Implementasi Electronic Public Relations (E-PR) pada Organisasi Nonprofit(Studi Kualitatif Deskriptif Terhadap Penggunaan Media Sosial Instagramdi Ketimbang Ngemis Malang

Leandra, Dea (2017) Implementasi Electronic Public Relations (E-PR) pada Organisasi Nonprofit(Studi Kualitatif Deskriptif Terhadap Penggunaan Media Sosial Instagramdi Ketimbang Ngemis Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketimbang Ngemis Malang merupakan organisasi nonprofit yang bertujuan untuk membantu orang-orang yang masih mau berusaha dengan segala keterbatasan yang mereka miliki daripada memilih untuk meminta-minta dan berharap dapat mengurangi angka pengemis di Indonesia. Ketimbang Ngemis Malang telah mengimplementasikan konsep Electronic Public Relations (E-PR) dalam menjalankan aktivitasnya. Hal ini dapat dilihat salah satunya dari media yang digunakan untuk membentuk organisasi yaitu media sosial Instagram. Selain Instagram sebagai media utama, KNM juga memiliki berbagai media sosial lain yang digunakan untuk menyebarkan informasi dan sebagai media untuk berkomunikasi dengan publiknya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Computer Mediated Communication (CMC) untuk menggambarkan komunikasi antar dua orang atau lebih yang saling berinteraksi melalui komputer yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media sosial Instagram pada organisasi nonprofit Ketimbang Ngemis Malang. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma interpretif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial Instagram digunakan oleh KNM untuk berbagi informasi kepada publiknya mengenai event internal, program & project (yang terdiri dari program rutin KNM, penyaluran donasi & bakti sosial), ucapan hari-hari peringatan nasional, promosi & kerjasama, kandidat penerima donasi, dan rekrutmen anggota. Aktifitas E-PR tersebut dapat dikategorikan menjadi publikasi, media relations, dan sebagai media untuk mencari informasi yang up-to-date. Penelitian ini juga menunjukkan adanya interaksi yang sesuai dengan teori Computer Mediated Communication (CMC) pada aktifitas KNM di media sosial Instagram.

English Abstract

Ketimbang Ngemis Malang is a nonprofit organization that aims to help people who still want to make efforts with all the limitations they have rather than choose to beg and hope to reduce the number of beggars in Indonesia. Ketimbang Ngemis Malang has implemented the concept of Electronic Public Relations (E-PR) in running its activities. This can be seen from the media used to form the organization that is social media Instagram. In addition to Instagram as the main media, KNM also has a variety of other social media used to disseminate information and as a medium to communicate with the public. The theory used in this study is Computer Mediated Communication (CMC) to describe the communication between two or more people who interact through different computers. The purpose of this study is to determine the use of social media Instagram on nonprofit organizations Ketimbang Ngemis Malang. The paradigm used in this research is interpretive paradigm with qualitative descriptive method. Data collection techniques used by researcher are interview, observation, and documentation The results of this study indicate that social media Instagram is used by KNM to share information to the public about internal events, programs & projects (consisting of routine programs, donations distribution, & social service), national commemoration days, promotion & cooperation, donation recipients, and member recruitment. Those E-PR activities can be categorized into publications, media relations, and as a medium to find up-to-date information. This study also shows the existence of interaction in accordance with Computer Mediated Communication (CMC) theory on KNM activity in social media Instagram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/815/051711149
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Electronic Public Relations, Organisasi Nonprofit
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Nov 2017 07:39
Last Modified: 05 Nov 2024 08:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5673
[thumbnail of Dea Leandra.pdf] Text
Dea Leandra.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item