Implementasi Kebijakan E-Government Melalui Program E-Tax Dalam Meningkatkan Pelayanan Dan Pendapatan Pajak Daerah (Studi Pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang)

Sukri, Muhammad Ni'am (2017) Implementasi Kebijakan E-Government Melalui Program E-Tax Dalam Meningkatkan Pelayanan Dan Pendapatan Pajak Daerah (Studi Pada Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Pajak Online (e-Tax) merupakan sebuah inovasi baru dibidang pembayaran pajak khususnya pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, dan pajak parkir yang bertujuan untuk meningkatkan pengawasan atas kepatuhan dalam pemenuhan kewajiban dan diharapkan mampu meningkatkan pendapatan pajak daerah dari sektor pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan e-government oleh pemerintah Kota Malang melalui program pajak online e-tax dalam meningkatkan pelayanan dan pendapatan daerah serta untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program pajak online e-tax yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Malang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) Implementasi kebijakan e-government melalui program e-tax dalam meningkatkan pelayanan dan pendapatan pajak daerah sesuai dengan model implementasi menurut George Edward III; (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi kebijakan e-government melalui program e-tax dalam meningkatkan pelayanan dan pendapatan pajak daerah. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan,implementasi program e-Tax yang dilakukan oleh Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang sudah baik diantaranya : (1) komunikasi telah dilakukan oleh Badan Pelayanan Pajak Daerah Kota Malang dengan memberikan informasi kepada petugas dan masyarakat; (2) sumber daya telah dipenuhi mulai dari anggaran, SDM, maupun sarana prasarana; (3) disposisi yang diberikan dengan sebagai mana mestinya; (4) struktur birokrasi yang sesuai dengan aturan. Adapun faktor pendukung dalam implementasi program pajak online di Kota Malang adalah; (1) ketersediaan sumber daya baik anggaran, SDM maupun sarana prasarana yang memadai; (2) adanya kejelasan dasar hukum; (3) adanya kerjasama dengan instansi lain. Sedangkan faktor penghambat dari implementasi program pajak online di Kota Malang adalah: (1) banyaknya wajib pajak yang terbiasa menggunakan sistem offline; (2) masih banyaknya wajib pajak yang belum menggunakan sistem komputerisasi dalam pengelolaan keuangannya. Saran yang dapat diberikan adalah Badan Pelayanan Pajak Kota Malang harus memberikan informasi kepada masyarakat (wajib pajak) secara intensif dan jelas agar tidak lagi ada kebingungan dan ketidak tahuan masyarakat tentan program pajak online.

English Abstract

The Online Tax Program (e-Tax) is a new innovation in tax payment, especially hotel taxes, restaurant taxes, entertainment taxes and parking taxes aimed at improving oversight of compliance in the fulfillment of obligations and is expected to increase local tax revenues from the tax sector. The objectives of this study is to find out, describe, and analyze the implementation of e-government policy in Malang through online tax program e-tax in improving regional tax service and income, and to find out, describe, and analyze the supporting and inhibiting factors of the implementation of online tax program e-tax by the government of Malang City. This study is a descriptive qualitative and limited by two research focus (1) the implementation of e-government policy trough e-tax program in improving regional tax service and income as stated by George Edward III; (2) the supporting and inhibiting factor in the implementation of e-government policy through e-tax program in improving the regional tax service and income. The research method used data analysis interactive model by Miles, Huberman and Saldana with the stages of data condensation, data presentation, and drawing conclusion. Based on the study, the implementation of e-tax by Local Tax Service Agency of Malang is good enough: (1) Giving information to the officer and the society is one communication matter that has been solved by the government; (2) the resources have been fulfilled, such as financial, human resource, and infrastructure; (3) authorizing signature is given as it needed; and (4) bureaucracy structure is in appropriate way. The supporting factors on the implementation of online tax program in Malang are: (1) the availability of resources, such as financial, human resource, and good infrastructure; (2) the intelligibility of legalization; (3) Networking with other instances. Meanwhile, the inhibiting factors of the implementation of online tax program in Malang are: (1) Most of the tax payers are accustomed with offline system; (2) there are so many tax payers whom not using computerized system to manage their financial. Thus, it can be suggested that Local Tax Service Agency of Malang needs to give more information towards tax payer intensively and clearly in order to enlighten the society’s knowledge and awareness of online tax program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/505/051706806
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, e-Government, Pajak Online (e-tax)
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.201 Taxes by governmental level > 336.201 4 Local taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 24 Nov 2017 01:50
Last Modified: 28 Sep 2020 10:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5936
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item