Implementasi Kebijakan Paket Perijinan Online Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Implementasi Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 39 Tahun 2011 Tentang Penerbitan Perijinan Satu Paket Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo)

Bella, Hevy Setyo (2017) Implementasi Kebijakan Paket Perijinan Online Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Implementasi Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 39 Tahun 2011 Tentang Penerbitan Perijinan Satu Paket Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan-permasalahan yang terdapat pada perijinan reguler yaitu waktu yang dibutuhkan relatif lama karena tergantung akumulasi dari setiap ijin yang dimohon, Proses tinjau lapangan dilakukan tiga kali sesuai dengan ijin yang dimohon, Penyiapan berkas atau dokumen yang berulang-ulang yaitu adanya duplikasi persyaratan dari beberapa ijin yang dimohon oleh satu pemohon, antrian pelayanan yang berlebihan dikarenakan banyaknya pemohon yang datang ke BPPT, sementara ruang pelayanan di BPPT terbatas, tuntutan masyarakat dunia usaha agar pelayanan perijinan bisa dilakukan melalui internet demi kemudahan dan menghindari adanya perantara atau calo, pemohon harus datang berkali-kali ke kantor BPPT untuk mengajukan permohonan setiap jenis ijin serta terbatasnya sarana prasarana misalnya area ruang pelayanan, lahan parkir, kendaraan operasional tinjau lapangan, sumber daya aparatur yang berkompeten untuk tinjau lapangan. Oleh sebab itu dikluarkan Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 39 Tahun 2011 Tentang Penerbitan Perijinan Satu Paket yang didalamnya terdapat Paket Perjinan secara online. Penelitian yang berjudul “ Implementasi Kebijakan Paket Perijinan Online Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Implementasi Peraturan Bupati Sidoarjo Nomor 39 Tahun 2011 Tentang Penerbitan Perijinan Satu Paket Pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo)” merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Kebijakan yang dilakukan BPPT Kabupaten Sidoarjo untuk meningkatkan pelayanan publik dibidang perijinan. Implementasi Kebijakan Paket Perijinan Online dilihat dari 4 faktor yaitu Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi dan Struktur Birokrasi. Kebijakan Paket Perijinan Online diharapkan tentu tak lepas pula dari berbagai hambatan dari pelaksana kebijakan sendiri serta masyarakat. Namun BPPT Kabupaten Sidoarjo terus berupaya agar Kebijakan ini berjalan secara efektif dan efisien serta memberikan dampak yang baik bagi dunia perjinan khususnya untuk pelaku usaha.

English Abstract

The problems in the regular permit is the time required relative long as it depends on the accumulation of each permit requested, The field review process is done three times according to the requested permit, the preparation of repetitive documents caused by duplication of the requirements of several permits requested by one applicant, excessive service queue due to the large number of applicants who come to BPPT, while the service room in BPPT is limited, the demands of the business community so that the licensing service can be done through the internet for convenience and to avoid any brokers or brokers, Times to the BPPT office to apply for each type of permit and limited facilities such as service area, parking lot, operational vehicle field review, competent personnel resources to review the field. Therefore, the Regent of Sidoarjo Regulation Number 39 Year 2011 issued regarding the Issuance of One License Package in which there is a Package of Licensing online. The research entitled " Implementation of online licensing package policy to improve public service (Study Implementation of Regulation of Sidoarjo Regent Number 39 years 2011 on Issuance of One Package License at Integrated Licensing Service Agency of Sidoarjo Regency) is a descriptive research using qualitative approach. Data collection techniques are conducted through interviews, observation and documentation. This research is intended to know the policy conducted by BPPT of Sidoarjo Regency to improve public service in the field of permit. Implementation of the Online Licensing Policy Policy is seen from 4 factors: Communication, Resources, Disposition and Bureaucratic Structure. The policy of Online Licensing Package is also expected to be free from various obstacles from the implementer of the policy itself and the community. However, BPPT of Sidoarjo Regency keeps trying to make this Policy effective and efficient and give good impact to the world of business especially for business actor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/390/051705134
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan dan Paket Perijinan Online
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.8 Public administration of general forms of control > 352.84 Licensing, accreditation, certification, chartering, registration; incorporation
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 24 Nov 2017 07:27
Last Modified: 07 Oct 2020 07:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5954
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item