Gaya Kepemimpinan Sektor Publik Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang)

Rahmadinta, Wulandari (2017) Gaya Kepemimpinan Sektor Publik Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kehidupan organisasi publik di pengaruhi oleh produktifitas kerja pegawai dan gaya kepemimpinan seorang pemimpin. Gaya kepemimpinan seorang pemimpin memiliki ciri khas masing-masing dalam menggerakan bawahannya untuk meningkatkan kinerja pegawai baik secara kualitas maupun kuantitas. Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Kota Malang menggunakan gaya kepemimpinan yang dapat dilihat dari aspek pengambilan keputusan, komunikasi, pengawasan dan pemberian motivasi pada kepemimpinannya. Maka dari itu kepala BKD Kota Malang harus dapat memahami pegawai atau bawahannya agar gaya kepemimpinan yang diterapkan sudah tepat. Di sisi lain Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) di BKD Kota Malang dapat dilihat sebagai acuan dari hasil kinerja yang dilakukan pegawai serta adanya kedisiplinan pegawai yang menjadi salah satu penilaian yang ada di BKD Kota Malang. Kepala BKD melakukan pengawasan dan motivasi kepada setiap pegawai di BKD Kota Malang sehingga pegawai BKD Kota Malang mampu mengembangkan kompetensi dan pola pikir dalam melaksanakan pekerjaan dan mencapai kinerja yang berkualitas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) gaya kepemimpinan sektor publik dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang (2) peningkatan kinerja pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi di lapangan. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah Analisis data Miles, Hubernman dan Saldana (2014:33). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan kepala BKD kota Malang mencerminkan gaya kepemimpinan yang demokratis dengan proses komunikasi top-down dan komunikasi dua arah untuk menjaring aspirasi dari pegawai, adanya pengawasan baik secara langsung maupun tidak langsung, serta adanya motivasi pegawai melalui reward dan punishment guna meningkatkan kinerja pegawai dan mencapai tujuan organisasi. Disisi lain kinerja pegawai BKD Kota Malang sudah cukup baik dilihat dari 3 aspek yaitu (1) kuantitas pegawai yang cukup memadai dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi. (2) kualitas pegawai dilihat dari SKP dan upaya peningkatan kualitas di BKD Kota Malang dengan diselenggaran diklat, bimtek dan lanjutan pendidikan ke tingkat yang tinggi. (3) ketepatan waktu pegawai dalam menyelesaikan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, hal ini disebabkan karena adanya koordinasi yang baik antara pengarahan, pengawasan serta motivasi yang diberikan kepala BKD Kota Malang.

English Abstract

The life of public organizations is influenced by personnels productivity and leadership style of a leader. Leadership style of a leader has its own characteristics in moving subordinates to improve employee performance both in quality and quantity. The head of the Regional Personnel Agency (BKD) of Malang City uses a leadership style that can be seen from the aspects of decision making, communicating, supervising and motivating on leadership. Therefore, the head of BKD Malang city must be able to perform suitable leadership style that relevance to employee condition. On the other side Target Employee Performance (SKP) in BKD Malang City can be seen as reference of the results of personnel performance and the personnel disciplines who became one of the assessment in BKD Malang City. Head of BKD conduct supervision and motivation to every personnel in BKD Malang City so that they are able to develop competence and mindset in working and achieving quality performance. This research is descriptive research with qualitative approach and limited by two focuses of research those are (1) public sector leadership style in improving performance quality of personnel at Regional Personnel Agency (BKD) Malang City (2) improvement of performance quality of personnel at Regional Personnel Agency (BKD) Malang City. Data obtained through observation, interviews, field documentation. While data analysis used is data analysis Miles, Hubernman and Saldana (2014:33). The results of this study show that leadership style owned by head of the Regional Personnel Agency (BKD) of Malang City reflects democratic leadership style with top-down communication process and two-way communication to capture the aspirations of employees, supervise both directly and indirectly, and motivate personnel through reward and punishment in order to improve performance quality of personnel and achieve organizational goals. On the other hand performance quality of personnel at Regional Personnel Agency (BKD) Malang City is good enough seen from 3 aspects, namely (1) the quantity of personnel who are sufficient in performing the main tasks and functions. (2) the performance quality of personnel viewed from the SKP and efforts to improve the quality of Regional Personnel Agency (BKD) Malang with the implementation of training, techincal guidance and advanced education to a high level. (3) the timeliness of employees in completing tasks in accordance with the time set, this is due to a good coordination between direction, supervision and motivation are given by head of BKD Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/664/051708279
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan, kinerja, pegawai
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.39 Managing executive personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Nov 2017 02:37
Last Modified: 03 Dec 2020 07:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6000
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item