Analisa Penerapan Total Quality Management (TQM) Di BBIB Singosari Malang

Mudzakir, Ahmad Yazid (2017) Analisa Penerapan Total Quality Management (TQM) Di BBIB Singosari Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

BBIB Singosari adalah sebuah instansi milik pemerintah yang bergerak dalam pelayanan produksi dan pengembangan inseminasi buatan ternak di Indonesia. BBIB Singosari sebuah lembaga besar yang memiliki unit Badan Layanan Umum (BLU) dalam artian BBIB Singosari dapat mengelola produk jasa dan pemasaran langsung kepada konsumen. Produk jasa yang diberikan menuju konsumen perlu adanya penjaminan kualitas mutu. Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari memiliki eksistensi dalam produksi dan pengembagan Inseminasi Buatan yang menjadi penyebaran bibit ternak unggul di Indonesia produk utama BBIB Singosari memiliki tingkat kerusakan yang tinggi karena bersifat biologis. Jaminan mutu produk menjadi kunci utama dalam kesuksesan usaha di lingkup ini maka perlu adanya metode manajemen yang baik pada setiap lini usaha untuk menjaga kualitas produk dan usaha salah satunya dengan metode Total Quality Management (TQM). Penelitian dilakukan di BBIB Singosari Malang. Pelaksanaan penelitian dan pengambilan data pada tanggal 11 10 April sampai 4 Juni 2017. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan TQM pada pilar kepemimpinan, pilar perencanaan strategis, pilar fokus pada pelanggan, pilar informasi dan analisis, pilar manajemen SDM, dan pilar manajemen proses. Serta mengetahui penerapan TQM dalam Organization dan management theory dalam keadaan yang ada dan faktor yang mempengaruhi perbaikan berkelanjutan di BBIB Singosari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan TQM di BBIB Singosari dalam hasil akhir enam pilar tergolong sangat baik yang terdiri dari Pilar Kepemimpinan menunjukkan kategori "sangat baik" (92%), Pilar Perencanaan Strategis menunjukkan kategori "sangat baik" (86%), Pilar Fokus Pada Pelanggan Menunjukkan kategori "Sangat Baik" (82%), Pilar Informasi dan Analisis menunjukan kategori "sangat baik" (84%), Pilar Manajemen Sumber Daya Manusia menunjukkan Kategori "sangat baik" (84%) dan Manajemen Proses menunjukkan kategori "baik" (80%) Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan TQM di BBIB Singosari sudah tergolong sangat baik dan bisa menjadi contoh bagi lembaga milik pemerintah yang lainnya dengan nilai penerapan pada 6 pilar yang diamati. Perbandingan dalam penerapan organization theory dan management theory di BBIB Singosari pada umumnya sudah diterapkan dengan baik.

English Abstract

Data The research was carried out in Singosari National Artificial Insemination Centre (BBIB). The purpose of this research was to investigate the application of TQM and its influences on sustainable improvement. 30 responden were obtained in BBIB Singosari. Data were collect from 11th April to 22th May 2017, Primary data were gathered by survey methode with a structured questionare. The methode of analysis data was descriptive qualitative. Result found that of the BBIB Singosari has implemented a very good category (84.6%) of TQM particularry on Leadership Pillar (92%), Stategic Planning Pillar (86%), Customer Focus Pillar (82%), Information and Analysis Pillar (84%), Human Resource Management Pillar (84%), and Procces Management Pillar (80%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2017/424/051711577
Uncontrolled Keywords: Leadership Pillars, Stategic Planning Pillars, Customer Focus Pillars, Information and Analysis Pillars, Human Resource Management Pillars, Procces Pillars
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Nov 2017 03:44
Last Modified: 10 Oct 2020 14:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5705
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item