Proses Inovasi Pelayanan Kesehatan Bagi Penderita Gizi Buruk (Studi Kasus Pada Rumah Pemulihan Gizi Kabupaten Situbondo Jawa Timur)

Syafhan, Shofiasari (2017) Proses Inovasi Pelayanan Kesehatan Bagi Penderita Gizi Buruk (Studi Kasus Pada Rumah Pemulihan Gizi Kabupaten Situbondo Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah Pemulihan Gizi merupakan inovasi pelayanan kesehatan yang menjadi pusat rehabilitasi gizi dengan pelayanan gizi secara komprehensif terhadap balita gizi buruk maupun gizi kurang, gangguan kekurangan yodium serta permasalahan gizi berdasarkan kondisi individual anak, keluarga dan masyarakat dalam rangka meningkatkan status gizi masyarakat. Rumah Pemulihan Gizi dibuat secara khusus untuk anak-anak atau balita dengan gizi buruk yang memiliki penyakit bawaan. Keluaran dari Rumah Pemulihan Gizi Kabupaten Situbondo yaitu meningkatkan prosentasi balita gizi buruk mendapatkan perawatan, menurunkan pravelensi Kurang Energi dan Protein (KEP), dan menekan angka balita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses inovasi pelayanan kesehatan pada Rumah Pemulihan Gizi di Kabupaten Situbondo dan untuk menganalisa faktor-faktor yang mendorong dan menghambat inovasi pelayanan kesehatan di Rumah Pemulihan Gizi Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan studi kasus tunggal digunakan untuk menjelaskan dan menganalisis proses inovasi pelayanan kesehatan di Rumah Pemulihan Gizi Kabupaten Situbondo. Wawancara dilakukan dengan Ketua Pengurus Harian, Petugas Administrasi, Petugas Ahli Gizi, PJ Deteksi Dini dan Tumbuh Kembang, PJ Psikologi, PJ Akupresur dan Akupuntur, PJ Keperawatan, PJ Konseling dan PMBA. Teknik analisis ekplanasi dari Yin (1963) untuk analisis kasus inovasi pelaksanaan inovasi pelayanan kesehatan di Rumah Pemulihan Gizi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses inovasi pelayanan kesehatan di Rumah Pemulihan Gizi dimulai dari proses identifikasi, proses penciptaan ide, proses pengembangan ide, proses implementasi mengenai pengukuran antropometri, pemeriksaan medis, konsultasi, akupresur, akupuntur, pemberian asupan makanan bergizi dan obat, proses monitoring dan evaluasi, hingga proses penyebaran pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik. Faktor-faktor yang mendorong inovasi pelayanan kesehatan di RPG terdiri dari faktor internal dan eksternal yaitu faktor kepemimpinan, lingkungan kerja, dan pemerintah serta lintas sektor yang memberikan dukungan materil dan non materil. Saran untuk Rumah Pemulihan Gizi dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan yaitu diperlukan untuk menambah sumberdaya manusia yang bekerja di RPG, dan untuk mengatasi pasien yang hanya datang satu kali dibutuhkan jadwal minimal kunjungan untuk pasien.

English Abstract

Rumah Pemulihan Gizi is an innovation of health service which become nutrition rehabilitation center with comprehensive nutrition service to malnourished and under-nutrition children, iodine deficiency disorder and nutrition problem based on individual condition of children, family and society in order to improve nutritional status of society. This inovation is made specifically for children or toddlers with malnutrition who have congenital diseases. Output from this innovation of Situbondo Regency is to increase the percentage of malnourished children under five get treatment, decrease peperence of Protein Energy Malnutrition (PEM), and to shorten the number of stunting. This study aims to analyze the innovation process of health services at Rumah Pemulihan Gizi in Situbondo Regency and to analyze the facilitators and barriers innovation within Rumah Pemulihan Gizi. This study used a single case study used to describe and analyze the innovation process of health services in the Nutrition Recovery Home of Situbondo Regency. Interviews were conducted with Chief Executive Officer, Administration Officer, Nutrition Officer, Early Detection and Growth Officer, Psychologist, Acupressure and Acupuncture officer, nurse, counseling officer. The explanatory analysis technique from Yin (1963) for case analysis of innovation of the implementation of health service innovation in Rumah Pemulihan Gizi. The results showed the innovation of health services at Rumah Pemulihan Gizi starts from the process of identification, the process of idea creation, idea development process, implementation process of anthropometric measurement, medical examination, consultation, acupressure, acupuncture, intake of nutritious food and medicine, monitoring and evaluation process, until the process of dissemination of learning has been well implemented. Factors that facilitates the success of health service innovation in Rumah Pemulihan Gizi consist of internal and external factors that are leadership, work environment, and government and cross-sector that provide material and non material support.The finding suggestions for Rumah Pemulihan Gizi in the execution of health care that is needed to increase the human resources working in the RPG, and to cope with patients who only comes one time it takes a minimal schedule visits for the patient.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/510/051706811
Uncontrolled Keywords: Proses inovasi Pelayanan Kesehatan, Gizi Buruk, Rumah Pemulihan Gizi
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.6 Public administration of health services
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Nov 2017 04:09
Last Modified: 27 Nov 2020 13:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6023
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item