Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya)

Perwiranegara, Raden Aditia (2017) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Studi Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) adalah suatu sistem pengumpulan, pengolahan dan penyajian data penduduk yang cepat dan akurat agar menghasilkan informasi kependudukan yang tepat guna untuk membantu pemerintahan dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. SIAK meliputi Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, diterapkan dengan menggunakan teknologi informasi. Peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SIAK yang dijalankan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun 2012 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 yang memuat tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan. Untuk mengukur peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SIAK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, digunakan lima dimensi utama yaitu Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati, dan Bukti Fisik. Lalu terdapat faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SIAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya dalam melaksanakan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SIAK. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan yaitu wawancara terstruktur, observasi terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SIAK dalam pelayanan administrasi kependudukan dapat dikatakan cukup baik, karena pada staf sepenuhnya dan seluruhnya memiliki keandalan dalam menjalankan tugasnya, merespon dengan cepat layanan yang masuk ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, bisa memahami keluhan dan memberi perhatian secara personal yang disampaikan pemohon dalam menjalankan tugasnya dan adanya fasilitas fisik yang memadai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya untuk memudahkan pemohon/masyarakat dalam melakukan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Lalu masih membutuhkan adanya perbaikan manajemen pelayanan administrasi kependudukan pada pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil terutama pada karyawan atau staf yang berada di lapangan khusus nya pada staf di bagian pembuatan KTP-Elektronik yang pada dimensi jaminan ini masih belum terlihat berkualitas. Faktor pendukung peningkatan kualitas pelayanan publik melalui SIAK yaitu terdapat landasan hukum yang jelas dan fasilitas dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya koordinasi antar aktor-aktor pelaksanaan administrasi kependudukan, dan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap tertib administrasi kependudukan. Dengan Penelitian ini diharapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya harus melakukan pemerataan pelatihan bagi tenaga-tenaga pengelola dan operator SIAK secara lebih menyeluruh dan transparan, khususnya di setiap kantor kecamatan dan kelurahan yang menaungi setiap RT dan RW, agar terlihat sinergisitas antara faktor-faktor yang mempengaruhi SIAK, serta memaksimalkan kegiatan sosialisasi kepada semua lapisan masyarakat Kota Surabaya agar kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki dokumen kependudukan bisa meningkat.

English Abstract

Population Administration Information System (SIAK) is a collecting, processing, and data presentation system which is fast and accurate to create appropriate population information in helping government to increase development and service to all society. SIAK includes population and civil registration that applied through information technology. The improving public service quality through SIAK which conducted by the Agency of Population and Civil Registration Surabaya, based on Government Regulation Number 102 of 2012 about the change of Government Regulation Number 37 of 2007, contained about implementation of Law Number 23 of 2006 concerning the administration of residence. To measure the improving of public service quality through SIAK in the Agency of Population and Civil Registration Surabaya, research uses five main dimensions, consisting of, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, and Tangibles. There are supporting factors and inhibiting factors affecting the improving of public service quality through SIAK. The purpose of this research is to find out how the Agency of Population and Civil Registration Surabaya in implementing an improvement of public service quality through SIAK. The type of research used is descriptive research with qualitative approach. The data collection technique is done by field studies, such as, interview structured, observation structured, and documentation. Research results indicates that improving public service quality through SIAK in context of administrative service is quite good because all staff have reliability in carrying out their duties, respond quickly service into the Agency of Population and Civil Registration Surabaya, understand many complains and give attention personally to applicant, and the adequate physical facilities in the Agency of Population and Civil Registration Surabaya to help the applicant or society to do population and civil registration. Then it also still needs improving the management of population administration services in doing population and civil registration especially for staff in electronics KTP division that is not good enough for this dimension. Supporting factor for improving public service quality through SIAK is researcher can found the clear legal basis and good facilities, but the inhibitors factor found by researcher are less of obvious coordination by each actors and less of society awareness on population administration orderly. This study is expected the Agency of Population and Civil Registration Surabaya to create equity training for overall staff and SIAK operator transparently, especially in each sub-district office and village that hold RT and RW in order to show synergicity between all factors affecting SIAK and maximize the socialization activity to all society in Surabaya to increase awareness for having population documents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/987/051710429
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), Administrasi Kependudukan , Kualitas Pelayanan Publik.
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration > 353.3 Public administration of services related to domestic order
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Nov 2017 07:00
Last Modified: 27 Nov 2020 08:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5817
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item