Upaya Kantor Pelayanan Pajak Pratama Dalam Pemenuhan Kewajiban Perpajakan Atas Wajib Pajak Badan Perseroan Terbatas Yang Mengalami Pailit (Studi Pada KPP Pratama Surabaya Gubeng)

Tri Susilo, Moh Tiar (2017) Upaya Kantor Pelayanan Pajak Pratama Dalam Pemenuhan Kewajiban Perpajakan Atas Wajib Pajak Badan Perseroan Terbatas Yang Mengalami Pailit (Studi Pada KPP Pratama Surabaya Gubeng). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Upaya dan implementasi prosedur penangan Wajib Pajak badan Perseroan Terbatas (PT) yang mengalami pailit, serta menjelaskan kendala dan strategi yang terjadi di KPP Pratama dalam menangani Wajib Pajak Badan PT yang Pailit. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan metode wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kendala yang menunjukan adanya perlawanan pasif dan aktif. Hal ini terlihat dari Pengurus Wajib Pajak Badan PT yang sulit dicari dan melakukan banding saat pihak KPP menagih sisa hutang pajak. Strategi KPP dinilai “cukup efektif” dalam Menangani WP Badan Pailit dengan melakukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait pencarian WP dan cara persuasif yang dilakukan kepada pengurus perusahaan. Pengurus PT bersedia membayar hutang pajak yang masih terutang dengan cara mengangsur. Saran kepada Pihak Direktorat Jendral Pajak agar lebih mensosialisasikan dan mengedukasi WP Badan agar tidak terjadi multitafsir dalam pemahaman Undang-Undang perpajakan. Diperlukan Sistem informasi yang lebih cepat dan lebih baik agar lebih efektif dalam menangani WP Badan yang Pailit.

English Abstract

This reseach is intended to find out and explain the way of implementation in handling procedure of a bankupt limited liability coorporate taxpayer, and also explaining the obstacles and strategies that occur in Tax Office Primary in their process of handling them. This research is using qualitative method. Researcher was using interview, documentation, and triangulation method to collect data. Miles and Hubeman interactive model was used in this research as data analysis. The reseach result shows that there is obstacle that indicating active and passive resistance. It can be seen from corporate taxpayers management that hard to find and also take an appeal if they are having debt bill. Tax Office’s strategy was quite efective in taking care of bankrupt taxpayer by doing coorporation with some parties in order to find out the taxpayers and persuasively done againts the company management. They are allowed to pay the tax by using pay in installments. Researcher try to give advice to directorate general of taxation to have more socialization to the community and educate the taxpayers to avoid misunderstanding of taxation laws. Faster and better infomation system is needed to handle bankrupt taxpayers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/719/051708408
Uncontrolled Keywords: Implementasi KPP, Hutang Pajak, Wajib Pajak Badan Perseoan Terbatas, Pailit
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.24 Income taxes > 336.243 Corporate income taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Nov 2017 02:34
Last Modified: 11 Nov 2024 01:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5871
[thumbnail of Moh Tiar Tri Susilo- 105030400111036.pdf] Text
Moh Tiar Tri Susilo- 105030400111036.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item