-, Beyhaki (2017) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pembeli Daihatsu Xenia Periode Januari - Desember 2014 Pada PT Daihatsu Jolo Abadi Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama serta pengaruh dari masing-masing variabel dalam atribut produk yang terdiri atas Kualitas (X1), Fitur (X2), Gaya (X3), dan Desain (X4) terhadap keputusan pembelian produk (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori atau penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli yang membeli mobil Daihatsu Xenia di PT Jolo Abadi Malang dari bulan januari sampai desember 2014 dengan sampel sebanyak 63 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling (Area Sampling). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (5,095 > 2,53) dan signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas (X1), Fitur (X2), Gaya (X3), dan Desain (X4) memiliki pengaruh bersama-sama secara signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Besarnya pengaruh yang diberikan dari masing-masing variabel dalam atribut produk terhadap variabel keputusan pembelian (Y) berdasarkan hasil uji t, menunjukkan bahwa variabel Kualitas (X1) memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,090 dengan signifikansi 0,610, variabel Gaya (X3) memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,245 dengan signifikansi 0,171, dan variabel Fitur (X2) memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,284 dengan signifikansi 0,098, yang berarti bahwa variabel Kualitas Gaya, dan Fitur berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan untuk variabel Desain (X4) memiliki nilai koefisien regresi sebesar 0,573 dengan signifikansi 0,004, yang berarti bahwa variabel Desain berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
English Abstract
This study aims to determine the joint influence of all variables and the influence of each variables in the product attributes that consist of quality (X1), feature (X2), style (X3), and design (X4) on product purchasing decision (Y). The type of research used in this study is explanatory research or research with quantitative approach. The population of this study are buyers of Daihatsu Xenia in PT Jolo Abadi Malang from January 2014 to December 2014 and the sample of respondents are 63 person. Cluster random sampling is used as the sampling technique. To analyze the data in this study, there are two methods are used which is descriptive analysis and multiple linier regression analysis. The results of the multiple linier regression analysis shows that Fcount > Ftable (5,095 > 2,53) and the significance value of it is 0,001 < 0,05. This indicates that the variables of Quality (X1), Feature (X2), Style (X3), and Design (X4) have significant joint influence on the purchase decision variable (Y). The amount of influence given from each variables of the product attributes based on the results of the t test for purchase decision variable (Y) shows that Quality variable (X1) has regression coefficient value of 0.090 and the significance value of 0.610, Style variable (X3) has regression coefficient value of 0,245 and the significance value of 0,171, Feature variable (X2) has regression coefficient value of 0.284 and the significance value of 0.098, it means the Quality, Style, and Feature variable has influence but the influence does not have significant effect on purchasing decisions. If only Design variable (X4) has regression coefficient value of 0.573 and the significance value of 0.004, it means Design variable does have significant influence on purchasing decisions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/904/051710365 |
Uncontrolled Keywords: | Atribut Produk, Keputusan Pembelian, Area Sampling (Cluster Random Sampling), Regresi Linier Berganda |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 21 Nov 2017 01:33 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 04:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |