Pengaruh Efek Pesan Fear Appeal pada Label Pesan Peringatan Kemasan Rokok Terhadap Sikap (Studi Kuasi-Eksperimen pada Perokok Laki-laki Usia 25-44 tahun Kota Malang)

Permana, Rendra Irvayano (2017) Pengaruh Efek Pesan Fear Appeal pada Label Pesan Peringatan Kemasan Rokok Terhadap Sikap (Studi Kuasi-Eksperimen pada Perokok Laki-laki Usia 25-44 tahun Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Warning label created for the purposes, in effort to protect public health against impacts caused by consumption of cigarettes (Bab II, Pasal 2 PP No. 19, 2003). The use of warning message labels is part of the education process to provide information to consumers so as to influence consumer attitudes, goals, and habits (Stewart, Folkes, & Martin, 2001 h. 335). Whereas, since the use of warning label labels currently used in Indonesia, the number of smokers continues to increase. So this study was conducted to determine the effect of fear appeal component in the warning labels of cigarette packaging to the attitude of smokers This research is used to find the effect from components of message from warning label to smokers perception. This study used a quantitave research method with quasi-experiment design method. The population in this study were all man with age from 25 to 44 years old and they are have been married or have been married and they have a children in Malang. The subjects used in this study were 20 subjects for experiments groups and 20 other subjects for control groups. The results showed that there are significant differences value in experiment group and control group. This mean there is a effect from warning label to smokers perception.

English Abstract

Label pesan peringatan dibuat untuk tujuan, sebagai salah satu usaha untuk melindungi kesehatan masyarakat terhadap penurunan kualitas kesehatan yang ditimbulkan akibat pengonsumsian rokok (Bab II, Pasal 2 PP No. 19, 2003). Penggunaan label pesan peringatan merupakan bagian dari proses edukasi untuk memberikan informasi kepada konsumen sehingga dapat mempengaruhi sikap, tujuan, dan kebiasaan konsumen (Stewart, Folkes, & Martin, 2001 h. 335). Sedangkan, sejak penggunaan label pesan peringatan yang saat ini digunakan di Indonesia, jumlah perokok tetap saja meningkat. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari komponen fear appeal dalam label pesan peringatan kemasan rokok terhadap sikap perokok. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh dari komponen fear appeal dalam label pesan peringatan kemasan rokok terhadap sikap perokok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian kuasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perokok laki-laki berusia 25-44 tahun yang telah menikah atau telah menikah dan mempunyai anak di Kota Malang. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 orang untuk kelompok eksperimen dan 20 orang untuk kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dimana, label pesan peringatan berpengaruh terhadap sikap para perokok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/965/051711298
Uncontrolled Keywords: Label pesan peringatan, fear appeal, rokok, kuasi-eksperimen
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Nov 2017 02:39
Last Modified: 27 Nov 2020 01:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5600
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item