Strategi Pemasaran Politik Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus Islam Dalam PEMIRA (Studi Kasus Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus KAMMI, HMI, DAN PMII yang Mengikuti Pemira FISIP UB),

Kristanto,, Claudia Margaretta (2017) Strategi Pemasaran Politik Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus Islam Dalam PEMIRA (Studi Kasus Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus KAMMI, HMI, DAN PMII yang Mengikuti Pemira FISIP UB),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemira adalah bentuk kecil dari sebuah demokrasi di negara Republik Indonesia yang dilaksanakan di dalam kampus, Pemira merupakan benuk nyata dari kegiatan politik praktis didalam kampus, pembelajaran politik secara nyata didalam kampus, Pemira didalam kampus sering diikuti oleh Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus, dengan strategi marketing politik yang berbeda-beda juga, strategi marketing politik ini menjadi penting sebagai alat atau cara untuk memenangkan Pemira dari setiap Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus yang mengikuti Pemira FISIP Universitas Brawijaya tahun 2016 yaitu KAMMI, HMI, dan PMII . Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder.Sedangkan analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian mengenai Strategi Pemasaran Politik Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus Islam Dalam PEMIRA ini dengan menggunakan uji teori milik Nursal dalam buku Firmazah mengenai strategi marketing politik, menyatakan bahwa perlunya sebuah survey atau polling sebelum menentukan strategi untuk melihat kondisi pasar, kemudian menentukan branding sebagai ciri khas dan pembeda dengan lawan, kemudian menggunakan tiga cara untuk melempar branding tersebut kepada calon pemilih yaitu Push Marketing, Pass Marketing, dan Pull Marketing , dengan tiga cara ini akan diketahui apakah calon pemilih akan tertarik untuk memilih calon kandidat . KAMMI dan HMI memutuskan untuk berkoalisi dan maju dalam PEMIRA, sedangkan PMII maju tanpa koalisi. Strategi marketing politik yang digunakan kedua calon ini berbeda dan memiliki ciri khas masing-masing. KAMMI dan HMI menggunakan kampanye kreatif untuk mengemas branding mereka, sedangkan PMII tetap menggunakan cara yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

English Abstract

Pemira is a small form of democracy in the Republic of Indonesia that held at university. Pemira is dictated by the manner of real practical political activity inside the university, political learning to life with the university, Pemira in college is often followed by a Student Organization Extra University, with a strategy of political marketing different also, political marketing strategy is important as a tool or a way to win Pemira of each Extras University Student Organization who follows UB's Faculty of Social Pemira 2016 is KAMMI, HMI, and PMII. This research used descriptive method with qualitative research approach. The sources of the data on this research are primary and secondary datas. phase, condensing data, and drawing conclusions. Based on the research of The Strategy of Political Marketing University determine the branding image for make a characteristic and oppose the opponent groups. Than use this 3 ways to applying the branding image to the prospective voters, which is Push Marketing, Pass Marketing and Pull Marketing. This ways will discover that the prospective voters are interested with the candidate. KAMMI and HMI decided to coalesce and advance in PEMIRA, while PMII forward without coalition. The political marketing strategies used by these two candidates are different and have their own characteristics. KAMMI and HMI use creative campaigns to package their branding, while PMII still uses the same way as in previous years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/816/051711150
Uncontrolled Keywords: Strategi Marketing Politik, Oragnisasi Mahasiswa Ekstra Kampus, HMI, KAMMI, PMII, Pemira
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.5 Nominating candidates
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Nov 2017 06:26
Last Modified: 05 Nov 2024 08:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5645
[thumbnail of CLAUDIA MARGARETTA KRISTANTO.pdf] Text
CLAUDIA MARGARETTA KRISTANTO.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item