Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan

Pusaka, Pandhu Rahmanunggala (2017) Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kinerja merupakansejauh mana suatu pekerjaan sudah terlaksana dalam memberikan pelayanan atau sudah sesuai belum dengan tujuan organisasi yang telah disepakati. Kinerja dinilai bertujuan untuk mengetahui tingkat ketercapaian suatu organisasi, menyediakan sarana pembelajaran pegawai, memperbaiki kinerja berikutnya dan menciptakan akuntabilitas publik. Dalam laporan kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang terdapat dua indikator yang masih belum mencapai sasaran, yaitu mengenai E-KTP dan Akta Kematian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kota Malang, sedangkan situsnya berada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara dan alat bantu lainnya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang dalam pelayanan Administrasi Kependudukan adalah : sehubungan dengan input (1)sumber daya manusia yang masih kurang jumlahnya sehingga menghambat dalam proses pelayanan namun sudah memiliki kompetensi yang baik. (2) perlengkapan yang tersedia untuk memberikan pelayanan sudah sesuai dengan kapasitas yang di perlukan dan standart. (3) Pemahaman mengenai regulasi pegawai dinas sudah cukup memahami sehingga dapat memberikan pelayanan dengan baik. Sehubungan dengan proses (4)persyaratan, prosedur, dan waktu pelayanan sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003. (5) Sosialisasi sudah berjalan namun masih belum maksimal dalam waktu pelaksanaannya yang hanya dilakukan satu kali di setiap kelurahan. Sedangkan sehubungan dengan output (6) kecepatan pelayanan yang diberikan masih kurang cepat. (7) keadilan mendapat pelayanan sudah berjalan baik dengan memberlakukan nomor antrian. (8) kepastian jadwal pelayanan sudah baik dan tepat dalam jadwal pelayanan. Selanjutnya berhubungan dengan impact (9) manfaat E-KTP bagi masyarakat masih belum memahami betul manfaat E-KTP di kehidupan sehari-hari. Selain itu juga ada faktor penghambat dalam kinerja dinas tersebut yaitu kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan.

English Abstract

Performance is how far a work has been done in giving the service or how far the compatibility of the agreement that has been agreed. The assessment of performance has a purpose of knowing the organisation’s achievement, it provides the tool of the employees’ learning, repairs the next performance and creats public accountability. In the Population and Civil Registration’s report of performance in Malang there are two indicators that have not been achieved, they are E-KTP and Death Certificate. This study employed decriptive qualitative research which is located in Malang City, while the site is located in the Population and Civil Registration in Malang. The primary data is gained from some related informants that have been interviewed, while the secondary data is gained from some documents which is related with the topic. The method of collecting data are interview, observation, and documentation. Whereas, the reseacrh instruments are the researcher itself and some supporting equipments such as guidance interview and some others. The result of the research shows that the performance of the Population and Civil Registration in Malang in the service of Population Administration: due to the input (1) The lack of human Resources that obstruct the process of the service but already have a good competence. (2) The compatibility of the equipment with the capacity which is needed and standart. (3) A good understanding of empolyees’s regulation so they are able to give a good serivices. Due to the process (4)the regulations, the procedures, and the time of services which appropriate with the Decree of the Minister of State Apparatus EmpowermentNo.63/KEP/M.PAN/7/2003. (5) The lack of socialization which is only held once in each subdistrict. Whereas, due to the output (6) The lack of the service rapidity. (7) The justice of gaining the services is very good by creating the queque number. (8) The certainty of servicing schedule which is good and compatible. The next, due to the impact (9) There are still a lot of people who confuse about the benefit of E-KTP in the daily activity. Besides, there is an obstruct factor in service performance, that is the lack of people awareness of arranging document of population.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/587/051708317
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.5 Public administration of social warfare > 353.59 Activities relating to population and settlement
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Nov 2017 08:36
Last Modified: 14 Mar 2023 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5833
[thumbnail of Pandhu Rahmanunggala Pusoko.pdf] Text
Pandhu Rahmanunggala Pusoko.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item