Register Bahasa Guru Dalam Film Monsieur Lazhar Karya Philippe Falardeau.

Prabowo, Kurniawan Aji (2017) Register Bahasa Guru Dalam Film Monsieur Lazhar Karya Philippe Falardeau. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

di lingkungan sekolah. Di dalam lingkungan sekolah memiliki fenomena bahasa dimana ada variasi bahasa yang digunakan oleh masyarakat bahasa dalam lingkungan tersebut. Dalam lingkungan sekolah, memiliki variasi bahasa seperti register bahasa guru yang digunakan oleh guru dengan murid. Penelitian ini menelisik makna khusus dan makna umum dari register guru yang ada dalam film tersebut dan keadaan Etnografi pada register guru dalam film tersebut. Penelitian ini menawarkan paradigma baru karena mengaitkan register tersebut dengan keadaan Etnografinya karena sebelumnya belum ada penelitian lain yang mengaitkan register dengan keadaan Etnografi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Pendekatan Deskritif Kualitatif digunakan untuk menjelaskan register yang digunakan oleh guru dengan murid pada lingkungan sekolah. Peneliti mengumpulkan data dari dialog antara guru dengan murid yang berada di kelas dan di lingkungan sekolah. Peneliti mencari kata yang maknanya berbeda secara umum dan secara khusus yang diucapkan oleh guru ke muridnya dan setelah mendapatkannya, peneliti akan menganalisis keadaan etnogafi yang ada pada register guru tersebut. Dalam penelitian terdahulu, register tidak di kaitkan dengan keadaan Etnografi. Dalam penelitian terdahulu pertama, hanya mengidentifikasikan register, lalu penelitian kedua, menelisik bentuk kata dari register tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mendapatkan 21 kata yang diucapkan oleh guru yang berbeda makna umum dengan makna khususnya, yaitu garder, la cour, discuter, les pupitres, une dictée, felicitations (negasi), quatre pattes, le sujet, vos affaires, fouiller, prendre, reviser, point de vue, ces manières, à tailler, enseigner, composer, corriger, un Point dan un ouvrage. Lalu Peneliti mendapatkan informasi tentang keadaan etnografi dari register bahasa guru dalam film Monsieur Lazhar karya Philippe Falardeau yaitu situation atau situasi ada di lorong kelas dan di dalam kelas lalu waktunya di pagi hari. Partisipan dalam register tersebut yaitu guru dan siswa-siswinya. End atau Tujuannya memiliki berbagai macam yaitu pemberitahuan, perintah dan saran. Act Sequence atau urutan tindaknya ada 2 yaitu 1 arah dan 2 arah. Key atau kunci dari register tersebut serius dan santai. Instrumen dari register tersebut merupakan dialog lisan. Norms atau norma dalam register tersebut yaitu tegas. Lalu yang terakhir, Genre yang terkandung dalam register tersebut yaitu Informal. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti berharap bisa mengaplikasikan teori Etnografi dari Dell Hymes ke media yang lain, seperti komik, novel, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/363/051705498
Uncontrolled Keywords: Variasi Bahasa, Register, Etnografi
Subjects: 400 Language > 440 French and related Romance languages
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jul 2017 03:59
Last Modified: 28 Nov 2020 03:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/570
[thumbnail of Bagian depan.pdf] Text
Bagian depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)

Actions (login required)

View Item View Item