Optimalisasi Peran Media Center Kendedes Sebagai Media Komunikasi Publik (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang)

Saragih, Yeni Triana (2017) Optimalisasi Peran Media Center Kendedes Sebagai Media Komunikasi Publik (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada optimalisasi peran Media Center Kendedes dari segi komunikasi publik. Menurut Pedoman Umum Media Center, media center adalah pusat informasi dan fasilitasi kebutuhan publik terhadap informasi. Melalui media center, berbagai ragam publik akan berkomunikasi dan bertukar informasi, yang berkaitan dengan beragam isu strategis atau isu lokal lembaga publik. Media Center berperan sebagai media diseminasi informasi, pertukaran informasi, serta pusat layanan informasi dan komunikasi publik. Ketiga peran tersebut harus dioptimalkan agar Media Center Kendedes dapat menjadi media komunikasi publik yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran, upaya optimalisasi, dan faktor pendukung dan penghambat Media Center Kendedes sebagai media komunikasi publik. Penelitian ini berpedoman pada pedoman umum Media Center yang dirancang oleh Direktorat Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teori yang digunakan mencakup good governance, public relations for governance, media komunikasi publik, dan media center. Analisis data yang digunakan yaitu model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari 4 (empat) komponen, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu Media Center Kendedes belum optimal dalam melaksanakan perannya. Perannya untuk menjalankan media sosial dan memberikan informasi di infopublik.id kurang optimal karena tidak didukung oleh lokasi yang strategis, SK dan SOP yang masih dalam bentuk draft, tenaga ahli dan pegawai yang kurang, dan kurangnya perawatan prasarana.

English Abstract

This research focuses on optimizing the role of Media Center Kendedes in terms of public communication. According to Media Center General Guidelines, the media center is the information center and facilitation of the public's need for information. Through the media center, a wide range of public will communicate and exchange information, relating to various strategic issues or local issues of public institutions. Media Center serves as a medium for information dissemination, information exchange, as well as a public information and communication service center. These three roles must be optimized for Media Center Kendedes to be a good public communication medium. The purpose of this study is to describe the role, optimization efforts, and supporting factors inhibiting Media Center Kendedes as a medium of public communication. This research is guided by General Media Center guidelines designed by the Directorate of Public Communications, Ministry of Communication and Information of the Republic of Indonesia. This research uses qualitative approach with descriptive research type. Theories used include good governance, public relations for governance, public communication media, and media center. Data analysis used is interactive model Miles, Huberman, and Saldana consisting of 4 (four) component, that is data collecting, condensation data, data presentation, and conclusion/verification. The result of this research is Media Center Kendedes not optimal in performing its role. Its role to run social media, play an active role in infopublik.id less optimal because it is not supported by strategic location, SK and SOP which is still in draft form, lack of expertise and employees, and lack of maintenance of infrastructure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/673/051708288
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Media Center Kendedes, Media Komunikasi Publik, Pedoman Umum Media Center
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.7 Public administration of commerce, communications, transportation > 354.75 Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Nov 2017 02:28
Last Modified: 02 Oct 2023 06:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5999
[thumbnail of YENI TRIANA SARAGIH.pdf] Text
YENI TRIANA SARAGIH.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item