Saputri, Septiani Dwi (2017) Efektivitas Sistem Informasi Perpustakaan Terpadu (SIPADU) dalam menunjang Layanan Sirkulasi (Studi Pada Perpustakaan Universitas Negeri Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penggunaan sistem otomasi perpustakaan di Perpustakaan Universitas Negeri Malang dilakukan untuk menunjang kegiatan layanan perpustakaan, salah satunya adalah layanan sirkulasi. Perpustakaan Universitas Negeri Malang menerapkan Sistem Informasi Perpustakaan Terpadu (SIPADU) untuk mempermudah dalam melakukan kegiatan layanan sirkulasi. Sesuai hasil pengamatan, SIPADU masih perlu dimaksimalkan pengelolaannya karena terkadang kebutuhan pengguna belum terpenuhi dengan baik oleh SIPADU. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas SIPADU dalam menunjang layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Negeri Malang serta mendeskripsikan dan menganalisis faktor penghambat efektivitas SIPADU dalam menunjang layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian adalah pustakawan dan pemustaka yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Interaktif oleh Miles, Huberman, dan Saldana (2014) dengan melakukan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian diketahui bahwa efektivitas SIPADU dalam menunjang layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Negeri Malang sudah efektif karena SIPADU mampu memberikan kemudahan bagi pustakawan maupun pemustaka dalam melakukan kegiatan sirkulasi. Namun masih ada beberapa hal yang perlu dimaksimalkan dalam pengelolaannya, seperti data statistik yang belum detail dan fitur pesan terkadang masih belum sinkron antara informasi di sistem dengan ketersediaan buku di rak. Hal ini menyebabkan belum bisa terpenuhinya semua kebutuhan pengguna, sehingga perlu dimaksimalkan pengelolaannya agar SIPADU dapat memberikan layanan yang berkualitas. Adapun faktor penghambat yang ditemukan di lapangan antara lain; kebijakan pengelolaan SIPADU, komunikasi yang kurang terjalin antara Pusat Teknologi Informasi dan Komuniikasi (PTIK) dengan perpustakaan, dan pelatihan penggunaan SIPADU bagi petugas tidak secara berkelanjutan. Saran yang diberikan adalah sebaiknya perpustakaan pusat diberikan kewenangan untuk mengelola SIPADU, perpustakaan harus proaktif menanyakan hal yang berkaitan dengan SIPADU pada PTIK, dan pelatihan penggunaan SIPADU bagi petugas perpustakaan secara berkelanjutan. Adanya saran tersebut diharapkan dapat memperbaiki sistem yang digunakan di layanan sirkulasi agar layanan yang diberikan menjadi lebih baik.
English Abstract
The usage of the library automation system in Library State University of Malang was done to support the activities of library services, which is the circulation service. Library State University of Malang implemented Sistem Informasi Perpustakaan Terpadu (SIPADU) to facilitate the circulation service activities. According to the results of observations, SIPADU management needed to be maximized because sometimes user’s needs have not been well fasilited by SIPADU. This research aims to describe and analyze the effectiveness of SIPADU in supporting circulation services in the Library State University of Malang. Moreover, this research also focusses in describing and analysing restricting factors effectiveness of SIPADU in supporting circulation services in the Library State University of Malang. This research used qualitative approach. Data collection techniques were observation, interviews, and documentation. Then, the informants were librarians and users selected by purposive sampling technique. Thus, data analysis technique was Interactive Model by Miles, Huberman, and Saldana (2014) by the data condensation, the data presentation, and conclusion or verification. The results of the research revealed that the effectiveness of SIPADU in supporting the circulation services in the Library State University of Malang has been effective because SIPADU be able to provide convinience for librarians and users in conducting circulation activities. However, there were some factors that needed to be maximized in the management, such as statistical data that were not been detailed and booking feature was sometimes not synchronized between the information in the system with the availability of books on the shelves. It caused the unsatisfied of users, so it is necessary to maximize SIPADU management in order to provide good quality services. The restricting factors was found in the field, as follows; SIPADU management policies, unsettled communication between Pusat Teknologi Informasi dan Komuniikasi (PTIK) and library, and unsustainable training for librarian. The researcher suggest that the central library should be given the authority to manage SIPADU, the library should be proactive in asking questions related to SIPADU at PTIK, and SIPADU training used for library staff on an ongoing basis. Those suggestion hopefully would be useful to improve the system used in the circulation services in order to provide a better service.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/739/051708426 |
Uncontrolled Keywords: | Sistem otomasi perpustakaan, SIPADU, layanan sirkulasi |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 025 Operations of libraries, archives, information centers > 025.04 Information storage and retrieval systems |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 03:55 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 01:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5786 |
Text
SKRIPSI.pdf Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |