Efektivitas Program Inovasi Produk Zona Air Minum Prima (ZAMP) Sebagai Bentuk Pelayanan Kepada Masyarakat (Studi Pada PDAM Kota Malang)

Siregar, Denny Immanuel (2017) Efektivitas Program Inovasi Produk Zona Air Minum Prima (ZAMP) Sebagai Bentuk Pelayanan Kepada Masyarakat (Studi Pada PDAM Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar keingintahuan penulis tentang pelaksanaan program inovasi produk Zona Air Minum Prima. Dalam penelitian ini lebih khususnya meneliti tentang Efektivitas Program Inovasi Produk Zona Air Minum Prima Sebagai Bentuk Pelayanan Kepada Masyarakat (Studi Pada PDAM Kota Malang). Pertama peneliti ingin meneliti bagaimanakah Efektivitas Program Inovasi Produk Zona Air Minum Prima Sebagai Bentuk Pelayanan Kepada Masyarakat (Studi Pada PDAM Kota Malang). Kedua peneliti ingin mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung Pelaksanaan Program Inovasi Produk Zona Air Minum Prima Sebagai Bentuk Pelayanan Kepada Masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah melalui metode interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Dalam penelitian ini terdapat empat tahapan penelitian yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti menemukan bahwa dalam pelaksanaan Program Inovasi Produk Zona Air Minum Prima masih belum efektif. Apabila dilihat dari beberapa indikator. Jika dilihat dari indikator ketepatan sasaran program nya sudah dilaksanakan dengan baik dengan menghadirkan kran-kran air siap minum di tempat-tempat umum yang mudah dijangkau masyarakat. Namun jika dilihat dari indikator sosialisasi program dan pemantauan program masih belum berjalan dengan baik. Hal ini menyebabkan tujuan dari Program inovasi produk ini yaitu agar seluruh masyarakat Kota Malang bisa menggunakan layanan air PDAM Kota Malang dengan standart air siap minum masih belum dapat tercapai. Saran/rekomendasi yang diberikan antara lain: 1) Menambah kran-kran air siap minum di tempat-tempat umum seperti pasar, terminal, stasiun, universitas, dll. Agar seluruh masyarakat bisa menikmati layanan air siap minum ini. 2) Sosialisasi perlu digalakkan kembali dengan penataan ulang jadwal sosialisasi rutin seminggu dua kali, melalui sosialisasi langsung ke perumahan masyarakat, sosialisasi di car free day, melalui media sosial seperti facebook, twitter, maupun media cetak seperti reklame, brosur-brosur, dll. 3) Menambah figuran di fountain tap berupa x-banner atau papan iklan di setiap lokasi fountain tap yang berisi himbauan-himbauan maupun ajakan untuk meyakinkan masyarakat mengenai kebersihan dan kualitas air siap minum sehingga mau menggunakan air siap minum tersebut. Hal itu dilakukan agar tujuan program ZAMP dapat tercapai. 4) Perlu adanya pengawasan secara menyeluruh mulai dari bentuk fisik fountain tap, kualitas air dan pengawasan terhadap aliran air siap minum. Dengan begitu dapat mendukung demi tercapainya tujuan program air siap minum tersebut.

English Abstract

This research was conducted on the basis of the writer's curiosity about the implementation of product innovation program Zona Air Minum Prima. In this study more specifically investigate the effectiveness of Product Innovation Program Zona Air Minum Prima As a Service To Community (Studies At PDAM Kota Malang). First, the researcher wanted to investigate how the effectiveness of Zona Air Minum Prima Product Innovation Program as a Service to the Community (Study on PDAM Kota Malang). Both researchers want to know what factors are inhibiting and supporting the Implementation of Product Innovation Program Zona Air Minum Prima as a Service To the Community. Type of research was descriptive with qualitative approach. Method of analysis was using Miles, Huberman and Saldana’s interactive model. Four stages were used including data collection, data condensation, data presentation, and conclusion. Based on the research results obtained, researchers found that in the implementation of Zona Air Minum Prima Product Innovation Program is still not effective. When viewed from several indicators. When viewed from the indicators of accuracy of the target program has been implemented well by presenting taps of water ready to drink in public places easily accessible to the public. However, if seen from the indicators of program socialization and program monitoring is still not going well. This causes the purpose of this product innovation program that is for all people of Malang City can use water service PDAM Kota Malang with drinking water ready standard still can not be achieved. Suggestions / recommendations include: 1) Adding water taps ready to drink in public places such as markets, terminals, stations, universities, etc. In order for the whole community to enjoy this drinking water service. 2) Socialization needs to be encouraged again with the reorganization of routine socialization schedule twice a week, through direct socialization to community housing, socialization in car free day, through social media such as facebook, twitter, or print media such as billboards, brochures, etc. 3) Adding extras in tap fountain in the form of x-banner or billboards at each fountain tap location containing appeals and invitations to convince the public about the cleanliness and quality of water ready to drink so willing to use the drinking water. This is done so that the objectives of the ZAMP program can be achieved. 4) There needs to be a thorough supervision ranging from the physical form of fountain tap, water quality and supervision of the flow of ready-to-drink water. With so can support for the achievement of the goal of drinking water program is.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/666/051708281
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, ZAMP, PDAM Kota Malang
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.3 Public administration of environment and natural resources > 354.36 Water > 354.366 Water supply
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Nov 2017 02:10
Last Modified: 15 Aug 2022 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5994
[thumbnail of DENNY IMMANUEL SIREGAR.pdf] Text
DENNY IMMANUEL SIREGAR.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item