Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Volume Pembelian Dan Pengukuran Tingkat Kepuasan Serta Tingkat Loyalitas Konsumen “Swalayan Ikan” Kota Malang

Simanjuntak, Rini Ningsih (2017) Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Volume Pembelian Dan Pengukuran Tingkat Kepuasan Serta Tingkat Loyalitas Konsumen “Swalayan Ikan” Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Swalayan Ikan merupakan tempat pembelanjaan berbentuk toko yang menjual atau memasarkan berbagai produk perikanan (olahan/ikan segar). Swalayan Ikan malang didirikan untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah (UMUKM) yang bergerak dalam bidang perikanan untuk memasarkan produk-produk hasil produksi usaha mikro, kecil dan menengah (UMUKM) khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMUKM) malang, namun yang terjadi pada Swalayan Ikan volume penjualan semakin hari semakin menurun. Dari sudut pandang intern swalayan, diperlukan suatu bauran pemasaran agar dapat memenangkan persaingan dalam merebut pasar. Studi tentang pengaruh bauran pemasaran terhadap tingkat volume pembelian dan pengukuran kepuasan serta loyalitas konsumen sangat menarik untuk dikaji lebih dalam, mengingat konsumen merupakan titik sentral dalam pemasaran. Mempelajari apa yang dibutuhkan dan yang diinginkan oleh konsumen pada saat ini merupakan hal yang sangat penting. Memenuhi harapan konsumen akan menuntun pemasar pada kebijakan pemasaran yang tepat dan efisien. Pada kondisi persaingan sempurna, konsumen mampu untuk memilih di antara beberapa alternative pelayanan dan memiliki informasi yang memadai, kepuasan serta loyalitas konsumen merupakan kunci penting. Oleh karena itu, untuk dapat menarik konsumen dan dapat bersaing dengan perusahaan lain, maka hal yang dilakukan swalayan adalah memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga diharapkan konsumen merasa puas dan loyal terhadap produk perikanan “Swalayan Ikan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana “Swalayan Ikan” dinas pertanian dan ketahanan pangan mengimplementasikan bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan, (2) Mengetahui bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap produk perikanan Swalayan Ikan, serta (2) Bagaimana tingkat loyalitas konsumen terhadap produk perikanan Swalayan Ikan. Penelitian dilakukan di “Swalayan Ikan” Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bidang Perikanan Kota Malang - Jawa Timur pada bulan Mei 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif data dikumpulkan dengan cara kuisioner dan wawancara, untuk menentukan jumlah sampel yang diambil pada konsumen “Swalayan Ikan” adalah dengan menggunakan rumus linear time function dengan jumlah sampel 58 responden. Jenis data digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif dengan cara analisis regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS 16.0 For Windows. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah variabel terikat dan variabel bebas. Variabel terikat yaitu volume pembelian sedangkan variabel bebas yang digunakan yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik. CSI, IPA dan Loyalitas digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan dan indeks kepuasan serta loyalitas konsumen produk Swalayan Ikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Volume pembelian produk perikanan di Swalayan Ikan dipengaruhi secara bersama-sama oleh variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, bukti fisik. Variabel bauran pemasaran yang berpengaruh nyata terhadap volume pembelian produk di Swalayan Ikan adalah variabel harga. Swalayan Ikan cukup bagus menerapkan strategi harga yaitu menerapkan harga yang terjangkau dan sesuai dengan kualitas produk. Tigkat kepuasan konsumen dapat dikatakan puas, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan Customer Satisfaction Indeks (CSI) yang didapatkan hasil sebesar 75,07% dimana nilai ini berada pada rentang nilai Customer Satisfaction Index (CSI) diantara 66%-80,99% dengan kategori Puas. Tingkat loyalitas konsumen produk perikanan “Swalayan Ikan” tergolong “loyal”, hal ini ditunjukkan juga dengan hasil piramida terbalik loyalitas konsumen dengan puncak diatas commited buyer 81% diikuti oleh liking of the brand 48,2%, satisfied buyer 91,3%, habitual buyer 82,7%, dan switcher atau price buyer 43,1%. Berdasarkan hasil tersebut sebaiknya Swalayan Ikan memperhatikan strategi yang digunakan agar dapat meningkatkan volume pembelian seperti meningkatkan kinerja produk, harga, promosi, orang (karyawan), bukti fisik dan mempertahankan strategi proses. Untuk peneliti selanjutnya diiharapkan untuk melakukan penelitian di “Swalayan Ikan” dengan menggunakan 9P.

English Abstract

Progress in the field of economy today has brought a lot of rapid development in the field of business. "Swalayan Ikan" is an effort to market a variety of fishery products (processed/fresh fish), but what actually occurs to Swalayan Ikan sales volume is declining day by day. This study aims to analyze the implementation of marketing mix to the purchasing volume of Swalayan Ikan products, the level of customer satisfaction to Swalayan Ikan products, the level of consumer loyalty to Swalayan Ikan products. This study uses multiple linear regression analysis method with the help of SPSS 16.0 for Windows, IPA (Importance Performance Analysis), CSI (Customer Satisfaction Index). Population in this research is the consumer of Swalayan Ikan Malang. The sample was taken by incidental sampling technique, the sample number was 58 respondents by using linear time function formula. The results showed that price variables significantly affect the volume of product purchases in Swalayan Ikan, consumers of Swalayan Ikan is satisfied with the performance of Swalayan Ikan with the calculation of Customer Satisfaction Index (CSI) of 75.07%, consumers of Swalayan Ikan products are classified as loyal, reverse pyramid loyalty shows that the top 81% is commited buyer customers, the liking of the brand of 48.2%, 91.3% of satisfied buyers, 82.7% of the habitual buyer, and the switcher or the price buyer by 43.1%. Swalayan Ikan should pay attention to strategies used to increase purchasing volume such as improving product performance, price, promotion, people(employees), maintaining process strategy and physical evidence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/565/051707019
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran 7P, Tingkat Kepuasan, Tingkat Loyalitas 7P of Marketing Mix, Measurement of Satisfaction Level, Measurement of Consumer Loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:16
Last Modified: 28 Sep 2020 18:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5781
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item