Pengaruh Persepsi Dan Sikap Para Santri Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah (Survei Pada Ponpes Al-Amien Kota Kediri)

Wijaya, Rahman Adi (2017) Pengaruh Persepsi Dan Sikap Para Santri Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah (Survei Pada Ponpes Al-Amien Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh persepsi yang ditujukan oleh santri terhadap perbankan syariah. Serta sikap masing-masing santri yang berbeda akankah berpengaruh terhadap minat mereka menggunakan jasa perbankan syariah.Setiap keputusan yang diambil oleh santri dalam menggunakan jasa perbankan akankah dipengaruhi oleh persepsi dan sikap yang mereka miliki. Dalam kenyataannya meskipun persepsi dan sikap mereka tinggi belum tentu mereka menggunakan jasa perbankan syariah. Dengan demikian rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah pengaruh secara bersama-sama dari variabel persepsi dan sikap terhadap minat menabung di perbankan syariah, 2) Apakah pengaruh secara parsial dari variabeL persepsi dan sikap terhadap minat menabung di perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyebaran angket. Subyek penelitian menggunakan sampel sebanyak 116 responden, jumlah tersebut diambil dari rumus Machin dan Champbell (1987). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi, yang terdiri dari dua variable dependen dan satu variable independen. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan menggunakan metode validitas dan reabilitas ,normalitas, asumsi klasik, koefisien determinasi dan uji parameter individual atau uji t parsial dan uji F Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh persepsi santri terhadap minat menabung di perbankan syariah dengan nilai t hitung sebesar 3,950 nilai taraf signifikansi 0,000 berarti hipotesis diterima. Hasil penelitian juga menunjukkan ada pengaruh antara sikap santri terhadap minat menabung di perbankan syariah dengan hasil perhitungan yang telah dilakukan diperoleh nilai t hitung sebesar 4,585 dengan taraf signifikansi 0,000. Taraf signifikansi tersebut lebih kecil dari 0,05, yang berarti hipotesis diterima. Persepsi dan sikap secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat menabung diketahui dari hasil perhitungan nilai F hitung sebesar 66,267 dengan nilai signifikansi 0,000. Selain itu nilai adjusted R square sebesar 0,532 artinya persepsi dan sikap secara bersama-sama mempengaruhi minat menabung di perbankan syariah sebesar 53,% sedangkan sisanya sebesar 47,41% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hal ini membuktikan bahwa semakin tinggi persepsi dan religiusitas santri akan semakin besar minat santri menabung di bank syariah.

English Abstract

This research is in the background by the perception directed by santri towards sharia banking. As well as the attitude of each different santri will have an effect on their interest in using syariah banking services. Any decisions taken by santri in using banking services will be influenced by their perceptions and attitudes. In reality, although their perceptions and attitudes are high, they are not necessarily using syariah banking services. Thus the formulation of the problem in this research is 1) What is the influence together from the variables of perception and attitudes toward the interest of saving in syariah banking, 2) What is the partial influence of the perception and attitude variable to the interest of saving in sharia banking. This research uses quantitative approach and data collection method in this research using questionnaire dispersion technique. The subjects of the study used 116 respondents, the number was taken from Machin and Champbell (1987). The collected data were analyzed by using regression analysis, consisting of two dependent variables and one independent variable. The analysis tool used is regression analysis using the method of validity and reliability, normality, classical assumptions, coefficient of determination and test individual parameters or t test partial and F test The results of this study indicate that the influence of students' perceptions of interest in saving Islamic banks with a value of t count of 3.950 value of significance level 0,000 means the hypothesis accepted. The result of research also shows there is influence between santri attitudes toward interest of saving in syariah banking with result of calculation which have been done obtained t value equal to 4,585 with significance level 0,000. The significance level is less than 0.05, which means the hypothesis is accepted. Perceptions and attitudes simultaneously affect the interest of saving is known from the calculation of the value of F arithmetic of 66.267 with a significance value of 0.000. In addition, the adjusted R square of 0.532 means that perceptions and attitudes simultaneously affect the interest of saving in syariah banking by 53,% while the rest of 47.41% is explained by other variables not described in this study. This proves that the higher the perception and religiosity of students will be greater interest santri save in sharia bank.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/905/051710366
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Sikap dan Minat Menabung
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.2 Specialized banking institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Nov 2017 01:42
Last Modified: 08 Dec 2020 15:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5847
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item