Implementasi “Key Performance Indicator” Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kinerja Pegawai (Studi Kasus Di PDAM Kota Malang)

Adi, Rico Rosa (2017) Implementasi “Key Performance Indicator” Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Kinerja Pegawai (Studi Kasus Di PDAM Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan sudah menjadi perhatian utama pemerintah. Dalam proses pembangunan, kota adalah lokasi strategis untuk terciptanya laju pertumbuhan penduduk. Karena banyak masyarakat berpindah dari desa ke kota. Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah penduduk dan semakin kompleks kebutuhan masyarakat kota. Salah satunya yang terjadi di Kota Malang. Karena pertumbuhan penduduk Kota Malang yang pesat. Akhirnya menyebabkan kebutuhan masyarakat meningkat, salah satunya kebutuhan air bersih. Air merupakan sumber kehidupan yang sangat dibutuhkan oleh manusia. PDAM merupakan instansi yang berwenang dalam pendistribusian air bersih di daerah. Hal ini menyebabkan PDAM harus mampu melayani kebutuhan air bersih untuk masyarakat dengan pelayanan sebaik mungkin. Untuk memberikan pelayanan yang baik, di satu sisi PDAM masih menerima banyak keluhan dari masyarakat. PDAM Kota Malang dalam hal ini menerapkan Key Performance Indicator (KPI) sebagai peningkatan kualitas kinerja pegawainya. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas permasalahan yaitu: pertama, implementasi Key Performance Indicator di PDAM Kota Malang dan kedua, dampak yang ditimbulkan dari implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Situs penelitian adalah PDAM Kota Malang. Data primer diperoleh dari hasil wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisa data yang dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata implementasi Key Performance Indicator di PDAM Kota Malang terlaksana karena adanya faktor pendorong. Yaitu kurangnya kualitas kinerja dan keluhan masyarakat. Sehingga PDAM Kota Malang mengimplementasikan KPI sebagai upaya jalan keluar. Berdasarkan UU No.43 Tahun 1999. Maka PDAM Kota Malang harus mampu meningkatkan kualitas pegawai agar profesional sehingga KPI merupakan pilihan yang diharapkan menjadi salah satu cara untuk mewujudkannya.

English Abstract

Development already become government main focus. In development process, a city is strategic area to make society population growth. Because many people of society from village moving to city. This urbanitation make an enhancement of population growth and society demand become complex. One of them happen in Malang city. Because fast society population growth in Malang city. Finally make society demand rising, one of them is demand of clean water. Water is source of life that very needed by human. Drinking Water Company Area (PDAM) is a company who authorized in clean water distribution in Malang city. This thing make PDAM must be capable to serve clean water demand for society with good service. To give a good service, in one situation PDAM still receive many complaint from society. PDAM of Malang city in this case applying Key Performance Indicator (KPI) as quality performance enhancement for their employee. Therefore, this research will discuss a problem of: first, Key Performance Indicator implementation in Drinking Water Company Area of Malang city and second, impact from that implementation. This research used descriptive method by qualitative approach. The site of research in Drinking Water Company Area (PDAM) Malang city. The primary data sources from interview. While the secondary data obtained from the relevant document with the theme. The data collection tehnique by interview, observation, and documentation. The data analysis by data reduction, data display, and inference. Based on the research, Key Performance Indicator implementation in PDAM Malang city can happen because a driving factors. That is a less of performance quality and society complaint. Bacause of that, PDAM Malang city take a decision to apply KPI for way out. Based from government regulation (UU No.43 Tahun 1999). PDAM Malang city must increase their employee quality to be professional so KPI is a decision that expected become one of option to make it happen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1005/051710447
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 16 Nov 2017 06:32
Last Modified: 06 Jan 2022 01:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5647
[thumbnail of 105030100111099_BAB 1.pdf]
Preview
Text
105030100111099_BAB 1.pdf

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 105030100111099_COVER + DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
105030100111099_COVER + DAFTAR ISI.pdf

Download (398kB) | Preview
[thumbnail of 105030100111099_BAB 2.pdf]
Preview
Text
105030100111099_BAB 2.pdf

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 105030100111099_BAB 3.pdf]
Preview
Text
105030100111099_BAB 3.pdf

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 105030100111099_BAB 4.pdf]
Preview
Text
105030100111099_BAB 4.pdf

Download (671kB) | Preview
[thumbnail of 105030100111099_BAB 5.pdf]
Preview
Text
105030100111099_BAB 5.pdf

Download (156kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item