Implementasi Sistem Rapor Online Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Bidang Pendidikan (Studi Tentang Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/0978/436.6.4/2013)

Novparwati, Cindy Asri (2017) Implementasi Sistem Rapor Online Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Bidang Pendidikan (Studi Tentang Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya No. 188/0978/436.6.4/2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya keluhan dari guru dan wali murid pada implementasi rapor online yang hingga saat ini (semester ke 8) masih banyak mengalami kendala. Melihat bahwa implementasi merupakan salah satu hal penting dalam proses suatu kebijakan, maka peneliti ingin mengetahui penyebab dari kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data kualitatif oleh Faisal melalui tahapan menyiangi data, display data, menafsirkan data, menyimpulkan dan verifikasi, meningkatkan keabsahan hasil dan narasi hasil analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa a) sosialisasi dilakukan bertahap dan berulang-ulang; b) tidak semua sekolah mengikuti sosialisasi; c) adanya pengiriman petugas TI kepada SDN yang belum memiliki operator rapor online; d) pendeknya jarak sosialisasi dengan pelaksanaan; e) perumusan rapor online melibatkan MGMP dan guru perwakilan, sedangkan pembuatan programnya melibatkan perguruan tinggi; f) banyak walimurid yang tidak memahami rapor online karena minimnya sosialisasi; g) pengawasan rapor online dilakukan pengawas sekolah, sedangkan data oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Untuk faktor penghambat internal rapor online antara lain: a) format rapor online sering berubah; b) sistem bermasalah; c) tidak ada pemberitahuan apabila ada perubahan; d) perbaikan sistem menyebabkan nilai hilang; dan e) loyalitas pegawai Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Sedangkan faktor eksternal, yaitu: a) adanya penumpukan akses akibat memasukkan nilai bersamaan; dan b) Guru senior (berkisar 50-60 th) serta kemampuan TI rendah. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti memberikan saran sebagai berikut: a) memberikan alternatif lain selain upaya pemberian insentif tambahan; b) sosialisasi secara merata dan mengecek apakah ada sekolah yang belum mengikuti sosialisasi; c) melalui pengawas sekolah untuk selalu membina sekolah agar memberikan sosialisasi kepada wali murid di sekolahnya; d) memperbaiki infrastruktur yang berhubungan dengan rapor online seperti menambahkan jumlah server dan fitur-fitur yang memberikan kemudahan; e) selalu cek dan back up data pada rapor online

English Abstract

This study was conducted on the basis of complaints from teachers and students guardians on the implementation of online report cards which until now (8th semester) is still experiencing many obstacles. Seeing that implementation is one of the important things in the process of a policy, researcher wants to know the cause of the constraints. This research used descriptive research method with qualitative approach. Data collection was done through interview, observation and documentation. Data analysis technique used was qualitative data analysis process by Faisal through stages of weeding data, display data, interpreting data, concluding and verifying, improving the validity of results and narrative analysis results. The results of this study indicate that a) socialization is done gradually and repeatedly; b) not all schools attended the socialization; c) the delivery of IT officers to Public Elementary School (SDN) who do not have an online report card; d) the short distance of socialization with the implementation; e) the formulation of online report cards involving Forum of Subject’s Teachers (MGMP) and representative teachers, while making the program involves universities; f) many students guardians who do not understand online report cards due to lack of socialization; g) supervision of online report cards conducted by school supervisors, while data by the Education Department of Surabaya City. For internal online report book constraint factors include: a) the online report card format often changes; b) problematic system; c) no notification for any changes; d) system improvements cause lost values; And e) employee loyalty of Surabaya City Education Office. While external factors, are: a) the accumulation of access due to enter the value of simultaneous; and b) senior teachers (ranging from 50 to 60 years) as well as low IT skills. Based on these findings, the researcher gives the following suggestions: a) provides other alternatives beside additional incentive measures; b) equal socialization and check whether there are schools that have not participated in socialization; c) through school supervisors to always develop the schools to provide socialization to parents in their schools; d) improve the infrastructure associated with online report cards such as adding the number of servers and features that provide convenience; e) always check and back up data on online report cards

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/650/051708308
Uncontrolled Keywords: Rapor Online, Implementasi Kebijakan, Pelayanan Pendidikan, Surabaya
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.8 Public administration of agencies supporting and controlling education
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Nov 2017 03:17
Last Modified: 25 Nov 2020 13:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5880
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item