Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram Vans Indonesia Yang Menggunakan Sepatu Merek Vans)

Kuncoro, Bayu Angga Aryo (2017) Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram Vans Indonesia Yang Menggunakan Sepatu Merek Vans). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) pengaruh Kesadaran Merek terhadap Nilai Pelanggan; (2) pengaruh Persepsi Kualitas terhadap Nilai Pelanggan; (3) pengaruh Asosiasi Merek terhadap Nilai Pelanggan; (4) pengaruh Loyalitas Merek terhadap Nilai Pelanggan; (5) pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek berpengaruh secara simultan terhadap Nilai Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dimana penelitian dilakukan di Indomaret Jl. Raya Candi V Malang. Variabel Independen terdiri dari Kesadaran Merek (X1), Persepsi Kualitas (X2), Asosiasi Merek (X3), Loyalitas Merek (X4), sedangkan variabel Dependen dalam penelitian ini adalah Nilai Pelanggan (Y). Seluruh variabel yang ada akan diukur dengan menggunakan skala Likert. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 138 orang responden yaitu pelanggan Indomaret yang telah melakukan pembelian produk Aqua 600ml lebih dari 2 kali. Pengambilan jumlah sampel didasarkan pada karakteristik dan penghitungan yang telah ditentukan peneliti. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer mendapatkan sumber data dari angket. Pengujian instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kesadaran Merek berpengaruh signifikan terhadap Nilai Pelanggan; (2) Persepsi Kualitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Pelanggan; (3) Asosiasi Merek berpengaruh signifikan terhadap Nilai Pelanggan; (4) Loyalitas Merek berpengaruh signifikan terhadap Nilai Pelanggan; (5) Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Pelanggan. Dapat disimpulkan bahwa Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek berpengaruh signifikan terhadap Nilai Pelanggan baik secara parsial maupun secara simultan. Oleh karena itu untuk mempertahankan dan meningkatkan pengaruh tersebut sebaiknya Aqua lebih inovatif dalam hal pemasaran produknya sehingga pelanggan menilai bahwa Aqua merupakan produk air minum dalam kemasaran yang tepat untuk dikonsumsi.

English Abstract

This research was aimed to understand and to explain: (1) the effect of Brand Awareness on Customer Value; (2) the effect of Quality Perception on Customer Value; (3) the effect of Brand Association on Customer Value; (4) the effect of Brand Loyalty on Customer Value; (5) the effect of Brand Awareness, Quality Perception, Brand Association, and Brand Loyalty, that occuring simultaneously on Customer Value. Research type was explanatory research using quantitative approach. The location of research was at Indomaret in Raya Candi V Road of Malang. Independent variables were including Brand Awareness (X1), Quality Perception (X2), Brand Association (X3), and Brand Loyalty (X4), whereas dependent variable was Customer Value (Y). All variables were measured using Likert Scale. The sample included 138 respondents. Indomaret customers did purchasing product Aqua 600 ml more than twice. Sample was taken based on characteristic and calculation done by the author. Type of data was primary data because it was obtained from questionnaire. The testing instrument was using validity and reliability tests. Result of research indicated that: (1) Brand Awareness was significantly influential to Customer Value; (2) Quality Perception was significantly influencing Customer Value; (3) Brand Association was significantly influential to Customer Value; (4) Brand Loyalty was significantly influencing Customer Value; (5) Brand Awareness, Quality Perception, Brand Association, and Brand Loyalty were simultaneously and significantly influential to Customer Value. It was concluded that Brand Awareness, Quality Perception, Brand Association, and Brand Loyalty have significant effect on Customer Value either partially or simultaneously. Therefore, for maintaining and increasing this effect, Aqua should be more innovative in marketing its product by which customers would assess that Aqua is a proper bottled beverage product for consumption.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/894/051710355
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Nilai Pelanggan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 21 Nov 2017 03:00
Last Modified: 16 Oct 2020 02:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5745
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item