has been provided by the DGT. One of the changes made is to make improvements in business processes that utilize information and communication technology by applying the e-filing system. Through the decision of the Director General of Taxes number Kep-88 / PJ / 2004 in May 2004 was officially launched e-filing products. Precisely on 24 January 2005 at Presidential office, the President of the Republic of Indonesia together with the Directorate General of Taxation launched E-filing or electronic filing system. The research method used is descriptive method with qualitative approach and the data used is primary data in the form of interviews to individual taxpayers as well as to the Tax Office Pratama Batu City. Secondary data in the form of data realization of tax revenue in 2014-2016 from the Tax Office Pratama Batu City. The purpose of this study is to find out how the tax officials in socializing e-filing, to know the level of compliance and obstacles after the e-filing service. The results of the taxpayers registered in the Tax Office Pratama Batu City most have been switching to using the service ¬-filing and the behavior is very influential on tax revenue Batu City as well as the behavior shows that can improve compliance through increasing the rate of tax return Annual taxpayer Person. But there are obstacles in the implementation of efiling both the lack of knowledge of taxpayers and the Internet network is not adequate.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1014/051710456
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi Pajak, E-filing, Wajib Pajak.
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.24 Income taxes > 336.241 General topics of income taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Nov 2017 06:27
Last Modified: 21 Sep 2020 02:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6034
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item