Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Balekambang Kabupaten Malang

Aprilia, Eka Rosyidah (2017) Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Pantai Balekambang Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri pariwisata menghasilkan produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Produk wisata yang dapat memenuhi kebutuhan sesuai dengan harapan wisatawan dapat menciptakan kepuasan wisatawan. Pantai Balekambang di Kabupaten Malang merupakan destinasi yang menawarkan produk wisata berupa daya tarik wisata dan fasilitas layanan khususnya yang terus ditingkatkan guna menambah rasa nyaman wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Daya Tarik Wisata (X1) dan Fasilitas Layanan (X2) secara bersama-sama terhadap Kepuasan (Y), pengaruh Daya Tarik Wisata (X1) terhadap Kepuasan (Y), dan pengaruh Fasilitas Layanan (X2) terhadap Kepuasan (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probobality sampling dengan cara simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan ke 113 wisatawan yang pernah berkunjung ke Pantai Balekambang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis yaitu uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Daya Tarik Wisata (X1) dan Fasilitas Layanan (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan, Daya Tarik Wisata (X1) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Wisatawan, dan Fasilitas Layanan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan. Nilai Fhitung > Ftabel yaitu 16,832 >3,08 menunjukkan bahwa hipotesis pertama yang menyatakan “terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara variabel daya tarik wisata dan fasilitas layanan terhadap kepuasan wisatawan di Pantai Balekambang” dapat diterima. Nilai thitung > ttabel yaitu 2,627 > 1,98177 menunjukkan bahwa hipotesis kedua yang menyatakan “terdapat pengaruh yang signifikan variabel daya tarik wisata terhadap kepuasan wisatawan di Pantai Balekambang” dapat diterima. Nilai thitung > ttabel yaitu 3,237 > 1,98177 menunjukkan bahwa hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan variabel fasilitas layanan terhadap kepuasan wisatawan di Pantai Balekambang” dapat diterima. Nilai R2 sebesar 0,234 menunjukkan bahwa 23,4% variabel Kepuasan (Y) dipengaruhi oleh variabel Daya Tarik Wisata (X1) dan Fasilitas Layanan (X2) sedangkan 76,6% kepuasan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

English Abstract

The tourism industry produces products and services to meet the needs of tourist. The tourism products that can meet the needs according to the expectations of tourist can creat the tourist satisfaction. Balekambang Beach in Malang Regency is a destination that offers tourism products in the form of attraction and service facilities in particular to be increased in order to increase the comfort of tourist. The purpose of this research is to identify and explain the effect of Attraction (X1) and Service Facilities (X2) simultaneously to the Tourist Satifaction (Y), the effect of Attraction (X1) to the Tourist Satifaction (Y), and the effect of Service Facilities (X2) to the Tourist Satifaction (Y). The type of this research is an explanatory research with quantitative approach. The sampling technique used in this research is probobality sampling with simple random sampling. The Data were collected by using questionnaires distributed to the tourists who have visited to Balekambang Beach. Data analysis used are descriptive analysis, classic assumption test, multiple linier regression analysis, and hypothesis testing consist of F test and t test. The result of this this study showed that the variable Attracion (X1) and Service Facilities (X2) simultaneously have a significant effect on Tourist Satisfaction, Attraction (X1) has a significant effect on Tourist Satisfaction, and Service Facilities (X2) has a significant effect on Tourist Satisfaction. The value of Fcount > Ftable ie 16,832 >3,08 shows that the first hypothesis which states that “ Attraction and Service Facilities simultaneously have a significant effect on tourist satisfaction in Balekambang Beach” can be accepted. The value of tcount > ttable ie 2,627 > 1,98177 shows that the second hypothesis which states that “Attraction has a significant effect on tourist satisfaction in Balekambang Beach” can be accepted. The value tcount > ttable ie 3,237 > 1,98177 shows that the third hypothesis which states that “Service Facilities has a significant effect on tourist satisfaction in Balekambang Beach” can be accepted. Rated R Square of 0,234 shows that 23,4% of Satisfaction variable (Y) is influenced by variable Attraction (X1) and Service Facilities (X2), whereas another 76,6% of satisfaction is influenced by other variable that are not addressed in this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/970/051710412
Uncontrolled Keywords: Daya Tarik Wisata, Fasilitas Layanan, Kepuasan Wisatawan
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 15 Nov 2017 02:54
Last Modified: 11 Sep 2020 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5520
[thumbnail of Eka Rosyidah Aprilia.pdf]
Preview
Text
Eka Rosyidah Aprilia.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item