Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Penggunaan Sistem Billing Bagi Pengguna Jasa Kepabeanan (Studi Pada Pengguna Jasa Kepabeanan Di Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Tipe Madya Tanjung Perak).

Nastiti, Anggie (2017) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Penggunaan Sistem Billing Bagi Pengguna Jasa Kepabeanan (Studi Pada Pengguna Jasa Kepabeanan Di Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Tipe Madya Tanjung Perak). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem Pembayaran Penerimaan Negara secara Elektronik (Billing) adalah pengembangan sistem penerimaan negara yang dikenal dengan modul Penerimaan Negara (MPN) yang sudah berjalan sejak tahun 2007 menjadi MPN Generasi ke-2 (MPN-G2). MPN G2 merupakan pengoptimalan teknologi informasi dalam penerimaan negara yang lebih modern (transaksi elektronik) (Jurnal Sugianto dalam www.beacukai.go.id). Penerapan sistem ditetapkan pada tanggal 10 februari 2014 tetapi mulai diterapkan pada 1 januari 2016. Akan tetapi sampai saat ini masi terdapat pengguna jasa kepabeanan yang menggunakan sistem manual. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apakah kegunaan pengguna persepsian dan kemudahan penggunaan persepsian berpengaruh postitif pada sikap terhadap penggunaan teknologi, 2) Mengetahui apakah sikap terhadap penggunaan sistem billing dan norma subjektif berpengaruh positif terhadap minat perilaku pengguna sistem billing, 3) Mengetahui pakah minat pengguna berpengaruh positif terhadap perilaku pengguna sistem billing. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis prediktif. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan skala pengukuran likert. Jumlah sampel yang digunakan yakni sebesar 60 orang pengguna jasa kepabeanan. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS) sebagai alat ujinya. Hasil dari penelitian ini adalah semakin pengguna jasa kepabeanan merasa bahwa dengan menggunakan sistem Billing akan meningkatkan kinerjanya dan akan membebaskan dari usaha maka semakin tinggi pula pengguna jasa kepabenan menyukai sistem Billing, semakin pengguna jasa menyukai sistem billing maka akan mempengaruhi keinginan atau niat untuk menggunakan sistem billing, namun pengaruh orang-orang disekitar tidak mempengaruhi keinginan atau niat pengguna jasa kepabeanan. Selain itu, keinginan atau niat pengguna jasa kepabeanan untuk menggunakan sistem Billing mempengaruhi penggunaan secara langsung sistem Billing.

English Abstract

Electronic State Receipt Payment System (Billing) is the development of a state revenue system known as the State Acceptance module (MPN) that has been running since 2007 to MPN-2nd Generation (MPN-G2). MPN G2 is an optimization of information technology in a more modern state revenue (Electronic transactions) (Journal Sugianto in www.beacukai.go.id). Implementation of the system set on February 10, 2014 but began to be implemented on January 1, 2016. However, until now there are users of customs services that use the manual system This study aims to: 1) Know whether the use of perceptive users and the ease of use perceptian give positive influence on attitudes toward the use of technology, 2) Knowing whether attitudes toward the use of billing system and subjective norms give positive impact towards the interest of billing system user’s behaviour, 3) Knowing wether the user’s interest give positive impact towards the behaviour of the billing system’s user The method in this research use quantitative method with predictive type. The type of data that used is the primary data. Data collection techniques that used in this study is a questionnaire by using Likert measurement scale. The number of samples that used is 60 people of customs service users. This research uses Partial Least Square (PLS) as its testing tool. The result of this research is the more customs service users feel that by using the Billing system will improve its performance and will be free from the business, the higher the users of customs services like Billing system, the more service users like the billing system will affect the interest or intention to use the billing system , But the influences of the people around do not affect the wishes or intentions of customs service users. In addition, the interest or intentions of customs service users to use the Billing system affect the direct use of the Billing system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/837/051709109
Uncontrolled Keywords: Sistem Billing, Sistem Perilaku, Pengguna Jasa Kepabeanan
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets > 352.44 Revenue administration > 352.448 Customs administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Nov 2017 01:01
Last Modified: 28 Oct 2024 07:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5971
[thumbnail of ANGGIE NASTITI.pdf] Text
ANGGIE NASTITI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item