Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Program Pelayanan “Lahir Procot Pulang Bawa Akta” Untuk Meningkatkan Kinerja Aparatur (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi)

Fitriafani, Dyah Ajeng (2017) Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Program Pelayanan “Lahir Procot Pulang Bawa Akta” Untuk Meningkatkan Kinerja Aparatur (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akta kelahiran merupakan dokumen resmi yang bersifat penting sebagai identitas warna negara. Proses permohonan pembuatan akta kelahiran sering ditandai dengan penyelewengan yang dilakukan oleh aparatur pemberi pelayanan sehingga menyebabkan masyarakat enggan melakukan permohonan pembuatan akta kelahiran. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membuat suatu terobosan program pelayanan yang bernama “Lahir Procot Pulang Bawa Akta” untuk mengatasi permasalahan tersebut. Program pelayanan “Lahir Procot Pulang Bawa Akta” adalah program percepatan penerbitan akta kelahiran secara gratis dan berbasis online bagi bayi yang baru lahir sehingga mampu memberikan kepuasaan bagi masyarakat dan dapat meningkatkan kinerja aparatur pemberi pelayanan. Penelitian ini dilakukan pada pelaksanaan indeks kepuasan masyarakat dalam program pelayanan “Lahir Procot Pulang Bawa Akta” untuk meningkatkan kinerja aparatur di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Analisis pada penelitian ini memfokuskan pada pelaksanaan indeks kepuasan masyarakat yang ditinjau dari indikator persyaratan pelayanan, prosedur pelayanan, waktu pelayanan dan biaya pelayanan, peningkatan kinerja aparatur yang ditinjau dari indikator produktivitas, kualitas pelayanan dan kemampuan aparatur, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat indeks kepuasan masyarakat dalam program pelayanan “Lahir Procot Pulang Bawa Akta” untuk meningkatkan kinerja aparatur. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini yaitu indeks kepuasan masyarakat dalam program pelayanan “Lahir Procot Pulang Bawa Akta” menunjukkan hasil yang baik apabila ditinjau dari indikator persyaratan pelayanan, prosedur pelayanan dan biaya pelayanan. Sementara apabila ditinjau dari indikator waktu pelayanan menunjukkan hasil yang buruk. Peningkatan kinerja aparatur dapat ditinjau dari indikator produktivitas, kualitas pelayanan dan kemampuan aparatur. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam penelitian ini. Adapun faktor pendukung yang mempengaruhi yaitu: adanya kemauan atau komitmen aparatur, regulasi, standar operasional prosedur (SOP), kerjasama antar stakeholders serta sarana dan prasarana yang memadai. Sementara faktor penghambat yang mempengaruhi meliputi: kurangnya partisipasi masyarakat, waktu penyelesaian pelayanan yang tidak tepat waktu dan kurangnya keterbukaan informasi.

English Abstract

Birth certificate is official document that important as identity of citizen. The process of making appeal birth certificate often marked with deviation that doing by servicer apparatus and induce people reluctant in made appeal birth certificate. The government of Banyuwangi district make a penetration of service program named “Lahir Procot Bawa Akta” to handle that problem. Service program “Lahir Procot Bawa Akta” is acceleration program making birth certificate free and online based that expected can give satisfaction to people who used it and can increase performance of servicer apparatus. This research was conducted in organizer public satisfaction index in service program “Lahir Procot Bawa Akta” to increased performance of apparatus in Dinas Kependudukan danPencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi. This research used qualitative method research with descriptive approach. The analysis in this research focused on organizer public satisfaction index reviewed from service procedure aspect, service regulations, service rapidity and certainty of service charge, improved apparatus performance that reviewed from productivity aspect, quality of service and apparatus ability, and some factors that supported and hamper public satisfaction index in service program “Lahir Procot Bawa Akta” to increase apparatus performance. The data was collected by interview, observation, and secondary data. The result of the research is public satisfaction index in service program “Lahir Procot Bawa Akta” indicates a good result if evaluated from procedure aspect of service, service regulations and certainty of service charge. However, if reviewed from service rapidity, was indicated a bad result. Increasing of apparatus performance can reviewed from raise of productivity, service quality, and apparatus ability. There were supported factors and hamper factors in this research. Supporting factors were : pretension or commit of apparatus, regulations, standard operational procedures (SOP), cooperation between stakeholders with adequate facilities and infrastructure. The hamper factors that influence were : lack of public participations, time to completion service not on time and lack of information disclosure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/412/051705455
Uncontrolled Keywords: Indeks Kepuasan Masyarakat, Program Pelayanan “Lahir Procot Pulang Bawa Akta”, Kinerja Aparatur
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Nov 2017 03:24
Last Modified: 25 Nov 2020 11:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6011
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item