Suciyanti., Rulan (2017) Strategi Sosialisasi Kode Etik Dalam Membentuk Budaya Organisasi (Analisis Deskriptif Kualitatif Pada Pt. Yanmar Agricultural Manufacturing Machinery Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi sosialisasi Kode Etik Global Yanmar dan nilai-nilai yang terkadung di dalamnya yang bertujuan untuk membentuk budaya organaisasi PT. Yanmar Agricultural Machinery Manufacturing Indonesia (PT. Yamindo). Penelitian ini menggunakan konsep lapisan budaya Schein serta menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui secera lebih mendalam kehidupan dan realitas dalam organisasi. Teknik pemeilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini adalah anggota organisasi PT. Yamindo yang tebagi atas level jabatan mulai dari Section manager, chief, leader dan worker. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa perilaku para anggota organisasi membentuk budaya organisasi dengan nilai kebersamaan dan kekeluargaan. Aktivitas kebersamaan dan kekeluargaan hanya diterapkan pada aturan permukaan dan cenderung diimplementasikan saat di luar urusan kerja. Keterlambatan penyampaian Kode Etik Global Yanmar juga menjadi alsan para pekerja melakukan kegiatan pelanggaran. Maka dari itu, Human Resources Management and General Affairs, sebagai divisi yang ditunjuk langsung dalam menjalankan sosialisasi Kode Etik Global Yanmar menggunakan improvement dan innovation sebagai strategi sosialisasi. Nilai yang terkadung dalam Kode Etik Global Yanmar yakni nilai kedisiplinan dan nilai etika bisnis, ingin disampaikan kepada seluruh karyawan.
English Abstract
This research tries to describe socialization strategy of Yanmar Global Code of Conduct and the values contained in it that aim to form the culture of PT. Yanmar Agricultural Machinery Manufacturing Indonesia (PT Yamindo). This research uses the concept of Schein cultural layer and also uses case study method to know more deeply about life and reality in organization. Informant selection technique using purposive samling technique. Informants in this study are members of the organization PT. Yamindo, who divides the top level from Section manager, chief, leader and worker. Technique of collecting data by observation, interview and documentation From the results of this study found that the behavior of members of the organization to form an organizational culture with the value of togetherness and kinship. Togetherness and familial activities are only applied to surface rules and tend to be implemented when out of work. Delays in delivery of the Yanmar Global Code of Ethics also serve as an employee of violations. Therefore, Human Resources Management and General Affairs, as the direct appointed division in running the socialization of Yanmar Global Code of Conduct, uses improvement and innovation as a socialization strategy. The value contained in Yanmar Global Code of Ethics is the value of discipline and business ethics values, to be submitted to all employees.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/825/051711452 |
Uncontrolled Keywords: | budaya organisasi, strategi sosialisasi, kode etik |
Subjects: | 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.3 Coordination and control > 303.32 Socialization |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 22 Nov 2017 01:47 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 02:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5772 |
![]() |
Text
Rulan Suciyanti.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |