Strategi Komunikasi Politik Calon Kepala Desa Dalam Pemilihan Kepala Desa (Studi di Desa Kawedusan Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri)

Pawitri, Rosita Asti (2017) Strategi Komunikasi Politik Calon Kepala Desa Dalam Pemilihan Kepala Desa (Studi di Desa Kawedusan Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan strategi komunikasi politik dalam pemilihan umum sangatlah wajar. Strategi komunikasi politik umumnya digunakan pada pemilihan umum tingkat negara, provinsi, kota/kabupaten bahkan pada tingkat desa. Dimana dalam tingkat desa diselenggarakan pemilihan umum baik untuk memilih kepala desa, dimana untuk memenangkan sebuah pemilihan umum diperlukan strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh calon kepala desa yang ditujukan kepada masyarakat desa. Tidak terkecuali pemilihan kepala desa di Desa Kawedusan, dimana masing-masing calon menggunkan strategi komunikasi politik untuk menarik simpati masyarakat guna memenangkan perolehan suara dalam Pilkades. Sehubungan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis strategi komunikasi politik calon kepala desa, selain itu untukmengetahuifaktor apa saja yang mempengaruhi strategi komunikasi masing-masing calon kepala desa dalam pemilihan kepala desa di Desa Kawedusan Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Kawedusan yang menggelar Pilkades pada 28 Desember 2016. Sumber data diperoleh dari calon kepala desa dan warga masyarakat Desa Kawedusan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis berdasarkan Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi politik yang dilakukan oleh calon Kepala Desa Kawedusan yaitu pertama merawat ketokohan yaitu dengan cara menumbuhkan citra baik dari diri calon kepada masyarakat melalui pembangunan, maupun kesejahteraan masyarakat, kedua memantapkan kelembagaan yaitu dengan memberikan fasilitas secara lengkap kepada para kader serta adanya money politic di dalamnya.Ketiga menyusun pesan persuasif yaitu dengan menyampaikan pesan persuasif dengan menyampaikan pesan ingin mengoptimalkan kinerja perangkat desa, memaksimalkan pelayanan, maupun kesejahteraan masyarakat. Keempat memilah dan memilih media yaitu dengan menggunakan media berupa baliho dan poster. Kelima menciptakan kebersamaan yaitu dengan melakukan kunjungan kerumah-rumah warga dan kepala desa (open house). Dalam penelitian ini ada faktor yang mempengaruhi strategi komunikasi politik masing-masing calon kepala desa yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung seringkali dianggap sebagai hal-hal yang membantu calon kepala desa dalam strategi komunikasi politik seperti mempunyai dana yang cukup untuk kampanye, serta figur yang dikenal baik dan mempunyai latar belakang yang bagus. Sedangkan faktor penghambat dianggap sebagai kendala dalam menjalankan strategi tersebut, seperti dana yang tidak memadai serta masyarakat yang sulit ditebak.

English Abstract

The use of political communication strategies in elections is very reasonable. Political communication strategy is generally used in elections at state, province, city / county level even at village level. Where at the village level there is a general election to elect a head village, in which to win an election a political communication strategy is required by a head village candidate addressed to the village community. No exception is the selection of head villages in Kawedusan village, where each candidate uses a political communication strategy to attract public sympathy to win the vote in the Pilkades. In this context, this study aims to identify, describe and analyze the political communication strategy of the candidate for head village, in addition to knowing, describing and analyzing what factors influence the communication strategy of each candidate head of village in the election of head village in Kawedusan Village, Plosoklaten, Kediri. This research uses descriptive qualitative research type. This research was conducted in Kawedusan Village which held Pilkades on 28 December 2016. Sources of data were obtained from prospective heads village and villagers of Kawedusan Village. Data collection techniques such as interviews, observation, and documentation. The data were analyzed by using Miles, Huberman, and Saldana model anlysis. The results of this study indicate that the political communication strategy undertaken by the candidate of Kawedusan head village is first to take care of the characteristic that is by growing a good image of the candidate to the community through development, as well as the welfare of society, the second consolidates the institution by providing complete facilities to the cadres as well The existence of money politics in it. The third compose a persuasive message by conveying a persuasive message by conveying a message to optimize the performance of village apparatus, maximizing service, and public welfare. Fourth, sorting and selecting media is by using media in the form of billboards and posters. Fifth create togetherness that is by visiting the homes of residents and provide time and home to entertain guests who visit the house of candidates for head village (open house). In this research there are factors influencing political communication strategy of each candidate of head village that is supporting factor and obstacle factor. Supporting factors are often regarded as helpful to prospective heads village in political communication strategies such as having sufficient funds for campaigns, as well as well-known and well-informed figures.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/873/051709155
Uncontrolled Keywords: Kepala Desa, Strategi Komunikasi Politik
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.1 Jurisdictional levels of administration > 352.17 Rural administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Nov 2017 03:10
Last Modified: 26 Nov 2020 04:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5746
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item