Valuasi Ekonomi Wana Wisata Coban Rondo Desa Pandaseri Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Dengan Pendekatan Travel Cost Method

Deviany, Maysa (2017) Valuasi Ekonomi Wana Wisata Coban Rondo Desa Pandaseri Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Dengan Pendekatan Travel Cost Method. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor pariwisata saat ini telah dicanangkan menjadi salah satu sektor pendapatan devisa non migas bagi Indonesia. Pencanangan tersebut disebabkan peningkatan pendapatan devisa dari pariwisata setiap tahunnya, seperti yang terjadi pada tahun 2012 sebesar USD 9.120,85 hingga pada tahun 2015 sebesar USD 12.225,89 (Kementrian Pariwisata, 2015). Melihat potensi pariwisata yang begitu besar bagi negara, maka pariwisata merupakan sumber devisa yang patut untuk dipertahankan dan dikembangkan. Pengembangan pariwisata yang terjadi saat ini banyak tidak memperhatikan nilai manfaat dan fungsi lingkungan tempat wisatanya sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan. Salah satu untuk mengetahui nilai manfaat sumberdaya alam dan lingkungan yaitu dengan valuasi ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsi karakteristik dan persepsi pengunjung terhadap Wana Wisata Coban Rondo; menganalisis faktor –faktor sosial dan ekonomi yang mempengaruhi permintaan tempat wisata di Wana Wisata Coban Rondo seperti biaya perjalanan, usia, pendidikan, jarak, pendapatan, dan jenis kelamin; dan menganalisis nilai ekonomi yang dihasilkan Wana Wisata Coban Rondo berdasarkan Travel Cost Method. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan beberapa uji seperti uji statistik deskriptif, uji statistik inferensial dan analisis kuantitatif. Uji statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis karakteristik dan persepsi pengunjung. Uji statistik inferensial untuk menganalisis faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan wisata di lokasi penelitian menggunakan analisis linier berganda, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk mengestimasi nilai ekonomi di lokasi penelitian dengan cara pendekatan individual travel cost method yang diperoleh dari koefisien biaya perjalanan sehingga menghasilkan surplus konsumen, kemudian surplus konsumen digunakan untuk menghitung nilai ekonomi dengan cara mengkalikan surplus konsumen dengan jumlah kunjungan pertahunnya. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2017 dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara secara terstruktur menggunakan kuisioner dan dokumentasi data seperti jumlah kunjungan 2016, sejarah tempat wisata, visi dan misi. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh karakteristik pengunjung di Wana Wisata Coban Rondo berjenis kelamin perempuan dengan usia yang paling menonjol berkisar antara 21 -30 tahun berstatuskan sudah menikah sebanyak 51%. Pendidikan terakhir dari pengunjung 48% yaitu diploma atau S1, pekerjaan pengunjung cenderung sebagai pegawai swasta sebanyak 31 orang dengan pendapatan yang diperoleh Rp.500.000 – Rp. 3.440.000. Alat transporasti yang digunakan pengunjung menuju Wana Wisata Coban Rondo berpeluang menggunakan kendaraan mobil pribadi sebesar 47% yang ditempuh dengan perjalanan <1 jam. Persepsi pengunjung mengenai kondisi wahana wisata di rondo seperti air terjun, taman labirin, dan panahan dalam kondisi baik; Kondisi dari wahana taman bermain, ATV, Wisata toga, dan Shooting target dalam kondisi yang cukup baik; sedangkan untuk wahana memberi makan rusa cenderung dalam keadaan kurang baik. Persepsi pengunjung mengenai kondisi fasilitas seperti tempat parkir dan tempat penginapan dalam kondisi baik; fasilitas seperti mushollah, tempat istirahat (gazebo dan tempat duduk), warung makan, tempat oleh – oleh, tempat campingdalam kondisi cukup baik, lalu untuk fasiltas toilet masih dalam keadaan yang kurang baik. Persepsi pengunjung mengenai kelengkapan fasilitas di Wana Wisata Coban Rondo sudah lengkap. Persepsi mengenai kebersihan sudah dalam kondisi yang bersih, dengan keindahan yang indah sehingga pengunjung merasa nyaman.Pengunujung juga menilai bahwa keadaan di Wana Wisata Coban Rondo sudah aman, pelayanan yang diberikan pengunjung juga sudah baik. Terkait dengan penyediaan infomasi pengunjung merasa sudah cukup memadai, hal yang yang sama dirasakan bagi akses jalan yang dirasa sudah cukup baik. Harga tiket Rp 18.000 juga dinilai pengunjng sudah sesuai. Berdasarkan analisis mengenai karakteristik pengunjung diperoleh faktor – faktor yang mempengaruhi Wana Wisata Coban Rondo secara nyata, yaitu biaya perjalanan, lama pendidikan, pendapatan, dan jarak. Sedangkan untuk nilai ekonomi di Wana Wisata Coban Rondo diperoleh Rp.258.569.658.562,50per tahun, dan surplus konsumen Rp.495.062,5.

English Abstract

The current tourism sector has been proclaimed to be one of the non-oil foreign exchange income sectors for Indonesia. The declaration is due to an increase in foreign exchange earnings from tourism each year, as happened in 2012 amounted to USD 9,120.85 to 2015 of USD 12,225.89 (Kementrian Pariwisata, 2015). Given the enormous tourism potential for the country, tourism is a valuable source of foreign exchange to sustain and develop. Tourism development is happening at this time many do not pay attention to the value of environmental benefits and functions where the tour resulting in environmental damage. One to know the value of the benefits of natural resources and the environment is the economic valuation The purpose of this reseach is know the characteristics and perceptions of visitors to Wana Wisata Coban Rondo; Analyze the social and economic factors that influence the demand for tourist attractions in Wana Wisata Coban Rondo such as travel cost, age, education, distance, income and gender; calculate the economic value generated Wana Wisata Coban Rondo by Travel Cost Method. The approach used in this research is a quantitative approach using several tests such as descriptive statistical test, inferential statistical test and quantitative analysis. Descriptive statistical tests are used to analyze visitor characteristics and perceptions. Inferential statistical test to analyze factors influencing tourism demand in the research location using multiple linear analysis, while quantitative analysis is used to estimate economic value at research location by way of approach of individual travel cost method obtained from travel cost coefficient so as to produce consumer surplus, then Consumer surplus is used to calculate the economic value by multiplying consumer surplus by the number of visits per year. The study was conducted in May 2017 with a sample of 100 respondents. Techniques used to collect data are structured interviews using questionnaires and data documentation such as the number of visits 2016, history of tourist attractions, vision and mission. The result of this research is obtained by visitor characteristic in Wana Wisata Coban Rondo with the most prominent age ranged between 21 -30 year married status as much as 51%. Latest education from visitors 48% is diploma or S1, job visitors tend to as private employees as much as 31 people with income earned Rp.500.000 - Rp. 3,440,000. Transportation tools used by visitors to Wana Wisata Coban Rondo have the opportunity to use private car vehicle as much as 47% traveled by <1 hour. Visitor perception about the condition of tourist rides in rondo such as waterfalls, labyrinth garden, and archery in good condition; Conditions of playground , ATV, Tour of toga, and Shooting targets in good condition; While for deer feeding rides tend to be in poor condition. Perceptions of visitors about the condition of facilities such as parking lots and lodging in good condition; Facilities such as mosque, rest areas (gazebos and seats), food stalls, places by - by, camping places in good condition, then for toilet facilities is still in a bad state. Visitor perception about completeness of facility in Wana Wisata Coban Rondo is complete. The perception of hygiene is in a clean condition, with beautiful beauty so visitor feel comfortable. The end also assessed that the situation in Wana Wisata Coban Rondo is safe, the service provided to visitors is also good. Associated with the provision of information visitors feel is sufficient, the same thing perceived for access road that is considered good enough. Ticket price Rp 18.000 also considered visitor already appropriate. Based on the analysis of visitor characteristics, factors that significantly affect the Wana Wisata Coban Rondo are travel expenses, education, income, and distance. As for the economic value in Wana Wisata Coban Rondo obtained Rp.258.569.658.562,50per year, and consumer surplus Rp.495.062,5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/579/051710766
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Pengembangan, Pendapatan, Devisa Non Migas
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 24 Nov 2017 08:24
Last Modified: 23 Oct 2020 05:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5958
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item